36 Tempat Wisata di Rembang Paling Hits 2019

Posted on

Tempat wisata di Rembang – Saat mendengar nama Rembang, apa yang timbul di benak Anda pertama kali? Garam? Ataupun malah R. A. Kartini? Ya, Rembang memang sangat beken akan Garam dan R. A. Kartini. Tapi sekarang kita akan membahas kabupaten ini dari sudut pandang yang berbeda, yakni dari sudut pandang pariwisata.

Tidak seperti Jogja dan Karimun Jawa yang berhasil mendapatkan julukan “Kota Wisata”,di dunia pariwisata, Rembang malah tidak begitu banyak diketahui. Sebenarnya kabupaten ini sejatinya memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk didatangi.

Menurut data di blog Wikipedia, Kab. Rembang memiliki luas sekitar 1.014 kilometer persegi. Wilayah tersebut dibagi atas 14 wilayah kecamatan dan 287 wilayah kelurahan.

Karena daerahnya luas dan tempatnya pula juga strategis, kabupaten ini memiliki daya tarik wisata yang sangat lengkap. Dari mulai wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, sampai dengan wisata belanja dan kuliner, semua ada di kabupaten ini.

Untuk itu, walau tidak bergelar “Kota Wisata”, kota yang berslogan “The Cola of Jawa” ini sangat rekomended untuk dijadikan sebagai destinasi wisata di waktu liburan.

Tempat Wisata di Rembang yang Rekomended Didatangi

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, Rembang memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk didatangi. Beberapa tempat wisata tersebut merupakan sebagai berikut:

1. Karang Jahe

Letak: Jalan. Rembang-Lasem, Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang
Harga Tiket Masuk:
Rp 5.000 / orang

Pantai Karang Jahe via googleusercontent-com

Karang Jahe via googleusercontent.com

Tempat piknik di Rembang yang pertama merupakan Karang Jahe.  Karang Jahe berlokasi di Jalan. Rembang – Lasem, Punjulharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

ini kerap boleh dibilang “ Kuta – nya” Kab. Rembang.

Dilengkapi dengan bermacam rupa sarana dan wahana game, Karang Jahe cocok untuk didatangi oleh semua golongan umur.

Untuk anak – anak pengelola objek wisata ini telah mengadakan bermacam rupa wahana game.

Untuk golongan anak muda ada wahana kereta dan motor atv yang bisa disewa untuk berkelana areal .

Sebaliknya orang berumur bisa bersantai di pinggir sembari menikmati bermacam rupa buatan kuliner yang ada.

Oh ia, menurut info yang tersebar objek wisata ini dinamai Karang Jahe bukan tanpa penyebabnya sama sekali lho!

Penamaan Karang Jahe ini ditengarai oleh keberadaan batu karang berdimensi besar di areal perairan ini yang rupanya mirip seperti corak jahe.

Ya, kalau ingin Anda bisa berkunjung ke areal karang tersebut dengan memakai perahu sewaan yang disediakan oleh masyarakat sekitar.

Kalau tertarik, Anda bisa berkunjung ke ini sepanjang 24 jam non stop.

Walau begitu, jikalau mau berhasil mendapatkan pengalaman yang memuaskan, Anda kami sarankan untuk berkunjung ke ini di sore hari, yakni menjelang waktu matahari terbenam.

Untuk urusan tiket masuk Anda tak mesti khawatir. Lantaran hadirin tak mesti membayar tiket masuk sama sekali dan hanya diharuskan untuk membayar duit parkir kendaraan sebesar 15 ribu rupiah untuk mobil individu dan 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda 2.

2. Caruban

Letak: Desa Gedong Mulyo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang
Tiket:
Rp 8.000 / orang

Pantai Caruban via Yotube

Caruban via Youtube

Caruban ialah satu di antara tempat wisata baru di Rembang yang belum banyak didatangi oleh pelancong.

ini menawarkan daya tarik utama berbentuk areal pasir putih yang bersih dan nyaman.

Garis pantainya terkategori cukup lebar dan panjang. Ombaknya pula relatif cukup tenang, sampai-sampai sangat aman untuk dijadikan sebagai spot untuk berenang dan bermain air.

Di bagian pinggirnya Anda akan menemui jajaran tumbuhan cemara yang rimbun dan tertanam dengan bersih.

Tidak hanya itu ada juga areal saung yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat duduk.

Kalau lapar Anda bisa membeli aneka jajanan yang disuguhkan oleh para orang dagang di sini. Harganya murah – murah kok, dan pedagangnya pula juga ramah – ramah.

Karena sunyi dan terbatas hadirin, Caruban sangat cocok untuk dijadikan sebagai letak untuk bersantai sembari melepas penat.

Sayangnya, karena masih baru, saat berkunjung ke sini jangan harap Anda bisa menemui sarana – sarana keren seperti motor ATV seperti yang berada di Karang Jahe lho ya!

Tidak hanya itu, agar dapat sampai ke letak ini Anda nantinya juga harus melalui jalan yang agak rusak dan kecil.

So, gimana? Apakah Anda tertarik untuk singgah ke ini?

Kalau ya, letak Caruban Gedongmulyo ada di Jalan. Gedongmulyo, Lasem, Kab. Rembang Jawa Tengah.

Untuk masuk ke letak hadirin harus membayar duit tiket masuk yang dihitung per kendaraan dengan besaran 10 ribu rupiah untuk mobil individu dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda 2.

3. Jembatan Merah Hutan Mangrove

Letak: Pasarbanggi, Kecamatan Rembang
Tiket:
Rp 10.000 / mobil
Jam Operasional:
06.00 17.30 WIB

Jembatan Merah Hutan Mangrove via panoramio-com

Jembatan Merah Hutan Mangrove via panoramio.com

Tempat jalan – jalan di Rembang yang selanjutnya merupakan Jembatan Merah Hutan Mangrove. Jembatan Merah Hutan Mangrove ialah satu di antara tempat wisata hits di Rembang yang sedang tenar di golongan anak muda.

Tempat ini menawarkan daya tarik utama berbentuk jembatan kayu yang membentang di tengah hutan mangrove.

Di sini Anda bisa berkelana areal hutan mangrove sembari menerapkan beberapa take gambar.

Bagi Anda yang hobi memancing, areal jembatan di hutan ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk meyalurkan hobi Anda.

Letak Jembatan Merah Hutan Mangrove Rembang ada di Wilayah Sawah, Pasarbanggi, Kec. Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Objek wisata ini bisa didatangi setiap hari dari mulai pagi hingga waktu 6 sore. Untuk masuk hadirin hanya perlu membayar duit parkir sebesar 10 ribu rupiah.

Dari tempat parkir, hadirin harus berjalan kaki sepanjang kurang lebih 5 menit. Ataupun kalau mau berhasil yang lebih praktis bisa memakai layanan ojek yang disediakan oleh masyarakat sekitar dengan biaya sewa sebesar 5 ribu rupiah per orang per satu kali jalan.

4. Dampo Awang Beach (Halaman Tamasya Kartini)

Letak: Desa Tasikagung, Kecamatan Lasem
Tiket:
Rp 5.000 / orang

Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB

Dampo Awang Beach via Wisatarembangblog.wordpress.com

Dampo Awang Beach via Wisatarembangblog.wordpress.com

Dampo Awang Beach yang juga diketahui dengan nama Halaman Tamasya Kartini ialah satu di antara tempat wisata keluarga di Rembang yang sangat tenar.

Lampaunya halaman ini ialah halaman terbuka hijau yang dikelola oleh pemerintah. Baru-baru aktifitas pengelolaan halaman ini diserahkan seluruhnya ke pihak swasta.

Walau penyerahan tata kelola ke pihak swasta tersebut condong terkesan kurang bagus, namun dalam prakteknya halaman ini menjadi jauh lebih terurus.

Halaman yang sebelumnya terbatas sarana saat ini telah dilengkapi dengan bermacam rupa sarana dan wahana game yang sangat menarik.

Sebut saja sarana kolam renang dan sarana outbond. Kedua sarana ini baru ada sejak pengelolaan halaman ini dijamah oleh pihak swasta.

Secara totalitas, ada banyak aktifitas wisata menarik yang bisa dilakukan di ini. Dari mulai bersantai di pinggir , berenang, hunting buatan kuliner, sampai dengan berkunjung pulau kecil di sebelah utara ini, semua bisa dilakukan di ini.

Untuk Anda yang membawa keluarga dan sanak famili, ada areal halaman hewan mini yang tidak kalah menarik untuk disambangi.

Macam apa? Tempat wisata yang luar biasa lengkap bukan?

Ya, jikalau Anda tertarik untuk berkunjung ke ini, lokasinya ada di sebelah Kantor Bupati Rembang, yakni Wilayah Rembangan, Tasik Agung, Kec. Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Tempat ini beroperasi setiap hari dari mulai pagi sapai dengan waktu 8 malam.

Untuk masuk ke tempat wisata ini hadirin hanya perlu membayar duit retribusi sebesar 8 ribu rupiah untuk kendaraan roda 2 dan 15 ribu sampai dengan 20 ribu rupiah untuk kendaraan roda 4.

5. Alun – Alun Rembang

Letak: Jalan. Jend. Sudirman, Kutoharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang

Alun-alun Rembang via Tripadvisor

Alun-alun Rembang via Tripadvisor

Tempat wisata di Rembang yang selanjutnya merupakan Alun – Alun Rembang. Alun – Alun Rembang ialah satu di antara tempat nangkring di Rembang yang nyaris tidak pernah sunyi hadirin.

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat nangkring, tempat olah-raga, tempat untuk hunting kuliner, dan tempat untuk hunting gambar.

Letak Alun – Alun Rembang ada di Jalan. Jend. Sudirman, Kutoharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Alun – alun ini bisa didatangi kapan saja sepanjang 24 jam non stop.

Walau begitu, alun – alun ini biasanya condong lebih ramai di pagi, sore, dan malam hari saja, mengingat orang dagang kaki 5 di sekitaran alun – alun biasanya baru buka dari mulai waktu 4 sore.

6. Watu Congol Lasem

Alamat: Desa Selopuro, Lasem, Selopuro, Lasem, Kabupaten Rembang

Watu Congol Lasem via IG @erikafrani

Watu Congol Lasem via IG @erikafrani

Watu Congol Lasem ialah tempat wisata yang terletak di areal perbukitan. Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berbentuk batu berdimensi raksasa yang terletak di puncak bukit.

Dari batu tersebut hadirin bisa memandang kemolekan alam Kab. Rembang dari atas ketinggian. Karena terletak di dataran mahal, agar dapat sampai ke tempat ini hadirin harus melalui medan ekspedisi yang cukup terjal.

Jalan tersebut sangat cocok untuk dijadikan sebagai trek untuk aktifitas downhill memakai sepeda.

Oh ia, secara totalitas tidak banyak aktifitas wisata yang bisa dilakukan di sini. Biasanya pelancong yang datang hanya duduk – duduk sejenak di warung untuk menikmati kemolekan alam sekitar sembari menerapkan beberapa take gambar.

Letak objek wisata Watu Congol Lasem ada di Wilayah Selopuro, Lasem, Kab. Rembang, Jawa Tengah. Objek wisata ini buka setiap hari mulai waktu separuh 6 pagi dan baru tutup pada waktu separuh 6 sore.

7. China Kecil Heritage Lasem

Letak: Jalan. Eyang Sambu, Mahbong, Karangturi, Kec. Lasem, Kab. Rembang

Tiongkok Kecil Heritage Lasem via Tempoco

China Kecil Heritage Lasem via Tempo.co

China Kecil Heritage Lasem sejatinya ialah bangunan hotel, cafe, dan toko batik. Walau begitu karena bentuk bangunannya yang unik, objek wisata berhasil menarik atensi pelancong, lebih-lebih yang berasal dari wilayah sekitar.

Di sini Anda bisa menginap maupun pula semata-mata menikmati bermacam rupa sajian buatan kuliner yang berada di cafe.

Tidak hanya itu Anda juga bisa membeli bermacam rupa produk batik dan oleh – oleh yang lain dengan banderol harga yang relatif cukup terjangkau.

China Kecil Heritage Lasem terletak di Jalan. Eyang Sambu, Mahbong, Karangturi, Kec. Lasem, Kab. Rembang, Jawa Tengah. Tempat ini buka setiap hari dari mulai waktu 8 pagi sampai dengan waktu 10 malam.

8. Gunung Lasem

Letak: Kec. Lasem, Kab. Rembang

Gunung Lasem via Sumber

Gunung Lasem via Sumber.com

Tempat wisata di Rembang yang selanjutnya merupakan Gunung Lasem. Gunung Lasem merupakan tempat wisata yang sangat rekomended untuk para pecinta aktifitas hiking dan trekking, lebih-lebih yang masih pendatang baru.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 800 – an meter dengan panorama alam yang luar biasa indah.

Dari puncak gunung ini pendaki bisa memandang panorama alam alam dengan view yang sangat luas, yakni terdiri atas laut jawa di sebelah utara, gunung Muria di sebelah barat dan gunung Lawu di sebelah selatan.

Gunung Lasem terletak di Kec. Lasem, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Gunung ini bisa didaki kapan saja (sepanjang tak memiliki larangan pendakian dari pihak berwenang).

9. Air Terjun Pasucen

Letak: Pasucen, Gunem, Kabupaten Rembang
Tiket:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 16.00 WIB

Air Terjun Pasucen via rembanginfo

Air Terjun Pasucen via rembang.informasi

Tidak hanya wisata dan pegunungan, Kab. Rembang juga memiliki objek wisata air terjun. Air Terjun Pasucen ini contohnya. Air terjun ini terletak di Wilayah Gunem, Desa Pasucen, Kec. Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Sejatinya air terjun ini memiliki bentuk yang sangat indah, yakni melebar membentuk beberapa aliran. Sayangnya karena agak kotor, kemolekan air terjun ini menjadi agak berkurang.

But, secara totalitas air terjun ini masih terkategori layak untuk disambangi kok!

10. Watu Layar

Letak: Wilayah Bonang, Kecamatan Lasem, Kab. Rembang

Watu Layar Rembang via Murianews

Watu Layar Rembang via Murianews.ocm

Tempat wisata di Rembang yang selanjutnya merupakan Watu Layar. Watu Layar ialah areal perbukitan yang menawarkan daya tarik utama berbentuk view laut pantura dari atas ketinggian.

Tidak hanya itu, pengelola tempat ini juga telah mengadakan bermacam rupa spot gambar yang sangat menarik.

Untuk mendukung aktifitas wisata di sini, pengelola telah mengadakan bermacam rupa sarana pendukung, seperti gazebo, jembatan kayu, lahan parkir, warung jajanan, dll.

Sampai info ini ditulis akses jalan mengarah objek wisata ini masih belum begitu bagus, yakni masih banyak yang rusak dengan kondisi medan yang cukup terjal. Untuk itu, jikalau mau berhasil ke sini, Anda kami sarankan untuk memakai kendaraan yang benar – benar prima.

Objek wisata Watu Layar terletak di Wilayah Bonang, Lasem, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Buka setiap hari, jam operasional tempat ini diawali pada waktu 7 pagi dan berakhir pada waktu 6 malam.

Untuk waktu terbaik mengunjunginya sendiri merupakan di sore hari, yakni menjelang waktu sunset.

11. Nyamplung Indah

Letak: Desa Tri Tunggal, Kec. Rembang, Kab. Rembang

Pantai Nyamplung Indah via IG @pildauss_09

Nyamplung Indah via IG @pildauss_09

Sempat dicap sebagai “ yang kurang baik” dan tidak layak untuk didatangi, Nyamplung Indah saat ini berhasil menjadi satu di antara tempat wisata yang paling rekomended di Rembang.

Ya, berkat segelontor perbaikan yang dilakukan oleh pihak pengelola, ini saat ini telah berevolusi menjadi yang indah, bersih dan pastinya juga nyaman untuk didatangi.

Kalau beberapa tahun yang lalu ini benar – benar terbatas sarana, saat ini fasilitasnya sudah sangat lengkap.

Malahan bisa dibilang ini sudah satu tingkatan dengan Karang Jahe yang notabene ialah destinasi wisata unggulan di Rembang.

Kalau mau berhasil berkunjung ke sini, yang berlokasi di Desa Tri Tunggal, Kec. Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah ini buka setiap hari dari mulai waktu 4 pagi sampai dengan waktu 6 sore.

Waktu terbaik untuk singgah ke ini merupakan di sore hari, yakni menjelang waktu sunset.

12. Waduk Panohan

Alamat: Desa Panohan, Kecamatan Gunem
Tarif:
Rp 15.000 / orang

waduk panohan

waduk panohan

Tempat piknik di Rembang yang selanjutnya merupakan Waduk Panohan. Waduk Panohan terletak di Desa Panohan, Kec. Sulang, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Sama seperti waduk – waduk lain pada biasanya, waduk ini pada awal mulanya hanya difungsikan sebagai tempat penampungan sekalian sarana pengatur pasokan air untuk areal persawahan yang berada di wilayah Rembang dan sekitarnya.

Baru-baru, tak cuma dimanfaatkan sebagai tempat penampungan air, waduk ini juga mulai digarap menjadi satu di antara tempat wisata yang sarat akan spot gambar yang memukau.

Uniknya, walau telah berstatus sebagai tempat wisata, hingga kini waduk ini masih bisa didatangi kapan saja sepanjang 24 jam non stop tanpa perlu membayar tiket masuk sama sekali.

13. Wisata Gunung Kajar

Letak:  Kajar, Kecamatan Lasem, Kab. Rembang

Wisata Gunung Kajar via Youtube

Wisata Gunung Kajar via Youtube

Bagi Anda yang mau berhasil menikmati indahnya panorama laut dari atas ketinggian, Anda sanggup berkunjung ke objek wisata Gunung Kajar yang terletak di wilayah Kajar, Lasem Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Dari puncak gunung ini Anda bisa memandang indahnya panorama laut pantura dari atas ketinggian bukit.

Tidak hanya itu Anda juga bisa diambil foto ria dengan latar belakang panorama alam dan spot – spot gambar khusus yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Karena letak tempat ini ada di dataran mahal, agar dapat sampai ke sini hadirin harus berjalan kaki sepanjang beberapa puluh menit.

Agak meletihkan memang, namun semua kerasa letih yang Anda rasakan dipastikan akan langsung terbayar lunas begitu Anda sampai ke puncak.

14. Waduk Lodan (Embung Lodan)

Letak: Lodan Kulon, Kec. Sarang, Kabupaten Rembang
Harga Tiket:
Free
Telepon:
0857 4080 0462

Waduk Lodan via rembang-info

Waduk Lodan via rembang.informasi

Tempat wisata di Rembang yang selanjutnya merupakan Waduk Lodan. Waduk Lodan yang juga kerap disebut dengan nama Embung Lodan ialah waduk yang difungsikan sebagai pengatur air bersih dan irigasi untuk wilayah Rembang dan sekitarnya.

Waduk ini ialah areal yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot pemancingan dan pas nangkring di akhir minggu.

Berstatus sebagai sarana umum, waduk yang terletak di Desa Lodan, Kec. Sarang, kab. Rembang, Jawa Tengah ini bisa didatangi kapan saja tanpa perlu membayar duit masuk sama sekali.

Hanya saja, jikalau mau berhasil mendapatkan pengalaman terbaik, Anda dianjurkan untuk datang ke waduk ini di pagi dan sore hari, yakni saat sinar matahari tidak begitu terik.

15. Pasir Putih Wates

Letak: Desa Tasikharjo, Wates, RW 03, Kaliori, Kab. Rembang

Pantai Pasir Putih Wates via Youtube

Pasir Putih Wates via Youtube

Pasir Putih Wates terletak di Desa Tasikharjo, Wates, RW 03, Kaliori, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Seperti nama yang dimilikinya, ini menawarkan daya tarik utama berbentuk areal pasir putih yang halus dan lembut.

Di areal pinggiran ini ada kawasan hutan cemara yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai dan berteduh dari teriknya sinar matahari.

Tidak hanya itu ada juga beberapa spot gambar yang memang berniat disediakan oleh pihak pengelola untuk para pelancong yang mau berhasil diambil foto.

Kalau mau berhasil datang ke sini, ini bisa didatangi setiap hari mulai waktu 7 pagi sampai waktu 5 sore.

Tiket masuknya sendiri terkategori sangat murah, yakni hanya 5 ribu rupiah saja per orang.

16. Binangun

Letak: Desa Binangun, Kecamatan Lasem
Harga Tiket: Free

Pantai Binangun via Rembangfokus.blogspot.com

Binangun via Rembangfokus.blogspot.com

Binangun ialah satu di antara spot terbaik untuk menikmati sunset di Kab. Rembang.  ini terletak di Wilayah Binangun, lasem, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Tidak seperti beberapa yang telah kita bahas sebelumnya, dimana mayoritasnya hanya difungsikan sebagai tempat wisata saja, tak cuma difungsikan sebagai tempat wisata, ini juga difungsikan sebagai tempat parkir kapal nelayan.

Walau keberadaan kapal nelayan di areal ini terkesan membuat areal menjadi tidak bersih, namun pemandangannya menjadi lebih unik dan variatif.

Dibuka untuk umum sepanjang 24 jam non stop, Binangun bisa didatangi secara cuma – cuma.

17.  Jati Sari

Letak: Desa Jatisari, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang
Tarif:
Free
Jam
Operasional: 08.00 – 18.00 WIB

Pantai Jati Sari via Rembangfokus.blogspot.com

Jati Sari via Rembangfokus.blogspot.com

Tempat wisata di Rembang selanjutnya merupakan jati sari yang terletak di Kecamatan Sluke. ini berlokasi di kawasan Pantura dan posisinya sangat dekat dengan pusat kota. Kamu hanya prelu berjalan sekitar 30 menit saja dengan mengendarai sepeda motormu. 

Sampai tulisan ini dibuat, untuk main-main disini kamu belum dikenai tiket masuk, hanya membayar untuk parkir saja. ini beken memiliki panorama panorama alam yang indah dan akan membuat kamu betah berlama-lama disini karena terdapat beberapa sarana penunjang yang nyaman.

18. Air Terjun Kali Mancur

Letak: Desa Gowak, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang
Tiket:
Rp 2.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB

Air Terjun Kali Mancur via rembangfokus-blogspot-com

Air Terjun Kali Mancur via rembangfokus.blogspot.com

Air Terjun Kali Mancur terletak di Desa Gowak, Kec. Lasem, Kab. Rembang, Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki panorama alam yang sangat indah, yakni berbentuk perpaduan air terjun dan bebatuan koral berdimensi besar.

Secara totalitas kondisi air terjun ini masih terkategori bersih dan alami. Sayangnya, di waktu kemarau aliran air di air terjun ini biasanya akan mengering. Untuk itu, jikalau Anda mau berhasil datang ke sini, Anda kami sarankan untuk datang saat waktu penghujan.

19. Air Terjun Kedung Grenjeng

Letak: Wilayah Jukung, Kec. Bulu, Kab. Rembang

Air Terjun Kedung Grenjeng via Yasiryarifat.wordpresscom

Air Terjun Kedung Grenjeng via Yasiryarifat.wordpress.com

Sama seperti Air Terjun Kali Mancur, Air Terjun Kedung Grenjeng juga terkategori sebagai satu di antara tempat wisata baru di Rembang yang belum banyak diketahui oleh pelancong.

Air Terjun ini terletak di Wilayah Jukung, Kec. Bulu, Kab. Rembang, Jawa Tengah. Secara totalitas air terjun ini benar – benar masih sangat alami.

Alirannya memang tidak begitu mahal namun wujudnya benar – benar sangat indah, yakni menyebar dan membentuk banyak aliran.

Sampai info ini ditulis, air terjun ini masih belum dikelola secara komersial. Makanya, jangan heran jikalau sarana dan akses jalan nya kurang mencukupi.

Oh ia, saat waktu penghujan air terjun ini biasanya akan menjadi agak keruh. Untuk itu, jikalau mau berhasil datang ke sini datang lah saat waktu kemarau.

20. Gunung Argopuro Lasem

Letak: Desa Rakitan, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang

Gunung Argopuro Lasem via Rembangfokus-blogspot-com

Gunung Argopuro Lasem via Rembangfokus.blogspot.com

Tempat wisata di Rembang yang selanjutnya merupakan Gunung Argopuro Lasem. Gunung Argopuro Lasem ialah satu di antara destinasi wisata sekalian destinasi hiking yang cukup tenar di golongan pecinta hiking Jawa Tengah.

Karena posisinya yang tidak begitu mahal, gunung ini kerap dijadikan sebagai letak pendakian para pendaki pendatang baru.

Secara totalitas panorama alam di gunung terkategori sangat bagus dan eksotis. Sayangnya karena kurang nya pemahaman pendaki, sebagian areal gunung ini sudah mulai tercemar sampah plastik.

Walau begitu, secara totalitas tempat ini masih tetap rekomended untuk didatangi lebih-lebih oleh Anda yang hobi mendaki gunung.

Kalau Anda tertarik untuk mendaki gunung ini, titik awal pendakiannya ada di Wilayah Rakitan, Sluke, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

21. Museum RA Kartini

Letak: Wilayah Kutoharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang

Museum RA Kartini via Rembangfokus.blogspotcom

Museum RA Kartini via Rembangfokus.blogspot.com

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan nama RA Kartini bukan? Ya, ia ialah salah seorang pahlawan yang sangat berjasa bagi kalangan perempuan Indonesia. Ya, seperti yang telah kami sebutkan di atas, Rembang ialah tempat kelahiran Bunda Kartini.

Kalau Anda mau berhasil bernapak tilas untuk mengenang jasa – jasa ia, Anda bisa datang ke Museum RA Kartini yang terletak di Wilayah Kutoharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Di sini Anda bisa memandang bermacam rupa barang yang pernah dipakai oleh RA Kartini.

Bangunan museum ini sendiri malahan ialah rumah milik keluarga Ia yang pastinya ialah saksi mata bisu perjuangan ia.

Kalau mau berhasil datang ke Museum RA Kartini, museum ini buka pada hari senin sampai sabtu dari mulai waktu 7 sampai dengan waktu 3 sore.

Khusus untuk hari minggu jam bukanya diawali pada waktu 9 pagi dan berakhir pada waktu 3 sore.

Untuk tiket masuknya sendiri ditetapkan sebesar 2 ribu rupiah per orang.

22. Wana Wisata Kartini Mantingan

Letak: Jalan. Raya Rembang – Blora, Ngepos, Mantingan, Bulu, Kab. Rembang
Tiket: Rp 5.000 / orang

Wana Wisata Kartini Mantingan via tempatwisatadaerah.blogspot.com

Wana Wisata Kartini Mantingan via tempatwisatadaerah.blogspot.com

Tempat wisata di Rembang yang selanjutnya merupakan Wana Wisata Kartini Mantingan. Wana Wisata Kartini Mantingan ialah satu di antara tempat wisata favorite di Rembang yang sangat tenar di golongan pelancong lokal.

Tempat ini menawarkan bermacam rupa daya tarik wisata, seperti: kandang rusa, kolam renang, hutan jati, dll.

Karena terletak di wilayah pedesaan, kolam renang yang berada di sini memiliki air yang bersih dan jernih. Tidak hanya itu sarana pendukungnya pula juga terkategori cukup banyak.

Letak Wana Wisata Kartini Mantingan ada di Jalan. Raya Rembang – Blora, Ngepos, Mantingan, Bulu, Kab. Rembang, Jawa Tengah. Tiket masuk ke tempat ini terkategori sangat murah, yakni hanya 6 ribu rupiah per orang.

23. Klenteng Cu An Kiong Lasem

Letak: Jalan Dasun nomor 19, Lasem, Rembang

Klenteng Cu An Kiong Lasem via Tribunnews

Klenteng Cu An Kiong Lasem via Tribunnews

Klenteng Cu An Kiong Lasem ialah satu di antara destinasi wisata religi terfavorit di Kab. Rembang. Klenteng ini terletak di Jalan. Dasun Nomor. 19, Pereng, Soditan, Kec. Lasem, Kab. Rombang, Jawa Tengah.

Secara totalitas, klenteng ini memiliki bentuk bangunan yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan bangunan klenteng pada biasanya.

Kebanyakan bangunan klenteng ini dicat dengan corak merah. Di bagian depannya ada gapura yang dihiasi dengan beberapa buah arca. Sampai info ini ditulis, klenteng ini masih aktif dipakai sebagai tempat sembahyang. Untuk itu, jikalau mau berhasil datang ke sini, pastikan Anda datang di luar jam – jam sembahyang.

24. Masjid Jami’ Lasem

Letak: Desa kauman, Kec. Lasem, Kab. Rembang

Masjid Jami’ Lasem via Kementrian

Masjid Jami’ Lasem via Kementrian

Tidak hanya Klenteng Cu An Kiong, Kabupaten Rembang masih memiliki beberapa tempat wisata religi lain. Salah satunya merupakan Masjid Jami’ Lasem.

Masjid Jami’ Lasem ialah masjid sekalian cagar budaya yang sarat akan nilai sejarah. Masjid ini ialah saksi mata bisu proses penyebaran agama Islam di wilayah Rembang dan sekitarnya.

Hingga kini belum ada catatan pasti yang memuat info terkait tahun pendirian masjid ini. Walau begitu, jikalau merujuk pada prasasti yang berada di masjid ini, diperkirakan masjid ini sudah ada sebelum Tahun 1260 – an Hijriah.

Letak Masjid Jami’ Lasem ada di Desa kauman, Kec. Lasem, Kab. Rembang, Jawa Tengah. Berstatus sebagai masjid, tempat ini bisa didatangi kapan saja sepanjang 24 jam non stop.

25. Wana Wisata Sumber Semen

Letak: Desa Jinanten, Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang
Harga Tiket:
Rp 2.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB

Wana Wisata Sumber Semen via Triptrus-com

Wana Wisata Sumber Semen via Triptrus.com

Tempat wisata di Rembang yang selanjutnya merupakan Wana Wisata Sumber Semen. Wana Wisata Sumber Semen Terletak di Desa Gading, Kec. Sale, Kab. Rembang Jawa Tengah. Tempat ini menawarkan daya tarik utama berbentuk kawasan hutan jati dan kolam pemandian buatan yang fresh.

Sempat tidak terurus, baru – baru ini tempat wisata ini telah direnovasi. Sayangnya, walau sarana yang ada selepas renovasi menjadi jauh lebih lengkap, namun ada banyak bagian esensi dari tempat ini (seperti gapura dan arca) yang dikeluarkan sama pihak pengelola. But, secara totalitas tempat ini masih tetap bagus dan rekomended untuk didatangi kok!

26. Lawang Ombo

Letak: Jalan. Sunan Bonang Nomor. 70, Pereng, Soditan, Kec. lasem, Kab. Rembang

Lawang Ombo via Brilionet

Lawang Ombo via Brilio.net

Lawang Ombo ialah objek wisata milik perorangan yang menawarkan daya tarik utama berbentuk barang – barang memiliki aset beradaban Tionghoa di era kerajaan.

Tempat ini berlokasi di Jalan. Sunan Bonang Nomor. 70, Pereng, Soditan, Kec. lasem, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Karena tempat ini dimiliki oleh perorangan, agar dapat masuk ke tempat ini Anda harus menghubungi pemiliknya dulu untuk membuat janji kunjungan.

27. Vihara Ratanavana Arama

Letak: Dusun Ngasingan, Desa Sendangcoyo, Kec. Lasem, Kab. Rembang

Vihara Ratanavana Arama via Berita3rembang.wordpresscom

Vihara Ratanavana Arama via Berita3rembang.wordpress.com

Tempat piknik di Rembang yang selanjutnya merupakan Vihara Ratanavana Arama. Vihara Ratanavana Arama terletak di Dusun Ngasingan, Desa Sendangcoyo, Kec. Lasem, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Vihara ini menawarkan daya tarik utama berbentuk permukiman ruang terbuka hijau yang dilengkapi dengan bermacam rupa bangunan arca.

Secara totalitas, vihara ini terkategori cukup besar dan luas. Lingkungannya sendiri masih sangat alami dan tertata dengan sangat bersih.

Kalau mau berhasil berkunjung ke vihara ini, Anda harus membuat permohonan ke pihak pengurus dulu.

Agak ribet memang, namun pengalaman wisata yang Anda punyai dipastikan akan setara dengan pengorbanan yang Anda bayar.

28. Petilasan Sunan Bonang

Letak: Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang
Tiket:
Rp 2.000 / orang
Jam Operasional:
24 jam

Petilasan Sunan Bonang via wikimedia-org

Petilasan Sunan Bonang via wikimedia.org

Petilasan Sunan Bonang terletak di sebelah timur Kota Rembang, tepatnya di Desa Bonang, Kec. Lasem, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Petilasan ini menawarkan daya tarik utama berbentuk makam Sunan Bonang. Untuk Anda yang belum tahu, Sunan Bonang ialah satu dari 9 wali yang sangat berjasa dalam proses penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa.

Konon, karena jasanya yang sangat luar biasa, cerita Sunan Bonang dan 8 wali tersebut masih terus dikisahkan ke generasi saat ini.

Ya, jikalau Anda mau berhasil berziarah ke makam ia, Anda bisa datang ke tempat ini.

Nantinya tak cuma berziarah Anda juga bisa membeli beraneka jenis oleh – oleh berbentuk ikan asin yang dijajakan oleh masyarakat sekitar.

Untuk masuk ke petilasan ini, hadirin tak mesti membayar tiket masuk. Tidak hanya itu waktunya pula juga bisa kapan saja.

29. Halaman Indah Balongan

Letak: Desa Balong Mulyo, Kec. Kragan, Kab. Rembang

Taman Indah Pantai Balongan via Youtube

Halaman Indah Balongan via Youtube

Tempat wisata di Rembang yang selanjutnya merupakan Halaman Indah Balongan. Halaman Indah Balongan terletak di Desa Balong Mulyo, Kec. Kragan, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Tempat ini menawarkan daya tarik utama berbentuk areal yang asri dan alami.

Ketimbang dengan beberapa destinasi wisata di Rembang yang yang lain, ini terkategori sangat mudah untuk diakses.

Sayangnya, sampai info ini ditulis, ini condong masih sangat terbatas infrastruktur. Beberapa sarana yang bisa dinikmati di ini merupakan tempat parkir, tempat makan, dan toilet.

30. Masjid Agung Alun – Alun Rembang

Letak: Jalan. Gatot Subroto, Kutoarjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang

Masjid Agung Alun – Alun Rembang via Singgahkemasjid.blogspotcom

Masjid Agung Alun – Alun Rembang via Singgahkemasjid.blogspot.com

Masjid Agung Alun – Alun Rembang terletak di Jalan. Gatot Subroto, Kutoarjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Masjid ini ialah satu di antara masjid tertua di Rembang. Style arsitektur yang diaplikasikan pada masjid ini ialah style arsitektur khas tradisional Jawa.

Karena posisinya yang dekat dengan alun – alun, saat berkunjung ke alun – alun, janganlah lupa singgah ke masjid ini ya!

31. Blog Perahu Kuno Punjulharjo

Letak: Jetak Belah, Punjulharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang

Situs Perahu Kuno Punjulharjo via Kemendikbub

Blog Perahu Kuno Punjulharjo via Kemendikbub.go.id

Tempat wisata di Rembang yang selanjutnya merupakan Blog Perahu Kuno Punjulharjo. Blog Perahu Kuno Punjulharjo terletak di wilayah Jetak Belah, Punjulharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini menawarkan daya tarik utama berbentuk perahu kuno yang diperkirakan telah berumur ratusan tahun (diperkirakan sudah ada sejak abad ke 7, yakni di era kerajaan Mataram Hindu).

Uniknya, walau telah berumur ratusan tahun, namun bentuk perahu ini masih sangat kokoh dan tidak menunjukkan pelapukan sama sekali.

Karena tempat ini sarat akan sejarah, tempat ini sangat rekomended untuk Anda yang hobi berkunjung ke tempat wisata sejarah maupun pula Anda yang selalu haus akan ilmu pengetahuan sejarah.

32. Pulau Gede Rembang

Alamat: Desa Wates kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang

Pulau Gede Rembang via Youtube

Pulau Gede Rembang via Youtube

33. Pulau Karang Gosong

Alamat: Desa Bonang – Lasem – Rembang, Wisata Pulau Gosong Rembang

Pulau Karang Gosong via Inilah

Pulau Karang Gosong via Inilah

*Ekstra, Wisata di Sekitar Rembang!

Selanjutnya beberapa tempat wisata di sekitar Rembang yang sayang juga untuk kamu lewati:

34. Rumah Tanaman Igir Wringin

Alamat: Desa Panusupan, Rajawana, Kecamatan Rembang
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
07.00 – 18.00 WIB

Rumah Pohon Igir Wringin via ngadem

Rumah Tanaman Igir Wringin via ngadem

Rumah Tanaman Igir Waringin ini juga layak lho untuk kamu sambangi, walaupun terletak di Kota Purbalingga, namun rumah tumbuhan igir Wringin ini dekat sekali dengan Rembang. Letak rumah tumbuhan ini terletak di perbatasan Karang Moncol.

Objek wisata yang satu ini akhir-akhir viral dan ngehits, karena banyak kanak-kanak muda mendatangi tempat ini setelah itu menguploadnya ke account sosial media mereka, sampai-sampai kilat viral dan beken. Walau baru, namun objek wisata ini sudah memiliki akses dan sarana yang mencukupi.

35. Bukit Pencu Blora

Letak: Desa Gandu, Bogorejo, Kabupaten Blora

Gunung Pencu via Inet

Gunung Pencu via Inet

Tempat wisata di Rembang yang selanjutnya merupakan Bukit Pencu Blora. Objek wisata di Blora yang satu ini selalu menjadi destinasi wisata bagi masyarakat Rembang, Pati, Demak, Kudus, Ngawi, Bojonegoro, dan Blora pastinya. 

Bukit ini ialah bukit wisata yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk menikmati panorama sunrise dan sunset.

Mirip seperti kebanyakan tempat wisata yang lain, Bukit Pencu Blora dibuka setiap hari dari mulai pagi hingga sore.

Walau begitu, jikalau mau berhasil ke sini, Anda kami sarankan datang di pagi maupun sore hari. Maka dari itu Anda bisa memandang panorama sunrise dan maupun sunset.

36. Juwana Water Fantasy

Alamat: Jalan. Juwana Rembang KM 7, Bumimulyo, Pati
Tarif:
Rp 45.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 17.00 WIB
Telepon:
0813 2602 5244

Juwana Water Fantasy via lutfiputra36-wordpress-com

Juwana Water Fantasy via lutfiputra36-wordpress-com

Terakhir, anda juga bisa mendatangi Juwana Water Fantasy yang terelak di Kabupaten Pati, namun letak JWF yang terletak di kecamatan Batangan ini posisinya lebih dekat dengan Rembang. 

Wahana intermezo air ini memiliki game yang terbilang lengkap dan mencukupi. Terdapat sekitar 37 wahana game air disini, bisa dibilang paling lengkap di Jawa Tengah. 

Juwana Water Fantasy via Youtube

Juwana Water Fantasy via Youtube

*****

Ya, seperti itu beberapa tempat wisata di Rembang yang bisa Anda coba untuk kunjungi di waktu luang bersama dengan keluarga, saudara, sahabat, maupun pula pendamping. Akhir kata, selamat melancong ke “Kota Garam”, dan semoga ekspedisi wisata Anda di Rembang bisa berjalan dengan bisa dengan mudah dan mengasyikkan ya!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *