4 Barang yang Dapat Dibawa agar Hemat Plastik saat Traveling

Posted on

Dalam sebuah peluang Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menuturkan, Indonesia adalah penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang ke laut.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dimana sebanyak 3,2 juta ton adalah sampah plastik yang dibuang ke laut .

Menurut sumber yang sama, kantong plastik yang terbuang ke lingkungan sebanyak 10 miliyar lembar per tahun ataupun sebanyak 85.000 ton kantong plastik.

Sampah plastik yang masuk ke laut bisa terbelah menjadi partikel-partikel kecil yang disebut microplastics dengan dimensi 0,3-5 milimeter. Microplastics ini sangat mudah disantap oleh hewan-hewan laut.

Namun kebutuhan akan plastik ini menjadi tidak gampang terhindarkan apalagi saat kita sedang mengaplikasikan darmawisata ke tempat-tempat baru ataupun traveling.

Dibawah ini Kami merangkum beberapa barang yang bisa Anda membawa saat traveling untuk kurangi pemanfaatan plastik.

Karakter Android ciptaan sendiri di Taman Android bisa dicetak ke tumbler yang dapat dibawa pulang oleh pengunjungOik Yusuf/ KOMPAS.com Karakter Android ciptaan sendiri di Halaman Android bisa dicetak ke tumbler yang bisa dibawa kembali oleh wisatawan

1. Tumbler

Botol tumbler adalah botol minuman yang bisa Anda gunakan berulang kali. Saat ini Anda akan sangat mudah mendeteksi toko online ataupun offline yang menjual tumbler beragam bentuk dan corak.

Tidak hanya bisa mengirit pengeluaran Anda untuk membeli minuman kemasan saat liburan, membawa tumbler juga bisa menekan angka pemanfaatan botol plastik kemasan.

Ajakan pemanfaatan tumbler ini sekarang selalu dikampanyekan di beberapa tempat wisata di Indonesia, tercantum Jakarta.

Stainless straw, inovasi baru buat menggantikan sedotan plastik sekali pakai yang berdampak buruk bagi lingkungan.SHUTTERSTOCK Stainless straw, inovasi baru buat menukar sedotan plastik sekali gunakan yang berakibat kurang baik bagi lingkungan.

2. Sedotan Stainless Steel

Pemanfaatan sedotan sainless steel untuk menukar pemanfaatan sedotan plastik semakin diketahui di Indonesia. Karena tak seperti sedotan plastik, sedotan stainless steel bisa digunaan berulang kali.

Sedotan stainless steel bisa Anda beli di beberapa toko online dengan harga cukup terjangkau. Anda juga bisa membeli bermacam bentuk perkakas bantu untuk mencuci sedotan kategori ini.

Tidak hanya bisa mengirit pemanfaatan sedotan plastik, sedotan stainless steel juga lebih aman digunaan.

Menurut riset dari National Institute of Environtmental Health Science di Amerika Serikat, pemanfaatan produk plastik sebagai wadah masakan sangat berbahaya karena BPA (Bisphenol A) dalam plastik bisa luntur ke masakan ataupun minuman.
Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *