5 Makanan Khas Belanda Wajib Buat Oleh-oleh

Posted on

Eropa memanfaatkan gandum sebagai hidangan pokok, begitu pula dengan hidangan khas Belanda yang juga identik dengan penganan cake.

Tak cuma cake, ada pula penganan daging, buah, sayur dan seafood.Namun untuk hidangan khas dari negeri bunga tulip, penganan cake yang paling menggiurkan. Tidak lupa penganan kue khas Belanda ini wajib buat oleh-oleh. Mari simak jenis-jenisnya apa saja.

Hidangan Khas Belanda

1. Ontbijtkoek

5 Makanan Khas Belanda Wajib Buat Oleh-oleh Makanan
Ontbijtkoek khas belanda

Hidangan ini kerap disajikan untuk makan bagi warga Belanda. Ada 2 rupa type dalam ontbijtkoek, ialah type Belanda Utara dan wilayah Belanda yang lain. Pada bagian Belanda Utara, disebut dengan Oudewijvenkoek.

Kelainan antara ontbijtkoek dan Oudewijvenkoek terletak pada kerasanya. Pada Oudewijvenkoek memiliki cita kerasa yang lebih manis daripada ontbijtkoek. Corak dari kue ini identik dengan corak coklat.

Kue ini ialah sejenis bolu. Ramuan yang dipakai dalam penganan hidangan ini cukup berbeda dengan bolu pada rata-rata. Pada ontbijtkoek olahan yang dibutuhkan meliputi gandum, cengkeh, jahe, pala serta kayu manis.

Untuk penyajian kue ini biasanya dimakan bersama dengan teh ataupun susu. Adakala ditambah dengan olesan mentega.

2. Oliebollen

5 Makanan Khas Belanda Wajib Buat Oleh-oleh Makanan
Oliebollen belanda

Kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan donat ataupun bola. Namun tipe kue ini sangat berbeda jauh dari donat. Biasanya kue ini disajikan pada kegiatan natal dan tahun baru.

Ramuan dasar pembuatan kue oliebollen ialah gandum, telur, ragi, garam, susu cair dan bubuk kue. Topping oliebollen sangat variatif. Namun topping yang original yaitu gula bubuk.

3. Stroopwafel belanda

5 Makanan Khas Belanda Wajib Buat Oleh-oleh Makanan
Stroopwafel belanda

Wilayah asal dari stroop wafel ialah Gouda. Wilayah tersebut berada di bagian selatan Amsterdam. Penganan kue tersebut diciptakan oleh seorang tukang roti biasa pada abad ke 18 SM.

Ramuan dasar yang dimanfaatkan oleh tukang roti tersebut dalam stroop wafel sangat simpel. Ia hanya memanfaatkan olahan sisa roti yang berbentuk remah roti. Sesudah itu meningkatkan olahan tersebut dengan sirup manis.

Namun saat ini olahan yang dibutuhkan dalam penganan stroop wafel bukan lagi memanfaatkan remah roti, kebalikannya kue wafel. Untuk mengolah stroop wafel, harus dulu membuat wafel. Lalu diberi topping sirup kental manis dan ditutup lagi dengan wafel yang lain.

4. Poffertjes

5 Makanan Khas Belanda Wajib Buat Oleh-oleh Makanan
Poffertjes belanda

Hidangan khas Belanda ini memiliki olahan pembuatan kue yang paling simpel. Hanya membutuhkan gandum dan ragi. Kue ini juga menjadi andalan warga Belanda untuk makan.

Karakteristik khas dari kue ini memiliki dimensi yang cukup kecil. Tekstur dari Poffertjes sangat pulen dan lembut disaat dimakan. Cara penyajiannya pula juga sangat variatif dan mampu disesuaikan dengan kemauan.

Untuk Poffertjes original memanfaatkan topping gula bubuk dan mentega. Namun mampu juga menukar topping dengan bermacam varian, seperti sirup kental manis, krim kocok, pasta coklat, strawberry dan lain – lain.

5. Pannenkoeken

5 Makanan Khas Belanda Wajib Buat Oleh-oleh Makanan

Pancake selalu menjadi hidangan favorite di seluruh dunia. Terlebih lagi setiap negeri ataupun wilayah memiliki penganan pancake masing – masing. Begitu pula dengan nama dari penganan hidangan tersebut.

Untuk pancake dari Belanda, disebut dengan pannenkoeken. Kata tersebut bilamana diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris berarti pancake.

Karakteristik khas dari pan cake dari Belanda ataupun pannenkoeken memiliki susunan yang lebih tipis dari pada pancake Amerika. Tapi susunan dari pannenkoeken lebih tebal dari pada crepe. Crepe ialah penganan pancake yang berasal dari Perancis.

Warga Belanda, biasanya menyajikan pannenkoeken sebagai makan. Untuk minuman pendamping pancake khas Belanda ataupun pannenkoeken yaitu teh hangat.

Seperti itu catatan dari hidangan khas Belanda yang berbentuk penganan kue. Bagi masyarakat Indonesia, eksklusifnya yang hidup pada masa kolonial pasti tidak sangat asing dengan penganan tersebut.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *