25 Tempat Wisata Di Maluku Utara Yang mengasyikkan

Posted on

Provinsi Maluku Utara resmi menjadi sebuah provinsi pada bertepatan pada 4 Oktober 1999 yang terdiri dari 395 pulau, 64 berpenghuni dan 331 antara lain belum berpenghuni. Sebelum menjadi provinsi, Maluku Utara adalah bagian dari Provinsi Maluku ialah Kabupaten Maluku Utara dan Kabupaten Maluku Tengah. Di awal pendiriannya Provinsi Maluku Utara ini ber ibukota di Kota Ternate sepanjang 11 tahun, tepatnya pada tanggal 4 Agustus 2010 ibu kotanya dipindahkan ke Kota Sofifi yang berada di Pulau Halmahera. Provinsi Maluku sendiri memiliki segudang obyek wisata yang sangat pantas untuk anda kunjungi seperti wisata alam, wisata sejarah, dan masih banyak yang lainnya seperti di lansir dari objek wisata lengkap.

Di bawah ini beberapa Tempat Wisata Di Maluku Utara yang bisa Anda kunjungi dan bisa menjadi agenda pariwisata saat berada di Provinsi Maluku Utara;

1. MasjidSultan Ternate\

Tempat Wisata Di Maluku Utara yang pertama yaiut Masjid yang berada di kawasan Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Soa Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate ini menjadi bukti adanya Kesultanan Islam pertama di kawasan Timur Nusantara. Kesultanan Ternate menganut Islam sejak raja ke-18 ialah Kolano Marhum (1465-1486), setelah itu ditukar oleh Zainal Abdin (putra Kolano Marhum) 1486-1500.

Zainal Abidin menetapkan Kesultanan Islam dengan mengubah gelar Kollano menjadi sultan. Ia menetapkan Islam sebagai agama resmi kerajaan, memakai syariat Islam, dan membentuk lembaga kerajaan menganut hukum Islam dengan mengaitkan para Ulama. Sangat berdeda dengan masjid-masjid pada lazimnya, masjid ini juga disebut Sigi Lamo.

Masjid Sultan Ternate terkenal akan keunikannya yang memiliki aturan-aturan adat yang tegas, sepeti contohnya larangan mengenakan sarung/wajib memakai celana panjang bagi para jamaahnya, wajib mengenakan songkok, dan juga larangan bagi kalangan hawa untuk beribadah di masjid ini. konon ketentuan ini berasal dari petuah para leluhur (Doro Bololo, Dalil Tifa, Dalil Moro) yang sampai saat ini masih ditaati oleh warga Ternate.

2. MasjidAl-Munawwaroh

Masjid Al-Munawwaroh merupakan masjid yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Ternate di bibir tepi laut Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Masjid ini menjadi land mark kota tersebut, yang sangat mempesona di pandang dari laut dengan empat menaranya yang memiliki ciri khas tertentu. Pembangunanya memakan waktu yang tak singkat dari tahun 2003 dan selesai di tahun 2010.

Masjid Al-Munawwaroh menjadi Tempat Wisata Di Maluku Utara yang tampak eksotik dengan 4 tower setinggi 44 meter, 2 antara lain terencana dibangun dilaut. Maka dari itu, Masjid Al-Munawwaroh tercantum dalam jenis bangunan monumental dengan spesifikasi khusus. Dimana diantara beberapa olahan bangunanyadidatangkan langsung dari negeri Turki seperti halnya keramik dan lampu.

Di didirikan di atas lahan seluas 6 hektar, dengan luas masjid mencapai 9512 meter persegi dan sanggup menampung 15. 000 jamaah sekalian. Memang begitulah adanya, karena mengingat bahwa masyarakat Kota Ternate 95% antara lain beragama Islam.

3. Museum Kedaton Sultan Ternate

sesungguhnya merupakan bangunan peninggalan Kesultanan Ternate yang setelah itu di alih fungsikan menjadi sebuah museum. Letak museum ini berada di Bukit Limau, Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Sao Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara. Bangunan ini berbentuk segi 8 yang menyamai seekor singa duduk dengan 2 kaki depannya menghadap ke laut.

Banyak sekali koleksi yang dimiliki Museum Kedaton Sultan Ternate ini seperti koleksi barang geologi, etnografi, arkeologi, sejarah numistik, filologi, teknologi, seni rupa, dan keramik. bermacam aset Kesultanan Ternate misalnya mahkota, singgasana bercorak emas, alat-alat perang, perlengkapan upacara adat serta Al- Qur’an tulisan tangan.

Dari beberapa yang sudah disebutkan, ada satu keunikan dari mahkota aset Kesultanan Ternate yang memiliki rambut yang bisa berkembang seperti halnya rambut manusia. Untuk memotongnya, biasanya diadakan upacara ritual Islam pada hari raya Idul Adha dan mahkota tersebut diperkirakan sudah berumur 500 tahun sejak Sultan Ternate yang pertama.

4. Benteng Oranje

Sejarahnya, Benteng Oranje dibangun pada 26 Mei 1607 oleh Cornelis Matclief de Jonge dan di beri nama Oranje oleh Francois Wiltlentt di tahun 1609, ialah pada waktu Pemerintahan Sultan Mudaffar. Benteng ini asalnya dari sisa benteng tua milik BangsaPortugis yang ditempati orang Melayu dan setelah itu diberi nama Benteng Melayu.

Letak Benteng Oranje ini sangat strategis, ialah dipusat Kota Ternate, Kelurahan Gamalama (Jalan Hasan Boesoeri, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara). Lama kelamaan Benteng Oranje beralih fungsi sebagai posisi wisata benteng di Ternate yang mengasyikkan. Dulunya letaknya di samping laut, saat ini berada di tengah-tengah kota yang disebabkan adanya reklamasi serta bagian depan benteng dibuat halaman kota dan juga lokasi pertokoan.

5. Benteng Tolukko

Benteng Telukko juga sebuah benteng aset Portugis yang sampai saat ini masih berdiri kokoh di Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara. Menurut cerita yang tersebar luas, benteng ini dibentuk oleh seorang panglima Portugis bernama Fransisco Seorao di tahun 1540 guna sebagai pertahanan untuk menguasai cengkih serta dominasinya antara lain bangsa Eropa.

setelah itu pada tahun 1610 di ambil alih dan direnovasi oleh Pieter Both dan tepatnya di tahun 1864 benteng ini dikosongkan oleh Residen P. Van Der Crab karena bangunannya sudah rusak. Pada tahun 1996-1997 Pemerintah RI memugarkan kembali Benteng Tolukko ini yang dibentuk di atas fondasi batuan beku.

Benteng Tolukko tercipta dari 3 buah bastion ialah ruang bawah tanah, halaman dalam, lorong dan bangunan utama berbentuk segi 4. Bangunannya berkontruksi dari batu sungai, batu karang, pecahan batu bata yang direkatkan dengan campuran semen, kapur, dan pasir.

6. Benteng Kalamata

Benteng Kalamata dibentuk oleh seorang Bangsa portugis bernama Fransisco Serao ditahun 1540 guna menahan serangan Spanyol dari Rum, Tidore. Benteng ini juga kerap disebut sebagai Benteng Kayu Merah karena terletak di Kelurahan Kayu Merah, Kota Ternate Selatan. Awal jadinya di beri nama Santa Lucia namun banyak diketahui dengan sebutan Benteng Kalamata.

Sebutan kata Kalamata tersebutberasal dari nama Pangeran Kalamata, ialah adik dari Sultan Ternate Madarsyah. Konstruksi Benteng Kalamata berdesain menyamai 4 penjuru mata angin yangjuga memiliki 4 bastion berujung runcing serta memiliki lubang bidik. Benteng Kalamata berdiri dengan kokohnya di garis tepi laut, begian belakangbenteng nampak Pulau Tidore dan Maitara. Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Maluku UtaraYang mengasyikkan

7. BentengKastela

Kastela merupakan benteng pertama yang didirikan oleh Potugis di Maluku Utara yang berada di desa Kastela dekat pantai yang jaraknya kurang lebih 12 kilometer dari Kota Ternate. Nama asli dariBenteng Kastel merupakan Nostara Senora del Rosario yang memiliki arti wanita cantik berkalung bunga mawar. Pada tahun 1994 dibentuk monument Sultan Khairun untuk memperingatinya yang terbunuh oleh Portugis.

Monument tersebut berbentukcengkih dengan tinggi 5 meter yang terletak diantara bagian penompang yang berukuran 4×4 meter dan besar 4 meter. Relief yang tedapat di pilar-pilar ini melukiskan cerita Sultan Khairun dan Sultan Babulah.

8. Batu Angus

Yang di maksut Batu Angus disini merupakan sisa aliran lava yang berada di sisi kiri dan kanan jalan raya berlatar belakang Gunung Gamalama. Lava-lava beku ini bercorak hitam pekat dan perlu di ketahui bahwasannya Batu Angus bukanlah batu biasa. Memang sepintas nampak biasa, cobalah lihat dengan perinci makan kamu akan memandang keelokan lain dari kumpulan batu-batu tersebut.

Gumpalan bebatuan menyamai stalgmit ini nampak sangat unik yang dipadu dengan hijaunya Gunung Gamalama serta bentangan laut yang biru semakin cocok dipakai sebagai posisi selfie. Kebanyakan dari turis yang melewati jalan raya mengarah ke kawasan Gunung Gamalama akan menghentikan kendaraannya, guna untuk singgah sebentar sembari menikmati fenomaena alam yang langka ini.

Dari tempat ini para wisatawan bisa melihat keelokan laut dan Pulau Halmahera, yang diakibatkan tempat ini berada di dataran besar sampai-sampai bisa memandang panorama alam Kota Ternate. Sangat disayangkan bagi Anda, bila tak sudi singgah sebentar di Batu Angus yang sangat unik dan langka ini.

9. halaman Nukila

Nama halaman ini diambil dari nama seorang pejuang wanita Ternate yang pada saat itu melawan penjajahan Portugis. dia merupakan pejuang perempuan pertama di Indonesia, hal tersebut tertulis lengkap pada prasasti yang ada di halaman Nukila. halaman ini di resmikan oleh Walikota Ternate ialah dokter. H Burhan Abdurrahman SH pada bertepatan pada 30 Novemnber 2014.

posisi halaman Nukila berada di pinggir tepi laut yang memiliki pohon-pohon yang rindang, sangat cocok lah untuk mengisi hari libur. Di halaman ini juga ada sarana tempat bermain kanak-kanak dan dilengkapi dengan pedestrian yang cukup lebar. Karena adanya halaman Nukila ini membuat Kota Ternate semakin asri dan sejuk.

Baca Juga ” 9 Tempat Kuliner Idola di Yogyakarta yang Selalu Bikin Ketagihan

10. Gunung Gamalama

Gunung Gamalama ataupun yang akrab di sebut sebagai puncak Ternate merupakan gunung berapi yang ada di Provinsi Maluku Utara. Gunung ini menaruh pesona kecantikan yang luar biasa, tak heran bila banyak para penelusur alam yang sangat tertarik mendaki Gunung Gamalama ,. hamparan perkebunan cengkeh dan pala akan senantiasa menemani pendaki sepanjang ekspedisi.

Sesampainnya di puncak sepanjang mata memandang akan memandang landscape Pulau Ternate beserta pulau-pulau yang lain. Di puncak ini juga mampu ditemui mata air didalam lekukan batu sebesar Loyang besar, yang disebut air abdas. Usut punya usut dengan lantaran air tersebut mampu menyembuhkan bermacam penyakit. sampai-sampai warga Ternate mengkeramatkan mata air ini.

tidak hanya itupula terdapat kuburan leluhur masyarakat Ternate yang berumur ratusan tahun. tidak hanya turis, banyak warga Ternate yang mendaki Gunung Gamalama guna berziarah di makam tersebut. gunung Gemalama terletak di Kota Ternate, Maluku Utara, adapaun jalur pendakian bisa diakses dari beberapa desa di sekitarnya seperti Desa Moya, Desa Malikurubu, dan Desa Akehuda. Untuk jalur termudah mendaki yakni berada di Desa Mayo.

11. Pulau Morotai

tepi laut di Pulau Morotai sangat menajubkan, dikawasannya turis bisa menciptakan sekitar 25 titik penyelaman yang disetiap titiknya memiliki keelokan dan cirri khas tertentu. Selai itu daratan pasir putihnya juga seakan memenuhi segenap keelokan yang akan memanjakan semua mata wisatawan. Dan tak ketinggalan pula panorama nan menawan dari terbit dan tenggelamnya matahari dari Pulau Morotai.

Spot terfavorit di kawasan Pulau Morotai berada di Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil yang mana akan tersambung menjadi satu oleh pasir putih melengkung yang sangat unik saat air laut sedang surut. Biasanya para turis yang mau berhasil berkunjung ke Pulau Morotai di tempuh dengan penerbangan perintis dari Ternate ke Galela yang setelah itu dilanjutkan ke Morotai.

bila sudah berkunjung jangan sampai lupa membeli cindramata khasnya Pulau Morotai, berbentuk aksesoris dari olahan besi putih seperti kalung, gelang, cincin serta masih banyak beberapa barang yang akan membuat kamu tergoda untuk memilikinya.

12. Pulau Halmahera

Di ujung utara pulau ini terdapat bebatuan karang yang sangat indah dan juga terumbu karang beserta beragam biota dalam kondisi baik mampu ditemui diperairan ini. Disini pula kamu bisa menciptakan pasir putih dengan 2 tipe yang berbeda, kesat dan halus. Paronama alam sekitar dan airnya yang bening sangat cocok untuk bersantai, berenang ataupun snokerling bersama keluarga tercinta.

tidak hanya berenang ataupun bersantai di tepi pantainya, berjalan menyusuri pulau juga menjadi aktivitas yang tak kalah serunya yang sering jadi incaran turis. halaman Laut Tobotobo merupakan tempat yang memiliki halaman laut yang sangat sempurna indahnya sampai-sampai sangat amat dianjurkan untuk melaksanakan aktivitas snokerling ataupun diving.

13. Pulau Maitara dan Tidore

Kedua pulau inilah yang di peruntukan gambar pada mata duit Rp 1. 000 dan adalah pulau yang sangat memesona untuk kegiatan liburan. Untuk memandang keelokan kedua pulau ini alangkah baiknya dilihat dari Ternate ialah di Desa Ngade yang posisinya di selatan kota Ternate. Banyak pujian yang keluar dari para wisata, karenanya pulau ini kerap di peruntukan sebagai tempat Champ dan tempat kesukaan liburan.

Pulau ini juga bisa dijadikan sebagai wisata bahari yang sangat mengasyikkan dan asalkan kamu ketahui bahwa kita memang kurang terkesan dengan gambar dalam duit kertas Rp 1. 000 itu. Namun bila Travelers memandang secara langsung pasti akan terpukau dengan semua keelokan yang di sajikan oleh kedua Pulau Maitara dan Pulau Tidore tersebut.

14. Tepi laut Tobololo

Berlokasi disebelah kota utara Pulau Ternate yang tepatnya berada di Kelurahan Tobololo itu sendiri. tepi laut Tobololo bisa dibilang masih sangat alami yang disebabkan jarang sekali tersentuh oleh wisatawan. tepi laut Tobololo sendiri memiliki banyak keunikan yang berbeda degan pantai-pantai pada lazimnya.

Keunikan tersebut seperti dikala air surut maka nampak panorama alam lautan karang sepanjang 60 meter rasanya, sebaliknya dikala air laut pasang maka bisa dipakai untuk berselancar karena memang memiliki ombak yang cukup besar. Yang satu ini beda sama yang yang lain ialah terdapat sumber air panas.

Belum banyak orang tahu dimana keberadaan air panas tersebut, banyak titik-titik yang bisa kita temukan letak air panas itu seperti di sumur, didalam pasir serta dibalik batu karang. pastinya sangat luar biasa ya, air panas ini kerasanya tetap tawar walaupun berjarak 1 meter dari laut. Hal tersebut disebabkan air panas itu mengalir langsung dari Gunung Gamalama mengarah ke tepi laut Tobololo.

15. Tepi laut Kastela

tidak hanya terdapat destinasi wisata sejarah, di tepi laut ini wisatawan mampu menikmati panorama alam laut yang menawan dibawah rindangnya pepohonan sembari memandang pesona matahari terbenam. Tempat wisata ini masih jarang didatangi, namun keelokan yang di sajikan seakan tak ingin kalah dengan tempat-tempat wisata lain yang ada di kota Ternate.

saat melancong disini Anda mampu sekalian menikmati keelokan wisata sejarah dan wisata alam yang pastinya sangat eksotis. Sudah deh gak usah ragu, langsung saja wisata tepi laut Kastela catat didalam agenda rekreasimu. Semoga pengalaman liburanmu mengasyikkan sobat …!

16. Tepi laut Bobaneha Ici

posisinya di Kelurahan Afdator, Kecamatan tepi laut, yang jaraknya sekitar 23 kilo meter di sebelah selatan. Berada di tepi laut Bobaheha Ici ini turis sangat di sarankan agar tidak berenang, mengingat tepi laut tersebut memiliki ombak yang ganas serta banyak batu karang yang bertebaran di posisi pantainya. Namun jangan kecewa dulu, tempat wisata ini sudah dilengkapi sarana yang cukup memadahi.

Berada di tepi laut Bobaneha Ici cobalah untuk mencicipi wisata kulinernya dengan menu andalan ikan bakar yang khas dan siap untuk mengasyikkan perut anda. Warung makan mampu mudah di temui di sepanjang pinggir tepi laut, dengan dilengkapi suara debur ombak dan angin semilir menambah nikmat atmosfer.

bila mau berhasil bermalam, sudah ada beberapa tempat inap dan kolam renang. Jadi, meskipun tidak berenang di pantainya masih bisa berenang di kolam renangnya demi kenyamanan dan keselamatan.

17. Tepi laut Sulamadaha

tepi laut Sulamadaha merupakan tepi laut yang menjadi tujuan utama para turis saat menginjakkan kakinya di Kota Ternate ini. tepi laut Sulamadaha juga di juluki sebagai tepi laut Kaca, karena airnya yang sangat jernih terlebih lagi apabila ada perahu ataupun sejenisnya di pantainya akan nampak melayang. Tak perlu diving atau snokerling untuk memandang keelokan bawah lautnya.

Dari atas perahu sudah nampak jelas koral-koral terumbu karang berserta beragam biota laut yang menawan. Dengan keadaan airnya yang begitu jernih, menggoda siapa aja untuk berenang, diving, ataupun snokerling menurut selera masing-masing. Jadi, tunggu apalagi untuk melancong di tepi laut Sulamadaha bah surga ini? buruan.

18. Tepi laut Jikomalomo

tepi laut Jikomalomo memiliki pasir tepi laut putih yang terbentang sekitar 100 meter ini terletak di suatu teluk tersembunyi yang berhadapan langsung dengan Pulau Hiri. Inilah tepi laut yang sangat cocok didatangi bagi turis yang mencari ketenangan dan mau berhasil menyendiri sejenak. Air laut yang jernih bersih bagai suatu penghalang tembus pandang dengan menyajikan keelokan alam bawah laut.

Di kawasannya ini terdominasi oleh Hand Coral, tentunya adalah tempat buruan bagi mereka pecinta snokerling atau diving. Untuk mengaksesnya bisa memakai jasa speedboat untuk antar jemput, saat sudah sampai semua kealamian alam daratan ataupun lautan siap menyapa anda.

19. Tepi laut Kahona

Keunikan tepi laut Kahona ini merupakan adanya batu besar dengan lubang ditengahnya yang posisinya persis di bibir tepi laut. Memang belum banyak turis yang tahu lokasinya, tetapi tenang saja kamu bisa bertanya pada masyarakat sekitar pasti akan di tunjukkan arah jalannya. pastinya akan menemukan suatu pengalan berharga dan seru.

keelokan semakin merasa tatkala sudah sampai di tepi laut Kahona, dengan ciri has tepi laut yang sedikit berbatu kerikil.

20. Tepi laut Sasa

Jangan sampai lewati keelokan tepi laut sasa ini, ketika anda sudah berada di Provinsi Maluku Utara cobalah sesekali menghadiri tepi laut nan eksotik ini. Kamu akan dibuat betah singgah berlama-lama, karena panorama alam di kawasan tepi laut ini masih sangat tejaga alaminya. Intinya kunjungi dan nikmati keunikan demi keunikan yang ada di kawasannya.

21. Teluk Jailolo

Teluk jailolo yang bergelar Mutiara di Maluku Utara tersebut berada diantara Pulau Ternate dan Pulau Halmahera ataupun tepatnya di Halmahera Barat. Suatu tempat diving  yang pantas untuk anda kunjungi, kamu akan menciptakan bermacam hewan laut seperti hiu, kura-kura, gurita ikan hias, kerapu, dan masih banyak lainnya yang belum sempat kami sebutkan.

kira-kira saja lupa, kamu juga bisa memandang beragam tipe terumbu karang dan sejenis kerang-kerangan, ternyata sebagian dari mereka terdapat kerang langka. tidak hanya keelokan bawah laut, keelokan daratannya tersaji panorama alam Gunung Gamalama yang nampak menawan. Oh iya, setiap bulan Mei ataupun Juni, pemerintah Kabupaten Halmahera Barat selalu mengadakan Festival Jailolo yang di hadiri 100 penyelam lokal ataupun luar negeri.

22. Ternate Wonder Island

Inilah wahana intermezo yang sangat cocok dipakai sebagai tempat liburan bersama keluarga tercinta. Ternate Wonder Islan didirikan di kawasan Kayu Merah, Kota Ternate, Maluku Utara yang menyajikan beragam game air yang sangat seru. Tempat wisata ini di bangun pada tahap 1 dan baru selesai pada tahun 2013.

Beberapa wahana game yang sudah jadi di antara lain; Kolam Arus, Kolam Anak/Kiddy (lengkap dengan House, Ember Tumpah, dsb), Kolam Landing/Penerima, WaterSlide (Spiral Open Body, Race Slide), Gazebo (tempat istirahat), dan sarana pendukung lainnnya seperti ruang bilas, Toilet, Mushola, Food Court, dan seterusnya.

23. Goa Segea

Jaraknya kurang lebih 6 kilometer dari Sagea, Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah. Lebar pintu masuk sekitar 20 meter persegi dengan kedalamannya mencapai 30 kilometer. Di dalam goa di padati oleh batu stalaktit yang bercorak sangat unik. Hingga saat ini upaya penelusuran yang dilakukan oleh warga setempat dan regu pecinta alam belum pernah sampai ke ujung goa.

Semakin kedalam goa membutuhkan persediaan perbekalan yang cukup dan harus punya energi yang kokoh mengingat ekspedisi yang cukup jauh. Dari sekitar pemandangannya saja sudah sangat indah, disekitarnya terdapat sebuah sungai yang kerap didatangi warga dan menyebutnya sebagai Sungai Sagea.

Kebanyakan para turis yang mau berhasil berkunjung biasanya diawali dari desa yang berada 3 kilometer arah selatan ibukota ialah Kecamatan Pesisir tepi laut dengan memakai perlengkapan transportasi berbentuk Long Boat. Disitu akan nampak sebuah sungai, setelah itu Long Boat di tunjukkan merambah hulu sungai dan di sinilah tempat ekspedisi penelusuran goa diawali.

24. Air Terjun Cibcebi

Ini ia satu-satunya air terjun yang ada di Provinsi Maluku Utara yang lokasinya di lembah Sungai Waci-Pately. Ketinggian Air Terjun Cibcebi sekitar 14 meter yang airnya langsung mengalir ke Sungai Waci, sungai ini bermuara di tepi laut yang posisinya di antara 2 desa ialah desa Waci dan desa Pateley. Dari Desa Waci berjarak kurang lebih 8 kilometer dengan memakai perlengkapan transportasi berbentuk perahu bermotor menyusuri sungai, sekiranya membutuhkan 45 menit perjalanan.

25. Danau Laguna

Danau yang begitu memesona eloknya ini terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Maluku Utara. Danau Laguna juga kerap di sebut Danau Ngade, yang diakibatkan berada di Desa Ngade dan berjarak -+ 20 kilometer dari Kota Ternate. Danau tersebut menawarkan keelokan alam yang masih alami dan memesona bagi mereka yang berkunjung.

Kalian akan dimanjakan dengan bentangan panorama danau yang di sekitarnya dikelilingi bukit nan hujau, laut biru serta gunung yang eksotis. tidak hanya untuk wisata, Danau Laguna juga dimanfaatkan warga untuk budidaya ikan berjenis air tawar dan sebagai pengairan perkebunan. Dan tak ketinggalan sebgai obyek wisata pemancingan ataupun berenang bagi kalian yang menginginkannya. Make Your Trip

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *