5 Coban di Malang dengan Air Terjun Menawan dan Populer

Posted on

Menjelajahi wisata alam di Malang tidak akan pernah ada habisnya. Satu di antara keelokan alam yang dimiliki satu dari keseluruhan kota di Jawa Timur ini yakni coban maupun air terjun. Kota ini memiliki banyak coban dengan panorama alam alam sekitarnya yang asri dan membuat kepala fresh. Paling utama air terjunnya yang menjulang atas dengan airnya yang jernih dan dingin. Ya saat liburan ke Malang, jangan sampai lupa masukan coban di Malang ini ke dalam itinerary liburanmu.

1. Coban Rondo

Coban di Malang, Coban Rondo, Liburan Aja
Coban Rondo, Liburan Aja (Instagram: @ahmed25_al.ali)

Mungkin kuping kamu tidak asing seandainya mendengar nama Coban Rondo. Coban di Malang ini memang menjadi satu dari keseluruhan ikon wisata kota Malang. Terletak di wilayah Pujon, Malang. Aliran air terjunnya yang besar dengan ketinggian sekitar 84 meter, membuat para turis yang baru tiba di posisi bisa merasakan cipratan air dari air terjun. Janganlah lupa kenakan jaket buat kalian yang tidak begitu kokoh dengan udara dingin.

Tidak hanya panorama alam air terjunnya yang memincut mata dan membuat kepala fresh kembali, di kawasan Coban Rondo juga terdapat wisata yang lain seperti labirin, panahan hingga rafting. Paling tersohor sehabis air terjunnya yakni labirin hijaunya yang seru untuk kamu coba. Malahan gambar yang diambil dari sudut atas, akan menciptakan gambar yang instagramable. Demi bisa menikmati bermacam keelokan wisata di Coban Rondo, para hadirin hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp10.000.

2. Coban Pelangi

Coban di Malang, Coban Pelangi, Liburan Aja
Coban Pelangi, Liburan Aja (Instagram: @riednum)

Para pendaki yang sudah menjajal Gunung Semeru, pasti tidak asing dengan coban di Malang yang satu ini. Yup, apalagi kalau bukan Coban Pelangi. Posisinya yang berada pada satu jalur pendakian Gunung Semeru ini memincut para pendaki untuk menyudahi sejenak menikmati panorama alam air terjunnya yang memukau. Apalagi seandainya beruntung anda dapat melihat pelangi yang timbul persis di air terjun. Demikianlah kenapa coban maupun air terjun ini dinamakan Coban Pelangi, karena air terjunnya kerap membiaskan corak pelangi.

Walaupun berada dalam jalur pendakian bukan berarti hanya para pendaki Gunung Semeru saja yang bisa melihat keelokan coban ini. Kamu yang hanya mau berhasil memandang Coban Pelangi juga bisa, walaupun harus mempersiapkan tenaga ekstra. Dari pintu masuk yang tampak di Desa Gubuk, Klakah, Poncokusumo, kamu perlu berjalan kaki beberapa ratus meter. Jalurnya yang hanya satu dan sudah tertata bersih dengan baik membuat turis bisa berjalan dengan nyaman walaupun jaraknya yang cukup jauh. Tiket masuk Coban Pelangi juga sangat terjangkau sekitar Rp5.000 per orang.

3. Coban Sewu

Coban di Malang, Coban Sewu, Liburan Aja
Coban Sewu, Liburan Aja (Instagram: @aliona.ramaneika)

Berada di wilayah perbatasan antara Malang dengan Lumajang, coban di Malang ini memberikan panorama alam memukau deretan air tejun dalam satu posisi. Demikianlah mengapa coban ini dinamakan Coban Sewu. Kalian boleh menikmati panorama alam dari 2 sisi yang berbeda namun sama indahnya. Apabila mau berhasil merasakan cipratan air terjunnya anda dapat memandang kumpulan air terjun dari posisi bawah. Sebaliknya dari sisi atas pemandangannya juga tidak kalah mengagumkan. Kalian boleh leluasa memandang totalitas air terjun yang jumlahnya banyak ini.

Demi bisa sampai ke Coban Sewu, kalian mesti melewati jalanan berbentuk tangga – tangga dari bambu. Jadi harus ekstra hati – hati dan jangan terburu – buru. Di sekitar kawasan Coban Sewu juga banyak terdapat warung – warung masakan. Menikmati masakan sembari memandang panorama alam air terjun menjadikan pengalaman yang menarik.

4. Coban Talun

Coban di Malang, Coban Talun, Liburan Aja
Coban Talun, Liburan Aja (Instagram: @khafidzf)

Dikelilingi dengan bebatuan dan hijaunya hutan, coban di Malang ini punya aliran air tejun yang deras dan jernih yang langsung memincut para turis yang datang. Cipratan air terjun yang dingin serta udaranya yang sejuk sembari gemuruh suara air terjunnya membuat kamu tidak akan menyesal datang ke sana. Malahan jika anda beruntung, anda dapat memandang pelangi yang timbul dari biasan air terjun. Tidak hanya panorama alam utama air terjunnya yang memincut, panorama alam hutan di sekitarnya juga menarik untuk diabadikan dalam sebuah gambar. Tiket masuk Coban Talun juga sangat terjangkau sekitar Rp5.000 per orang.

5. Coban Rais

Coban Rais, Liburan Aja
Coban Rais, Liburan Aja (Instagram: @nurfakhmi_firdaus)

Mampir ke wilayah Batu, yang tidak begitu jauh dari kota Malang ada sebuah coban yang populer sebagai satu dari keseluruhan destinasi andalan di wilayah Batu. Posisi tepatnya berada di Dusun Dresel, Desa Oro – Oro Ombo, Batu. Walaupun lokasinya cukup tersembunyi dan harus menyebrangi beberapa sungai kecil, namun seandainya sudah sampai di posisi, kerasanya akan setimpal dengan perjalanannya yang panjang. Karena panorama alam menarik air terjunya akan membuat kamu senang. Coban Rais memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan masih dalam kawasan lereng Gunung Panderman. Rimbunnya pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun kian memenuhi kecantikan kawasan ini.

Mari sempatkan diri untuk liburan dan meninggalkan segudang aktifitas sejenak untuk menyegarkan kepala. Salah satunya dengan mendatangi coban di Malang tersebut.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *