4 Warung Mie Ongklok di Wonosobo Yang Memanjakan Lidah

Posted on

Kabupaten Wonosobo dengan sejuta pesona keindahnnya masih menjadi magnet khusus bagi traveller. Beberapa destinasi menarik seperti Gunung Prau, Kawah Sikidang, Bukit Sikunir dan yang lain yang rata-rata berada di Dieng ini sangat worth it untuk didatangi. Kawasan dingin ini juga menjadi tempat diselenggarakannya satu di antara festival tahunan paling tenar di Indonesia ialah Dieng Culture Festival.

Namun tak lengkap kalau wisata tanpa menicicipi kuliner khasnya. Di antara banyaknya pilihan kuliner di Wonosobo, Mie Ongklok ialah satu di antara kuliner yang paling beken. Mie ini diracik dengan potongan kol dan daun kucai, lalu disiram dengan kuah kental bercorak kecoklatan yang membuat tampilannya sangat menggoda lidah. Tak lupa sate sapi serta tempe kemul yang menjadi aksesoris sajian sampai-sampai semakin nikmat saat dimakan.

Karena mie ongklok ini dijadikan sebagai kuliner khas, maka cukup mudah mendeteksi warung mie ongklok di Wonosobo. Sebagai rekomendasinya, 4 warung mie ongklok yang legendaris ini wajib didatangi agar kamu tahu betapa nikmatnya kuliner khas yang satu ini.

1. Mie Ongklok Longkrang


Image credit: @topan_permana

Mie Ongklok milik Pak Waluyo sebagai generasi kedua ini sangat tenar di golongan pengunjung. Cita kerasa legendaris yang masih terus dipertahankan membuat warung makan yang sudah berdiri sejak 1975 selalu ramai di setip waktu. Bila sudah menyantapnya, kerasanya akan merasa kurang kalau menyantapnya satu piring saja. Kenikmatan mie ongklok, sate, serta tempe kemulnya menjadi perpaduan kerasa yang pas.


Image credit: @brigittajesslyn

Letak: Jalan. Pasukan Ronggolawe Nomor.14, Longkrang, Wonosobo Timur, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 09.00 AM – 05.00 PM
Harga: Mulai 15,000 IDR per jatah

2. Mie Ongklok Bu Umi


Image credit: @gembulfoodie

Berada 500 meter dari pusat kota Wonosobo, warung Mie Ongklok Bu Umi sangat sayang untuk dilewatkanya. Soal kerasa sangat layak diacungi jempol, juara banget deh! Bagi pecinta masakan pedas, kamu mampu memohon ekstra potongan cabai rawit hijau yang pedasanya sangat menggigit. Tak lupa sate sapi ataupun bakso sapi yang mampu kamu seleksi untuk memenuhi kelezatan kerasa mie ongklok.


Image credit: @fahmianhar

Letak: Jalan Masjid Nomor.11 RT. 01 RW. 14, Kauman Utara, Wonosobo Timur, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 10.00 AM – 09.00 PM
Harga: Mulai 15,000 IDR per jatah

3. Mie Ongklok Pak Muhadi

Jangan heran kalau warung Mie Ongklok Pak Muhadi selalu ramai didatangi oleh wisatawan dari bermacam tempat. Bukan tanpa sebab, namun nama warung ini sudah sangat tenar karena kelezatan kerasanya. Tempatnya yang cukup besar hingga mampu menampung semua orang serta lahan parkir yang luas, buat anda tak perlu ribet lagi untuk mencari tempat parkir di tengah keramaian.


Image credit: @muljoto88_id

Warung milik Pak Muhadi ini selain semata-mata menyajikan mie ongklok serta sapi saja, namun juga bermacam sajian ekstra seperti tempe kemul serta geblek (masakan tradisional dari singkong) juga ada di meja yang wajib dimakan sembari mie ongklok datang.


Image credit: @dinadwi_k

Letak: Jalan. Jenderal Ahmad Yani Nomor.1, Tosari, Jaraksari, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Jam buka: 10.00 AM – 08.00 PM setiap Senin sampai Jumat, 10.00 AM – 07.00 PM setiap Sabtu dan Minggu
Harga: Mulai 16,000 IDR per jatah

4. Mie Ongklok dan Sate Sapi Pak Tris


Image credit: @liemmon98

Keistimewaan mie ongklok dari Pak Tris ini ialah potongan tahu yang jarang ditemui di warung makan yang lain. Tak hanya sajiannya, jam buka warung ini juga berbeda ialah mulai sore hingga malam hari. Disajikan di tempat warung mudah, tidak membuat mutu kerasa mie ongklok serta satenya diragukan lagi. Damai banget!


Image credit: @daudede

Letak: Jalan. Jenderal Ahmad Yani Nomor.140, Ngepelan, Wonosobo Timur, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 04.00 PM – 10.00 PM
Harga: Mulai 15,000 IDR per jatah

Baca juga: 5 Tengkleng Solo Paling Maknyus Dan Wajib Kamu Coba

Gimana, sudahkah kamu membaca risalah ini sembari menelan ludah? Rasakan kenikmatannya secara langsung dengan mendatangi 4 warung mie ongklok tersebut di Wonosobo ya!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *