23 Tempat Wisata di Sukoharjo Paling Hits 2019 Wajib Dikunjungi!

Posted on

Tempat wisata di Sukoharjo terkategori sangat beragam. Dari mulai wisata alam pegunungan, wisata air terjun, sampai dengan wahana games air, seluruhnya bisa ada di kabupaten ini.

Kabupaten Sukoharjo sejatinya adalah satu dari keseluruhan wilayah kabupaten tersempit di Jawa Tengah. Jumlah luas wilayah kabupaten ini tidak sampai 500 kilometer persegi, yakni hanya 466 kilometer persegi saja.

Uniknya, walau kecil, kabupaten yang memiliki slogan Sukoharjo MAKMUR (Maju, Aman, Konstitusional, Mantap, Unggul, dan Bersih) ini memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk didatangi.

Tidak hanya itu, kota ini juga diketahui memiliki penduduk yang ramah terhadap pengunjung. Oleh sebab itu kota ini benar – benar sangat rekomended untuk dijadikan sebagai satu dari keseluruhan wilayah tujuan wisata saat liburan.

Tempat Wisata di Sukoharjo yang Rekomended untuk Didatangi

Bagi Anda yang tinggal di Sukoharjo ataupun dalam waktu dekat akan selekasnya berkunjung ke Sukoharjo, berikut adalah beberapa tempat wisata di wilayah Sukoharjo dan sekitarnya yang rekomended untuk didatangi:

1. Dunia Air Pandawa

Posisi: Komplek Pandawa, Jalan. Cemara Raya, Gedangan, Grogol, Kab. Sukoharjo

Pandawa Water World

Pandawa Water World

“Ancolnya Sukoharjo”, mungkin seperti itu julukan yang cocok untuk tempat wisata hits di Sukoharjo yang satu ini.

Lantaran objek wisata ini menawarkan bermacam ragam wahana games air yang mirip seperti wahana games air di Halaman Wisata Jaya Ancol. Dari mulai seluncuran sampai dengan ombak buatan, seluruhnya bisa ditemui di sini.

Hal unik lain yang mungkin hanya bisa ditemui di Dunia Air Pandawa ialah keberadaan arca muka Pandawa yang berdimensi sangat besar.

Kalau datang ke sini janganlah lupa untuk diambil foto dengan latar belakang arca tersebut ya!

Posisi objek wisata Dunia Air Pandawa ada di Komplek Pandawa, Jalan. Cemara Raya, Gedangan, Grogol, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

Di hari kerja objek wisata ini beroperasi dari mulai jam 12 siang sampai dengan jam 6 sore, sebaliknya di hari libur dan akhir minggu jam operasionalnya diawali dari jam 8 pagi sampai dengan jam 6 sore.

Untuk tiket masuknya sendiri di hari kerja ditetapkan sebesar 80 ribu rupiah. Saat liburan dan akhir minggu akan dinaikkan 20 ribu rupiah menjadi 100 ribu rupiah per orang.

2. Ngadem di Curug Krajan

Posisi: Jalan. Kelir – Manyaran, Bangunsari, Jatingarang, Weru, Kab. Sukoharjo

Ngadem di Curug Krajan iva IG @frendyaditya

Ngadem di Curug Krajan iva IG @frendyaditya

Khusus untuk Anda yang pingin berhasil mencari ketenangan, tempat piknik di Sukoharjo yang satu ini bisa Anda peruntukan sebagai tujuan wisata Anda.

Di sini Anda akan disambut dengan atmosfer alam khas wilayah pedesaan yang masih sangat bersih dan asri.

Gemercik air terjun dibalut udara sejuk khas wilayah pedesaan akan memperkenalkan atmosfer nyaman, tenang dan damai.

Kalau ingin Anda bisa mandi dan berendam di aliran curug ini untuk semata-mata melaksanakan refleksi singkat guna menyirnakan kerasa pegal dan lelah di sekujur tubuh.

Untuk air terjunnya sendiri sedianya tidak begitu atas dan besar. Namun airnya sangat jernih dan lokasinya juga juga bersih sampai-sampai sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

Apabila tertarik untuk “nyantai” di curug ini, lokasinya ada di Jalan. Kelir – Manyaran, Bangunsari, Jatingarang, Weru, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

3. Royal Water Adventure

Posisi: Jalan. Raya Telukan Kilo meter. 08, Telukan, Grogol, Kab. Sukoharjo

Royal Water Adventure

Royal Water Adventure

Untuk Anda yang sudah berkeluarga dan pingin berhasil menghabiskan akhir minggu bersama dengan anak istri, di Sukoharjo ada objek wisata keluarga bernama Royal Water Adventure yang sangat cocok untuk Anda kunjungi.

Objek wisata yang berlokasi di Jalan. Raya Telukan Kilo meter. 08, Telukan, Grogol, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah ini menawarkan bermacam ragam wahana games air yang cukup menarik.

Sebut saja seluncuran dan ember tumpah. 2 wahana games air beken ini sudah ada di sini dan bisa dinikmati secara cuma – cuma.

Biasanya, objek wisata ini beroperasi setiap hari dari mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 7 malam. Tiket masuknya ditetapkan sebesar 20 ribu rupiah di hari kerja dan 30 ribu rupiah di hari libur dan akhir minggu.

4. Gunung Sepikul

Posisi: Wilayah Tiyaran, Bulu, Kab. Sukoharjo

Gunung Sepikul via IG @gretha0z

Gunung Sepikul via IG @gretha0z

Khusus untuk Anda yang hobi trekking ataupun juga pingin berhasil menikmati indahnya panorama alam alam Kab. Sukoharjo dari atas ketinggian, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata di Sukoharjo yang satu ini.

Namanya ialah Gunung Sepikul dan lokasinya ada di Wilayah Tiyaran, Bulu, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

Di sini Anda bisa menikmati indahnya panorama alam alam dan udara sejuk khas wilayah dataran atas.

Walau berstatus sebagai “gunung”, namun sejatinya tempat ini lebih mirip seperti sebuah bukit. Lama proses pendakiannya juga juga terbilang sebentar yakni kurang dari 1 jam petualangan (untuk pendatang baru) dengan medan pendakian ringan (tingkat pendatang baru).

Bagi Anda yang hobi berkemah, Gunung Sepikul juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk mendirikan tenda kemah lho! Lebih-lebih jikalau Anda pingin berhasil menikmati indahnya panorama sunrise di pagi hari (jikalau pingin berhasil berkemah Anda harus memohon ijin ke pihak pengelola).

Dibuka setiap hari dari mulai jam 6 pagi sampai dengan jam 6 sore, Gunung Sepikul bisa dimasuki dengan membayar duit tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah untuk sepeda motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Satu hal yang harus Anda ingat, kendaraan bermotor hanya bisa dipakai sampai ke titik awal pendakian gunung saja.

5. Spot Keren Dekameter Colo

Posisi: Desa Pengkol, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo

Spot Keren Dam Colo Foto Oleh Syarifa

Spot Keren Dekameter Colo Photo Oleh Syarifa

Tempat wisata di Sukoharjo yang selanjutnya ialah Dekameter Colo. Dekameter Colo adalah satu dari keseluruhan tempat wisata hits sekalian tempat nangkring di Sukoharjo yang selalu ramai didatangi oleh pengunjung, lebih-lebih dari golongan anak muda.

Tempat wisata ini sejatinya adalah dekameter ataupun bendungan yang difungsikan sebagai pengatur dan pengendali debit air.

Hanya saja, karena wujudnya yang unik (lebih-lebih di bagian bawahnya yang dipadati dengan jajaran batu tersusun), dekameter ini berhasil menarik atensi pengunjung untuk mengunjunginya sebagai tempat wisata.

Secara totalitas tidak banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini. Biasanya kebanyakan pengunjung datang ke sini hanya untuk semata-mata nangkring sembari mengambil beberapa take photo dengan latar belakang bendungan dan jajaran batu yang dimilikinya.

Posisi Dekameter Colo ada di Desa Pengkol, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah. Dekameter ini bisa didatangi kapan saja tanpa perlu membayar duit tiket masuk sama sekali.

6. Transformers Park

Posisi: Jasatirta, Banaran, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo

Transformers Park via IG @dhinarekakusuma

Transformers Park via IG @dhinarekakusuma

Transformers Park berlokasi di Wilayah Jasatirta, Banaran, Pabelan, Kartasura, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah. Halaman ini didirikan dengan konsep dasar yang dapat ide dari film robot transformers.

Hanya saja tidak seperti mobil – mobil di film transformers yang mayoritasnya didominasi oleh mobil elegan keluaran terkini, mobil – mobil yang terdapat di halaman ini mayoritasnya adalah mobil rongsokan yang sudah berumur puluhan tahun.

Saat ini Transformers Park telah berhasil menjadi satu dari keseluruhan tempat wisata instagramable di Sukoharjo. So, jikalau Anda pingin berhasil hunting photo unik, janganlah lupa untuk singgah ke objek wisata yang satu ini ya!

7. Alun – Alun Satya Negeri Sukoharjo

Posisi: Jetis, Sukoharjo, Jetis, Kec. Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo

Alun – Alun Satya Negara Sukoharjo via IG @alun_alun.skh

Alun – Alun Satya Negeri Sukoharjo via IG @alun_alun.skh

Tempat jalan – jalan di Sukoharjo yang selanjutnya ialah Alun – Alun Satya Negeri Sukoharjo.

Alun – Alun Satya Negeri Sukoharjo berlokasi di Wilayah Jetis, Kec. Sukoharjo, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

Alun – alun ini adalah satu dari keseluruhan spot nangkring beken di golongan anak muda Sukoharjo.

Di sini Anda bisa duduk santai di bawah tumbuhan rindang yang terdapat di pinggiran alun – alun sembari mengambil photo dengan latar belakang tulisan “Alun – Alun Satya Negeri Sukoharjo”.

Bagi Anda yang hobi berolahraga, alun – alun ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai posisi untuk joging ataupun juga bersepeda di pagi dan sore hari.

Berstatus sebagai sarana pemerintah, Alun – Alun Satya Negeri Sukoharjo bisa didatangi kapan saja tanpa perlu membayar tiket masuk sama sekali.

Walaupun begitu, waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini ialah di pagi hari dan sore hari, yakni saat sinar matahari tidak begitu terik.

8. Waduk Mulur

Posisi Waduk Mulur, Kec. Bendosari, Sukoharjo

Waduk Mulur via IG @rohmatul

Waduk Mulur via IG @rohmatul

Waduk Mulur adalah satu dari keseluruhan spot terbaik untuk menikmati panorama sunset ataupun matahari terbenam di Sukoharjo.

Karena lokasinya yang strategis, dari waduk ini panorama sunset bisa nampak dengan lebih jelas dan leluasa.

Tidak hanya itu, mirip seperti waduk – waduk lain pada rata-rata, Waduk Mulur juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot pemancingan.

So, jikalau Anda pingin berhasil menikmati sunset di Sukoharjo, hobi memancing, ataupun juga hobi hunting photo bagus, Waduk Mulur adalah tempat wisata yang sangat cocok untuk Anda.

Posisi Waduk Mulur ada di Wilayah Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Waduk ini dibuka untuk umum setiap hari tanpa batas waktu sama sekali. Untuk masuk ke posisi waduk ini wisatawan tak mesti membayar tiket masuk sama sekali.

9. Umbul Pecinan Batu Seribu

Posisi: Desa Gentan, Kec. Bulu, Kab. Sukoharjo

Umbul Pecinan Batu Seribu via Solopos

Umbul Pecinan Batu Seribu via Solopos

Tempat wisata di Sukoharjo yang selanjutnya ialah Umbul Pecinan Batu Seribu. Umbul Pecinan Batu Seribu berlokasi di Desa Gentan, Kec. Bulu, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berbentuk kolam pemandian yang dialiri dengan air bersih dari umbul ataupun mata air.

Di sini Anda bisa mandi, berenang, dan berendam sepuasnya sembari menikmati alam terbuka hijau wilayah sekitar.

Ya, karena letak pemandian ini ada di wilayah pedesaan, lingkungan alam sekitarnya masih dipadati dengan pepohonan besar, sampai-sampai suasananya merasa sangat alami.

untuk kondisi airnya sendiri karena berasal dari mata air, maka airnya benar – benar sangat bersih dan fresh.

Pokoknya jikalau Anda pingin berhasil berenang namun tidak suka berenang di kolam renang “berair kaporit”, tempat ini sangat rekomended untuk Anda.

Di hari wajar Umbul Pecinan Batu Seribu beroperasi setiap hari dari mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Buat dapat masuk ke pemandian ini, wisatawan hanya perlu membayar duit tiket masuk sebesar 4 ribu rupiah saja.

10. Telaga Biru Nan Indah

Posisi: Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Semin, Kab. Gunung Kidul

Telaga Biru Nan Indah via IG @masrang

Telaga Biru Nan Indah via IG @masrang

Telaga ini berada di perbatasan Sukoharjo dan Gunung Kidul, adalah satu dari keseluruhan tempat wisata baru di Sukoharjo yang sedang hits di golongan anak muda.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berbentuk areal perairan berbentuk telaga yang berliku – liku.

Karena bentuk alirannya yang berliku – liku tersebut, telaga ini menjadi nampak unik dan eksotis, sampai-sampai sangat cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk mengambil photo yang instagramable.

Secara totalitas lingkungan Telaga Biru yang berlokasi di Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Semin, Kab. Gunung Kidul, Jawa Tengah ini terkategori tidak begitu luas. Aliran airnya juga condong agak keruh sampai-sampai kurang layak untuk dijadikan sebagai posisi untuk mandi – mandi ataupun juga bermain air.

Walau begitu, karena panorama yang disajikannya sangat eksotis, tempat ini benar – benar sangat rekomended untuk disambangi, lebih-lebih oleh Anda yang pingin berhasil diambil foto – photo.

Di hari wajar, objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pagi sampai sore. Walau begitu, waktu terbaik untuk mengunjunginya ialah di sore hari, yakni menjelang waktu matahari terbenam.

11. Langgar Merdeka Laweyan

Posisi: wilayah Laweyan, Surakarta

Langgar Merdeka Laweyan via Jejakbocahilang.wordpresscom

Langgar Merdeka Laweyan via Jejakbocahilang.wordpress.com

Tidak hanya menawarkan banyak spot wisata alam dan wisata buatan (berbentuk wahana games air), Kab. Sukoharjo juga ikut menawarkan spot wisata sejarah dan religi. Satu di antara contohnya ialah objek wisata langgar Merdeka Laweyan yang akan kita bahas ini.

Langgar Merdeka Laweyan adalah bangunan mempunyai sejarah yang sebagian arealnya difungsikan sebagai langgar ataupun masjid.

Langgar ini terdiri atas 2 lantai, dimana lantai atas dipakai sebagai tempat ibadah dan lantai bawah difungsikan sebagai tempat tinggal untuk pihak pengelola.

Walau berstatus sebagai langgar ataupun mushola, tempat ini tidak mengenakan konsep arsitektur layaknya kebanyakan langgar yang lain. Alih – alih didirikan dengan perlengkapan kebanyakan langgar seperti kubah, langgar ini didirikan dengan bentuk heksagonal dan mirip seperti areal pertokoan.

Apabila dilihat dari areal bilik bagian luarnya, bangunan yang dikemudian hari difungsikan sebagai langgar ini pertama kali didirikan pada Bertepatan pada 7 juli 1877. Di awal pendiriannya bangunan ini tidak difungsikan sebagai langgar, sebaliknya sebagai areal pertokoan. Pemakaian bangunan sebagai langgar baru diawali di kisaran Tahun 1940 – an.

Uniknya, menurut info yang tersebar, sebelum dijadikan langgar ataupun mushola, bangunan ini dahulunya adalah bangunan toko yang difungsikan untuk memasarkan produk candu ataupun gram*nja.

Tidak hanya itu, nama bangunan ini juga sempat diganti saat Agresi Militer Belanda ke II. Pada waktu itu, nama langgar ini harus ditukar menjadi langgar “Al – Ikhlas” karena kata “Merdeka” pada waktu itu ialah kata yang sangat sensitif bagi Belanda.

Yup, macam apa? Anda tertarik untuk berkunjung ke sini? Apabila ya, dari Sukoharjo Anda harus berkendara ke Kota Sebelah (yang jaraknya tidak begitu jauh) yakni di Kota Surakarta, tepatnya di wilayah Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah.

12. The Heritage Palace – Pabrik Gula Gembongan

Posisi: Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo

The Heritage Palace via Tribunnews

The Heritage Palace via Tribunnews

Bukan cuma Jogja saja yang memiliki pabrik gula tradisional. Sukoharjo juga ternyata juga memilikinya, yakni Pabrik Gula Gembongan. Pabrik gula ini berlokasi di Wilayah Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Berbeda dengan Pabrik Gula Madukismo di Jogja yang sampai waktu sekarang masih terus beroperasi, Pabrik Gula Gembongan yang terdapat di Sukoharjo ini saat ini sudah tidak lagi beroperasi untuk memproduksi gula.

Untuk itu, saat berkunjung ke pabrik gula ini jangan harap Anda bisa menatap proses pembuatan gula secara langsung seperti halnya apa yang ditawarkan oleh pabrik gula Madukismo di Jogja.

“Lalu, apa yang menarik dari pabrik gula ini?”

Yang menarik dari pabrik gula ini ialah bentuk arsitektur bangunannya yang luar biasa megah dan sangat khas.Ya, karena didirikan di era pendudukan Belanda, Pabrik Gula Gembongan memiliki bentuk arsitektur bangunan yang luar biasa megah dan identik dengan bentuk bangunan khas daratan biru Eropa.

Tidak hanya itu, sejak Tahun 2018 yang lalu, pabrik gula ini juga telah diresmikan sebagai tempat wisata yang telah dilengkapi dengan bermacam ragam spot menarik. Sebut saja spot Museum 3D dan Museum Angkot.

Kedua museum tersebut menawarkan daya tarik yang unik, antik dan jelasnya juga klasik, mengingat seluruh barang koleksi yang terdapat di dalamnya adalah barang yang sarat akan sejarah tempo dulu.

Wahana lain yang tidak kalah menarik untuk didatangi di sini ialah Wahana Kids Town dan Omah Kwalik. 2 wahana tersebut menawarkan pengalaman wisata yang lengkap, yakni perpaduan antara wisata untuk anak – anak dan wisata untuk golongan anak muda.

Yup, jadi macam apa? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata di Sukoharjo yang satu ini?

Apabila ya, objek wisata ini beroperasi setiap hari dari mulai jam 9 pagi sampai dengan jam 6 sore.

Untuk tiket masuknya sendiri dibelah per spot wisata. Jadi jikalau pingin berhasil masuk ke beberapa spot wisata wisatawan harus membayar tiket masuk di setiap spot yang pingin berhasil dimasuki ataupun mengenakan tiket terusan yang bisa dipakai untuk beberapa wahana sekalian.

Untuk Spot museum transportasi tiketnya ditetapkan sebesar 40 ribu rupiah per orang. Untuk museum 3D sebesar 25 ribu rupiah per orang. Dan untuk tiket terusan ditetapkan sebesar 55 ribu rupiah per orang (hemat 10 ribu rupiah).

13. Geopark Batu Seribu

Posisi: Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo

Geopark Batu Seribu via IG @arista_na

Geopark Batu Seribu via IG @arista_na

Tempat wisata di Sukoharjo selanjutnya ialah Geopark Batu Seribu ataupun yang disebut juga wisata Pacinan terletak di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo.

Posisi tempat tamasya keluarga yang satu ini hanya berjarak sekitar 20 kilometer sebelah selatan Kota Sukoharjo. Akses mengarah posisi agak tidak mudah karena belum ada petunjuk arah untuk sampai di posisi.

Buat dapat masuk ke dalam geopark ini, kamu hanya membayar Rp. 2000, itupun untuk parkir kendaraanmu. Dari pintu loket kalian mesti berjalan sekitar 1,5 kilometer dengan jalan yang menanjak dan curam. 

Gimana cara mengarah ke geopark ini,  silahkan ikuti rute Solo-Wonogiri mengarah ke gerbang Obyek Wisata Batu Seribu. Ikuti petunjuk arah untuk mengarah ke Bukit Sepikul. 

14. Menikmati Panorama alam Indah di Gunung Taruwongso

Posisi : Desa Tengklik, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo

Gunung Taruwongso Foto IG @prasetyowahyu29

Gunung Taruwongso Photo IG @prasetyowahyu29

Buat kamu yang ingin mencari tempat tamasya di Sukoharjo yang berjudul alam, maka kamu layak untuk mendatangi gunung Taruwongso yang menawarkan panorama indah alam Sukoharjo dari ketinggian, memang gunung ini tidak begitu atas, namun kalau soal panorama alam dipastikan bakal membuat anda terpesona. 

Oh ya, untuk mencapai puncak gunung ini kamu tak mesti trekking lo, alasannya sudah ada jalan yang bisa dilalui kendaraan untuk sampai ke puncaknya. Dari sini anda dapat melihat  panorama alam kota Sukoharjo dari kejauhan, posisi ini juga sangat cocok untuk melihat sunrise.

15. Alaska Waterworld

Posisi: Desa Polokarto, Sukoharjo

Alaska Waterworld Sukoharjo

Alaska Waterworld Sukoharjo

Selanjutnya, alaska waterworld juga boleh anda peruntukan tempat wisata di Sukoharjo bareng keluarga tercinta, lebih-lebih kanak-kanak. 

Tempat bermain air yang terletak di Polokarto ini menawarkan tamasya dengan tema air untuk kamu. Apalagi wilayah Polokarto sendiri adalah kawasan yang cukup panas dan gersang, sampai-sampai objek wisata air boleh jadi pilihan yang cocok untuk kamu ngadem.

Objek wisata yang satu ini juga cukup lengkap lho fasilitasnya, disini terdapat:

  • kolam renang
  • kolam pemancingan
  • food court
  • prosotan
  • budidaya binatang

16. Petilasan Kraton Kartosuro

Posisi: Dusun II, Ngadirejo, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah

Keraton Kartasura via IG @wisatajateng

Keraton Kartasura via IG @wisatajateng

Petilasan kraton Kartosuro boleh jadi referensi wisata sejarah di Sukoharjo untuk anda. Sebagai bangsa yang memiliki sumber sejarah panjang, kita hendaknya mengenalkan pada anak dan keluarga kita, agar kita memiliki cakrawala dan pengetahuan yang luas.

Di wilayah Ngadirejo ini anda dapat menatap sisa-sisa keraton Kartosuro. Memang jumlah peninggalannya bisa dibilang hanya sisa-sisanya saja, karena ada banyak yang sirna dan berbeda fungsi menjadi pemukiman penduduk.

Disini anda dapat melihat aset keraton berbentuk tembok bata yang melingkari lingkungan dalam Kraton. Apabila kita ingin menjelajahi wilayah sekitar lingkungan tersebut kita bisa saja menciptakan beberapa aset dari Kraton yang berdiri pada tahun 1680 dan berakhir pada tahun 1742 ini. 

17. Petilasan Kraton Pajang

Posisi: Dusun I, Makamhaji, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Petilasan Keraton Kerajaan Pajang via IG @nnamariyana

Petilasan Keraton Kerajaan Pajang via IG @nnamariyana

Tidak hanya sisa aset keraton Kartosuro, kamu juga bisa menatap bukti sejarah aset kerajaan Pajang yang masih terletak di sekitar kawasan Kartasura. 

Kerajaan pajang sendiri eksis pada 1549 oleh Sultan Hadiwijaya ataupun biasa disebut dengan Jaka Tingkir. Kerajaan Pajang dahulunya sempat jaya dan menjadi sentra pemerintahan di Tanah Jawa, sebelum akhirnya mengalami kemunduran dan menghilang dari percaturan kerajaan di tanah jawa.

Disini anda dapat menciptakan  banyak sekali benda-benda yang berhubungan erat dengan pajang ataupun dengan Jaka Tingkir. Barang tersebut baik berbentuk lukisan ataupun benda-benda lain yang diduga memiliki jalinan erat dengan Jaka tingkir. Sembari melihat-lihat kita bisa berdiskusi dengan Juru Kuncen di petilasan tersebut mengenai sejarah pertumbuhan pajang dari awal berdirinya hingga akhir kemundurannya.

18. Kora-kora

Posisi: Desa Purbayan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo

Kora-kora Sukoharjo

Kora-kora Sukoharjo

Satu lagi tempat wisata di Sukoharjo yang menawarkan tamasya air yakni kora-kora. Tempat tamasya ini dibuat khusus untuk tempat intermezo bagi-anak. Lokasinya terletak di Desa Purbayan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Di tempat ini ada 4 kolam renang dengan ketinggian yang berbeda, sampai-sampai kanak-kanak anda bisa memilah selaras dengan ketinggian badan masing-masing.

19. Sendang Pinilih

Posisi: Sawah Jero, Jangglengan, Nguter, Sukoharjo

Sendang Pinilih JIBI Photo

Sendang Pinilih via JIBI Photo

Sendang pimilih adalah tempat tamasya air di Sukoharjo selanjutnya yang bisa anda kunjungi. Posisi objek wisata keluarga ini ada di Sawah Jero, Jangglengan, Nguter, Sukoharjo.

Sendang pinilih sendiri adalah kolam renang yang sudah dikembangan sebagai obyek wisata air bagi masyarakat Sukoharjo. Disini terdapat 3 buah kolam renang dan 1 kolam ikan yang terdapat di Sendang Pinilih ini. Buat dapat menikmati berenang disini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 7000 saja. Wah, sangat murah sekali ya, sendang pinilih ini boleh anda peruntukan sebagai tempat liburan alternatif yang muerah meriah dan menyenagkan jelasnya. 

20. Pemandian Air Hangat Langenharjo

Posisi: Desa Langenharjo, Rt 03 Rw II Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo

Pemandian Air Hangat Langenharjo via areasoloraya.blogspot.com

Pemandian air hangat Langenharjo yang sudah berdiri sejak lama, konon dibentuk oleh  keluarga Kerajaan Kasunanan Surakarta.

Karena kurang perawatan pemandian air hangat ini tidak lagi memiliki air hangat, karena rendahnya perawatan, sampai-sampai pipa air yang dipakai ada banyak yang keropos. Pemandian Air Hangat Langenharjo ini masih perlu ada pembenahan dari pihak terkait agar penampilannya lebih fresh dan bisa lebih diminati oleh pengunjung, karena mengandung nilai historis yang sangat atas.

21. Nangkring di Telaga Claket

Posisi: Nguter, Sukoharjo

Nongkrong di Telaga Claket via IG @theguhwe

Nangkring di Telaga Claket via IG @theguhwe

Buat kamu yang sedang mencari spot photo yang intagrammable, maka telaga Claket ini boleh jadi pilihannya. Telaga yang satu ini posisinya ada di perbatasan antara  Kabupaten Wonogiri dan Sukoharjo.

Walaupun tidak begitu luas, telaga claket ini menawarkan panorama indah dengan alam yang asri dan sejuk membuat tempat ini layak kamu peruntukan tempat untuk nangkring ataupun hangout.

Tidak hanya untuk nasris, telaga ini juga adalah spot memang kesukaan banyak mancing mania.  Bagi pengunjung yang ingin kesini, kamu tidak dipakai biaya masuk, hanya saja untuk diambil foto di jembatan kayu, kamu haru membayar Rp.5000 per orang. 

Untuk rute mengarah posisi yakni ambil arah jalan Raya Sukoharjo – Wonogiri (tepatnya di Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo) kamu cukup berkendara sekitar 15 menit. 

22. Pura Sahasra Adhi Pura

Posisi: Rt. 04 Rw. XV Sonosewu, Wirun, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo

Pura Sahasra Adhi Pura via indonesiafaiths.blogspot-com

Pura Sahasra Adhi Pura via indonesiafaiths.blogspot.com

23. Museum Pesanggrahan Langenharjo

Posisi: Jalan. Langen Harjo, Dusun II, Langenharjo, Grogol, Kabupaten Sukoharjo

Museum Pesanggrahan Langenharjo via grandmiralhotelcom

Museum Pesanggrahan Langenharjo via grandmiralhotel.com

****

Demikianlah ulasan mengenai himpunan tempat wisata di Sukoharjo yang layak untuk didatangi saat sedang libur ataupun weekend yang kami rekomendasikan. Semoga boleh jadi referensi tamasya untuk anda dan orang tercinta.

Jangan lewati juga: Saat Berwisata ke Agrowisata Kopeng Gunungsari Kalian Bisa lakukan 4 Aktivitas Menarik Ini

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *