5 Makanan Khas Blitar Yang Harus Diburu

Posted on

Sebagai kota proklamator, masakan khas Blitar cukup terkemuka dan telah menjadi satu dari semua kuliner nusantara favorite.
Dari semua kuliner khas Blitar yang ada, masakan di bawah ini ialah masakan yang harus dicicipi kala berada di Blitar.
Karna penyajian masakan sangat jauh berbeda dari masakan yang telah diketahui luas.

Santapan Khas Blitar

1. Rujak Cingur

5 Makanan Khas Blitar Yang Harus Diburu Makanan
Rujak Cingur khas blitar

Rujak biasanya disajikan dengan bermacam ragam buah-buahan dan didampingi dengan sambal gula jawa yang pedas. Khusus untuk rujak khas Blitar ini bukan ialah bahan buah – buahan, malahan bahan dari buah dan sayur. Jadi sekilas masakan yang satu ini mirip dengan tahu gimbal maupun gado-gado, namun memanfaatkan sambal gula jawa seperti rujak pada rata-rata.

Komposisi dari bahan rujak Cingur ialah perpaduan antara lontong, tempe, tahu cingur, buah dan sayur. Buah yang biasanya dimanfaatkan dalam rujak Cingur yakni mentimun, mangga muda dan nanas. Lainnya sayur meliputi kangkung, kacang panjang dan taoge.

2. Wajik Kletik

5 Makanan Khas Blitar Yang Harus Diburu Makanan
Wajik Kletik khas blitar

Wajik ialah kue yang berasal dari Jawa dan biasanya disajikan dalam kegiatan khusus, seperti perkawinan, pertunangan dan lain – lain. Namun di Blitar wajik sangat jauh berbeda dari wajik Jawa pada rata-rata. Perihal tersebut kelihatan jelas dari bentuk dan penyajian yang berbeda dari wajik Jawa.

Resep yang dipakai untuk membuat wajik Kletik kira-kira sama dengan wajik Jawa. Resep tersebut meliputi beras ketan, santan dan gula. Namun pada wajik Kletik memanfaatkan resep ekstra kelapa. Setelah itu wajik tersebut dibungkus memanfaatkan kulit jagung yang telah kering maupun biasa disebut dengan klobot jagung kering.

3. Bermacam Berbagai Buatan Ikan Uceng

5 Makanan Khas Blitar Yang Harus Diburu Makanan

Ikan uceng ialah ikan favorite masyarakat Blitar. Ikan tersebut juga menjadi resep utama andalan dari sebagian besar bahan khas Blitar. Karena demikian kala berada di Blitar akan dijumpai bermacam ragam kategori bahan ikan uceng di rumah makan ataupun street food.

Tipe bahan masakan khas Blitar ini juga tidak jauh dari kuliner khas nusantara. Buatan tersebut antara lain ikan uceng asin, peyek ikan uceng, bothok ikan uceng, oseng ikan uceng, sayur ikan uceng dan lain – lain. Buatan ikan uceng ialah lauk utama bagi masyarakat setempat.

4. Geti

5 Makanan Khas Blitar Yang Harus Diburu Makanan

Geti ialah satu dari semua kuliner yang paling khas di Blitar. Kuliner ini sangat unik dan wujudnya sekilas menyamai wajik Jawa. Namun resep dasar dari Geti dan wajik Jawa berbeda.

Resep utama dalam pembuatan Geti yakni kacang tanah, wijen dan gula. Keunikan dari kuliner ini sangat lengket seperti wajik Jawa, namun Geti punya rongga. Kerasa dari Geti identik dengan kerasa manis, renyah dan gurih yang berasal dari kacang tanah.

5. Nasi Ampok

5 Makanan Khas Blitar Yang Harus Diburu Makanan
Nasi Ampok khas blitar

Buatan nasi Ampok ialah nasi jagung khas Blitar. Keberadaan dari nasi jagung khas Blitar ini menuai sorotan. Karena di wilayah lain nasi jagung telah tidak mudah dijumpai dan sangat langka, namun di wilayah Blitar nasi jagung tersebut mampu dijumpai dimana pula.

Karena demikian kuliner ini menjadi buruan para pengunjung, lebih-lebih masyarakat yang hidup pada masa orde baru. Karena masakan tersebut, mampu mengenang dan sembari bernostalgia pada masa dulu.

Untuk penyajian nasi ampok, sama seperti nasi jagung pada rata-rata. Biasanya bahan dari nasi ampok didampingi ikan asin, tomat, tempe goreng dan kerupuk.

Begitu 5 masakan khas Blitar yang menjadi kuliner yang banyak diburu oleh pengunjung. Dengan kuliner tersebut, mampu menjadi inspirasi untuk melestarikan kuliner nusantara.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *