30 Menu Buka Puasa dan Sahur Bulan Ramadhan

Posted on

Menu buka puasa dan sahur di Ramadhan akan menjadi hal yang perlu dipikirkan. Bulan yang sebentar lagi akan datang ini umat Islam diharuskan untuk berpuasa dari fajar hingga senja di mana umat Islam  tidak boleh makan, minum merokok, dan menerapkan aktifitas intim.
Dibawah ini merupakan himpunan menu masakan lezat yang dicintai yang dimakan oleh beberapa Muslim di seluruh wilayah Indonesia untuk dimakan saat sahur maupun berbuka puasa. Apa sajakah itu?30 Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan Makanan

Untuk Anda yang bimbang kelihatannya akan menyantap apa saja saat bulan puasa, himpunan masakan di bawah ini bisa membantu Anda.

1. Gudeg

30 Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan Makanan

Gudeg beken sebagai masakan tradisional dari Yogyakarta dan cocok untuk dimakan saat sahur maupun buka puasa. Satu menu gudeg bisa diisi dengan nangka muda, kerupuk, ayam, aneka sayur-mayur, dan sambal manis.

2. Gulai ikan

30 Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan Makanan

Gulai merupakan masakan tradisional Indonesia. Macam mana dengan kerasanya? Tak mesti ditanyakan lagi karena kerasanya sangat lezat. Disajikan dengan ikan yang dibumbui dengan bahan gulai, masakan ini siap dimakan saatsahur maupun buka puasa gulai ikan bukan masakan pedas, namun lebih seperti ikan pada lazimnya.

Gulai ikan tidak digoreng namun direbus di atas wajan maupun mangkuk besar. Kala selesai dimasak, nafsu makan Anda akan bertambah secara seketika karena baunya sangat damai.

3. Soto Lamongan

30 Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan Makanan

Soto Lamongan merupakan masakan tenar di Surabaya dan cocok untuk menu berbuka. Hidangan soto Lamongan memiliki kerasa yang lebih gurih dan kental dari bumbu koyanya. Anda bisa menaikkan ceker ayam, daging ayam, jeroan, dan brutu ayam.

4. Sayur Asem

30 Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan Makanan

Sayur asem merupakan sayur dengan kerasa yang asam dengan isi kacang tanah, nangka muda, melinjo, kacang panjang, labu, jagung, kaldu daging, dan tentu saja asam. Sayur asem juga diketahui sebagai hidangan khas Sunda dan Betawi yang cocok untuk menu berbuka atau sahur.

5. Bebek Mercon

30 Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan Makanan

Bagi Anda penyuka kuliner pedas, ada satu masakan yang tidak boleh ketinggalan dicicipi sebagai menu berbuka adalah Bebek Mercon. Masakan ini dibuat dari daging bebek yang disajikan dengan bahan-bahan yang sangat pedas.

6. Pecel Lele

30 Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan Makanan

Pecel lele merupakan masakan khas Indonesia yang sangat beken serta pula bisa ditemui di warung makan pinggir. Pecel Lele terdiri dari ikan yang  hanya diasinkan dan kadangkala digosok dengan ketumbar dan kunyit sesudah itu digoreng sampai.

Yup, yang membuat hidangan ini unik merupakan karena sambalnya sampai-sampai membuat hidangan ini semakin lezat. Hidangan ini juga kerap bersinggungan dengan kota Lamongan yang banyak sekali orang dagang yang menjual pecel lele datang.

7. Sop buntut

30 Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan Makanan

Sop buntut merupakan masakan berbentuk sup bening dengan buntut sapi yang dibumbui dengan kaldu ditambah wortel dan kentang dengan sedikit pala dan kayu manis. Seperti sup Indonesia yang ada, makan sop buntut ini paling damai diikuti dengan sepiring nasi hangat dan cabai cincang fresh serta kecap manis.

8. Rendang Sapi

30 Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan Makanan

Rendang sapi merupakan hidangan yang berasal dari Padang, Sumatra Barat yang beken karena pedasnya dan kekayaan kerasa rempahnya. Rendang secara harfiah berarti kari yang dimasak dalam santan dan bahan sampai sungguh-sungguh kering dan menciptakan tekstur yang lembut.

30 Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan Makanan

Tidak hanya itu adapula menu khas puasa ala Indonesia yang ada yang cocok untuk menu berbuka puasa atau sahur seperti :

  1. Cap cai
  2. Ayam goreng
  3. Ayam bumbu rujak
  4. Ayam kecap
  5. Hidangan mie
  6. Bebek goreng
  7. Botok
  8. Iga penyet
  9. Karedok
  10. Kepiting saus tiram

Minuman Berbuka Puasa

30 Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan Makanan
Minuman Berbuka Puasa

Tidak hanya masakan adapula minuman yang juga cocok untuk menu berbuka puasa di antara lain merupakan :

1. Es Dawet

Es dawet merupakan minuman es dengan isi dawet yang dibuat dari tepung beras, gula kelapa dan santan. Es dawet sendiri ialah es yang legendaris di Indonesia,

2. Es Cendol

Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang sama halnya dengan dawet adalah dibuat dari tepung beras dan disajikan dengan gula merah dan santan. Namun yang membedakancendol dengan dawet merupakan isiannya dan cendol juga ditambah dengan parutan es. Kerasa minuman ini sangat manis

3. Kolak

Kolak merupakan minuman yang sangat dirindukan saat berbuka puasa. Minuman ini berisi gula aren maupun kelapa, santan, dan daun pandan. Kolak juga mengandung bahan-bahan lain sebagai isiannya seperti pisang, ubi, pisang raja, dan labu.

4. Es Oyen

Es Oyen merupakan minuman yang dicampur dengan beberapa tipe buah-buahan. Bisa dikatakan es pyen memang mirip dengan sup buah di mana es topping dari es oyen merupakan buah alpukat, nangka, mangga dan kelapa, yang juga diberi santan dan susu kental manis.

5. Es Doger

Es doger merupakan minuman yang berupa merah muda dengan  ditaburi serutan kelapa dan ditambahkan dengan beberapa tipe taburan seperti tape serta pula ketan hitam.
30 Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan Makanan

Untuk Anda yang suka dengan seluruh hal yang berbau praktis dan tidak membutuhkan waktu banyak dalam mempersiapkan menu berbuka puasa dan sahur, berikut merupakan menu-menu masakan yang bisa Anda hidangkan untuk keluarga :

1. Nasi Krawu

Nasi Krawu merupakan gabungan nasi putih pulen dengan daging rebus, jeroan sapi, serundeng, dan sambal. Nasi krawu sangat cocok untuk dimakan saat sahur dengan nasi putih hangat yang dipadukan dengan aneka hidangan bumbu gurih yang akan memuaskan lidah dan perut Anda.

2. Ayam goreng

Ayam goreng merupakan hidangan khas Asia Tenggara yang terdiri dari ayam yang digoreng dengan minyak. Ayam goreng secara harfiah berarti “ayam goreng” yang lebih kaya bahan.

Ayam goreng Indonesia beberapa bumbu rempah yang membuat hidangan ini unik ketimbang ayam goreng dari negeri yang ada. Di Indonesia, ayam kampung merupakan tipe ayam yang biasanya dimasak untuk digoreng dan cocok disajikan sebagai masakan puasa  maupun sahur yang praktis.

3. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan satu di antara hidangan yang kira-kira sama kerasanya dengan nasi uduk dan dikira sebagai nasi tradisional Jawa. Nasi Liwet ini dimasak dengan santan dan kaldu ayam dan diberi daun salam, sereh dan lemon yang  memberi kerasa yang sangat kaya dan aromatik.

Untuk menu lauknya bisa dengan ikan asin, ayam goreng, daging sapi, tempe dan tahu sebanding sama selera Anda.

4. Nasi goreng

Siapa yang tidak mengenal nasi goreng? Nasi goreng merupakan hidangan yang paling beken dan Anda sanggup menaikkan sayur-mayur, ayam, potongan daging sapi, seafood, dan gabungan yang ada kedalam nasi. Mengerti kah Anda? Nasi goreng istimewa merupakan saat dicampur dengan acar

5. Indomie

Kerasa-rasanya Indomie maupun mie praktis merupakan menu buka puasa dan sahur yang sangat praktis untuk dimasak dan disajikan. Indomie juga memiliki begitu banyak kerasa sampai-sampai siapa saja bisa menentukan mana yang akan menjadi kerasa favoritnya.

Beberapa kerasa Indomie yang bisa diseleksi merupakan soto ayam, mie Aceh, rendang daging sapi, asli, rica-rica, dan beragam.

Tidak hanya menu masakan yang praktis, Anda juga bisa berupaya minuman di bawah ini untuk dihidangkan saat sahur :

6. Wedang Ronde

Wedang ronde merupakan minuman yang berasal dari Tiongkok dan telah dicampur dengan budaya khas Indonesia. Wedang Ronde sendiri saat ini menjadi minuman tradisional khas Jawa. Istilah Wedang Ronde sendiri mengacu pada air jahe panas yang disajikan dengan ronde.

Tidak hanya itu, olahan lain yang dipakai dalam wedang ronde merupakan gula kelapa yang diberi taburan kacang goreng, potongan roti, gula aren, dan sebagainya. Wedang Ronde sudah sangat umum bagi masyarakat Indonesia karena kerasanya yang damai.

7. Bajigur

Bajigur merupakan minuman hangat khas orang Sunda maupun Jawa Barat, Indonesia. Olahan utama minumam bajigur  merupakan gula aren, dan santan. Bisa juga minuman in ditambah dengan sedikit jahe, garam, dan bubuk vanila. Bajigur sendiri paling cocok untuk diminum dalam cuaca dingin dan sesudah hujan.

8. Sekoteng

Sekoteng merupakan minuman asli Jawa Tengah yang beken dengan minuman kerasa jahe yang panas. Olahan lain yang biasanya dicampur ke dalam sekoteng merupakan kacang hijau, kacang tanah, mutiara dan sepotong roti.

Biasanya sekoteng sangat nikmat seandainya disajikan pada sahur minuman ini sangat memuaskan untuk diminum sesudah hujan maupun dalam cuaca dingin.
30 Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan Makanan

Bagi Anda yang bimbang menentukan masakan apa saja yang cocok untuk menemani Anda semasih satu bulan ke depan, himpunan menu di bawah ini bisa membantu Anda :

MinumanMenu buka puasaMenu Sahur
Es TelerNasi UdukNasi Goreng
Es TehNasi Rendang SapiKwetiaw
Teh HangatNasi Gulai Kepala IkanBakmi Jawa
Es JerukNasi Gulai Ikan SalaiBakmi Surabaya
Jeruk HangatNasi Ikan Asam PedasNasi Ayam Goreng
Lemontea  Nasi Sop IkanNasi Ayam Bakar
BajigurNasi RawonNasi Oseng Tempe
SekotengNasi GurihNasi Oseng Kangkung
Wedang RondeNasi Soto AyamNasi Oseng Tahu
KolakNasi Soto SapiNasi Oseng Usus
Es DogerNasi Soto LamonganNasi Sayur Asam Kacang Merah
Es DawetNasi Sayur AsemMi Kocok
Es CendolNasi Sop BuntutKupat Tahu
Es OyenPempekNasi Pepes Ikan Mas
Bir PletokNasi Sop KambingNasi Bandeng Presto
KolakKetoprakMie Celor
Lemonade SarsaparillaBaksoNasi Semur ayam
Sop buahLontong Sate AyamNasi Talam Udang
Bandrek SusuLontong Sate SapiLontong Tahu Gimbal
Wedang JaheLontong Sate KambingNasi Goreng Babat
Wedang SecangNasi Empal GentongLontong Tuyuhan
Es CampurNasi Rendang KapauNasi Liwet
Es Kelapa MudaRica-Rica AyamNasi  Sayur Labu
Es KopyorNasi Nasi PindangNasi Mangut Lele
Wedang UwuhNasi TongsengMi Tektek
Es Selendang MayangNasi Bebek KremesNasi Urap
Es CincauNasi PecelNasi Garang Asem
Kunyit AsamNasi TimbelNasi Cah Kangkung
Es SirupNasi  JamblangNasi Telur Dadar dan Sambal

Bagi Anda yang bimbang kepingin berhasil ,menyantap menu buka puasa dan sahur semasih satu bulan, semoga himpunan menu di atas bisa bermanfaat. Selamat berkreasi.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *