5 Makanan Khas Bojonegoro Yang Wajib di Coba

Posted on

Hidangan khas Bojonegoro beken dengan cita kerasanya yang beragam dan berbeda dari masakan dari wilayah yang lain.

Bojonegoro yaitu satu dari keseluruhan Kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini diapit oleh 5 Kabupaten yang lain antara lain kabupaten Tuban, Lamongan, Ngawi, Nganjuk, Madiun dan Blora. Di sisi barat Bojonegoro menjadi bagian dari Blok Cepu yang ialah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia.Hidangan khas Bojonegoro menjadi satu dari keseluruhan hal yang dicari pelancong saat berkunjung ke wilayah ini.

Beberapa panganan khasnya ialah masakan terenak yang terletak di Indonesia. Tak cuma masakan yang bisa langsung dimakan di tempat, Bojonegoro juga beken dengan oleh-olehnya yang unik dan berbeda dari wilayah yang lain. Panganan khas Bojonegoro yang bisa dinikmati antara lain:

Hidangan Khas Bojonegoro

1. Rengginang Singkong

5 Makanan Khas Bojonegoro Yang Wajib di Coba Makanan

Rengginang Singkong menjadi oleh-oleh yang paling dicari saat berkunjung ke Bojonegoro. Apabila biasanya rengginang dibuat dari ketan maka di kota ini rengginang dibuat dari singkong. Cita kerasa yang diciptakan rengginang ini yaitu gurih dan renyah. Pusat penciptaan rengginang ini berada di Desa Ngraseh, Kecamatan Dander. Rengginang ini juga biasanya di jual di pusat oleh-oleh.

2. Ledre

5 Makanan Khas Bojonegoro Yang Wajib di Coba Makanan

Ledre yaitu masakan khas Bojonegoro yang paling beken. Ledre berbentuk seperti emping gulung ( gapit ) dengan aroma manis.

Ledre biasanya berbahan dasar pisang baik itu pisang raja, pisang susu, pisang saba atau pisang hijau. Namun yang paling selalu dipakai yaitu pisang raja. Tekstur Ledre lebih halus, lembut dengan aroma pisang yang menyakitkan. Ledre menjadi panganan wajib yang dibeli sebagai oleh-oleh khas wilayah ini.

3. Salak Wedi

5 Makanan Khas Bojonegoro Yang Wajib di Coba Makanan

Salak Wedi ialah satu dari keseluruhan buah khas wilayah ini. Salak ini awal mulanya ditanam hanya di desa Wedi dan sekitarnya. Konon bibit salak ini lampaunya dibawa oleh seorang ulama ke desa Wedi. Selisih salak wedi dengan salak yang lain yaitu kerasanya yang manis, fresh, masir serta ukurannya yang lebih besar. Salak ini lebih banyak mengandung air dari pada kategori salak yang lain. Salak wedi ini biasanya dijadikan buah tangan bagi yang berkunjung ke Bojonegoro.

Tak cuma salak, buah yang juga banyak dicari pelancong yaitu Blimbing Ngringinrejo dan Pepaya California Bakalan. Kedua buah-buahan ini juga menjadi primadona saat masa liburan tiba.

4. Nasi Flambe

5 Makanan Khas Bojonegoro Yang Wajib di Coba Makanan

Buat yang sedang berada di Bojonegoro usahakan berusaha masakan khasnya adalah Nasi Flambe.

Kombinasi nasi putih hangat, udang goreng, telur orak-arik, ayam suwir dan sambal terasi jelasnya akan menggugah selera hadirin. Pastikan kosongkan perut sebelum menyantap hidangan ini. Karena dipastikan satu jatah tidak akan dapat buat masakan selezat ini. Harga satu jatah nasi ini juga cukup murah. Dipastikan tidak akan memeras kantong.

5. Keripik Tempe

5 Makanan Khas Bojonegoro Yang Wajib di Coba Makanan

Di bojonegoro juga beken dengan keripik tempe yang paling bahagia kerasanya. Memiliki kerasa yang khas kriuk karena dilapisi tepung sampai-sampai merasa krispi.

Hidangan khas Bojonegoro yang beragam ini menjadi satu dari keseluruhan wisata kuliner yang bisa dinikmati pelancong. Berkunjung ke suatu wilayah tidak lengkap kerasanya apabila tidak menikmati masakan khas wilayah itu.

Tak lupa juga untuk membeli buah tangan untuk orang-orang terkasih. Beberapa panganan khas wilayah ini ialah panganan terbaik yang terletak di Indonesia. Akibatnya sangat rugi apabila mampir ke Bojonegoro tidak memborong oleh-oleh khas wilayah ini.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *