4 Tips jika Ingin Foto di Pintu Langit Dahromo

Posted on

Kecamatan Dlingo di Kabupaten Bantul menaruh banyak obyek wisata yang menarik untuk didatangi. Salah satunya yaitu Pintu Langit Dahromo.

Sebanding sama namanya, ada ornamen pintu dengan latar belakang hamparan terbuka yang menyajikan panorama keelokan Yogyakarta dari ketinggian. Satu aktifitas menarik yang bisa dilakukan di sini yaitu hunting gambar malam hari.

Hal itu karena latar belakang panorama berbeda menjadi gemerlap sinar lampu Yogyakarta yang begitu memukau. Kalau bertekad bakal hunting gambar malam hari di Pintu Langit Dahromo, ini ia 4 tipsnya:

1. Membawa piranti fotografi yang mencukupi

Kalau di Pinus Pengger wisatawan tak mesti membawa perlengkapan fotografi karena sudah ada jasa pemotret, maka Pintu Langit Dahromo tidaklah demikian. Hadirin harus membawa piranti fotografi sendiri.

Kamera yang mumpuni seperti DSLR dan mirrorless harus dibawa. Tidak hanya itu, perlengkapan ekstra yang ada yang harus dibawa sedikitnya yaitu tripod karena kamera harus diam 100 persen saat memotret.

2. Gunakan cara long exposure

Long exposure ialah cara yang cocok dipakai untuk dapat mendapatkan hasil foto malam dengan baik. Hal itu karean atmosfer cukup gelap apabila dijepret dengan kecepatan rana di bawah satu detik.

Gabungan kecepatan rana semasih 3,2 detik dengan bukaan lensa sebesar 4.5, dan ISO 1600 sudah bisa menciptakan gambar malam yang mumpuni. Kalau mengenakan model, ia harus diam sekitar 3,2 detik saat kamera memotret dengan kecepatan rana tersebut.

3. Gunakan pakaian corak terang

Tidak hanya pintu langit, ada pula piano langit berbentuk ornamen piano dari triplek yang berlatar belakang panorama yang sama. Hasil gambar akan lebih hidup saat menyertakan model yang bergaya di ornamen pintu langit ataupun piano langit.

Foto Malam di Piano Langit Wisata Pintoe Langit Dahromo, Bantul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Photo Malam di Piano Langit Wisata Pintoe Langit Dahromo, Bantul.

Kalau menyertakan model saat memotret gambar malam, maka pakaian berupa terang ialah setelan yang cocok. Hal itu karena latar belakang langit malam yang berupa hitam sampai-sampai pakaian berupa hitam ataupun gelap tidak akan kelihatan bagus.

Tidak hanya itu, penerangan di 2 spot gambar Pintu Langit Dahromo tidak begitu baik. Tiada lampu sorot khusus dan hanya ada lampu neon berupa putih. Oleh karna itu, pakaian yang terang dibutuhkan agar dapat memantulkan sinar lampu dengan lebih maksimal.

4. Datang saat cuaca terang

Kontrol kondisi cuaca sebelum berangkat ke Pintu Langit Dahromo. Saat cuaca terang, maka aktifitas memotret akan lebih leluasa dan membolehkan untuk dilakukan. Kebalikannya apabila hujan, bisa jadi pemotretan tidak membolehkan.

Kalau sampai basah, maka kamera bisa mengalami kehancuran seperti korslet sampai-sampai jelasnya merugikan. Tidak hanya itu saat mengarah spot gambar, wisatawan harus melalui jalan setapak sampai-sampai cukup licin dan becek saat diguyur hujan.
Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *