19 Tempat Wisata di Sumenep Paling Hits 2019

Posted on

Tempat wisata di Sumenep – Di dunia pariwisata nasional dan internasional, nama Kabupaten Sumenep memang tidak begitu terkemuka. Walau begitu, bukan berarti kabupaten ini tidak memiliki kemampuan wisata sama sekali lho ya! Kemampuan pariwisata di Kabupaten Sumenep terlebih lagi bisa dibilang sangat luar biasa!

Mirip seperti wilayah sentral pariwisata lain seperti Yogyakarta dan Bali, Sumenep menawarkan tempat wisata yang sangat beragam. Dari mulai wisata , wisata pulau mini atau gili, sampai dengan wisata sejarah, seluruhnya bisa dijumpai di kabupaten ini.

Banyaknya jumlah tempat wisata di Sumenep tidak terlepas dari luas wilayahnya yang mencapai 2.093 kilometer persegi. Apabila ketimbang dengan wilayah kabupaten – kabupaten lain yang berada di Pulau Madura, Kabupaten Sumenep terkategori sebagai kabupaten dengan wilayah terluas.

Menurut data yang kami punyai dari web Wikipedia, nama kabupaten yang berulang tahun tiap Bertepatan pada 31 Oktober ini berasal dari 2 kata, adalah kata “Sung” yang berarti cekungan / lembah dan kata “eneb” yang berarti endapan. Bila digabung, maka maksudnya kurang lebih yakni lembah yang mengendap / tenang.Pemberian nama tersebut bukan tanpa sebab. Alasannya yakni karena – di Kab. Sumenep memiliki air yang tenang.

Tempat Wisata di Sumenep Madura

Khusus untuk Anda yang dalam waktu dekat pingin berhasil jalan – jalan dan bertamasya di Kab. Sumenep, berikut adalah beberapa tempat jalan – jalan di Sumenep yang cukup rekomended dan layak untuk Anda peruntukan sebagai tujuan wisata Anda:

1. Gili Iyang

Posisi: Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Biaya: 300 – 500 ribu per perahu

Gili Iyang via publishcontent.blogspotcom

Gili Iyang via publishcontent.blogspot.com

Tempat piknik di Sumenep yang pertama yakni Gili Iyang. Gili Iyang adalah pulau mini di Kab. Sumenep yang menawarkan udara tersehat di dunia.

Ya, menurut data yang berkitaran, pulau ini memiliki udara dengan kandungan oksigen paling tinggi (bukan hanya di Sumenep maupun Indonesia, namun juga) di seluruh penjuru dunia.

Tak cuma itu, tempat wisata di Sumenep yang satu ini juga memiliki pasir putih yang sangat panjang dengan air yang luar biasa bersih dan tenang.

Saat berkunjung ke pulau mini ini Anda bisa mengaplikasikan bermacam rupa kegiatan wisata menarik seperti sangai di pinggir , bermain air dan berenang, snorkeling, bertualang setiap areal pulau, hunting photo, menikmati sunset di sore hari, dan lain sebagainya.

Gimana? Tertarik untuk menginjakkan kaki di pulau ini?

Kalau ia, Anda harus rela merogoh kocek agak dalam untuk akses transportasinya. Ya, karena pulau ini berlokasi agak jauh dari Pulau Madura, buat dapat sampai ke Gili Iyang ini Anda harus menyewa perahu tradisional dengan tarif yang cukup menghabiskan kantong, adalah sekitar 300 ribu sampai dengan 500 ribu rupiah per sekali jalan.

2. Gili Labak

Posisi: Gili Labak, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep

Biaya: 600.000,00 – Rp. 800.000,00/ perahu (maksimal untuk 15 orang)

Gili Labak via IG @ditasubi

Gili Labak via IG @ditasubi

Masih kurang puas dengan keelokan dan udara segarnya Gili Iyang? Tenang, Kabupaten Sumenep masih memiliki Gili Labak yang tidak kalah memukau untuk didatangi, lebih-lebih untuk kamu para pecinta .

Berbeda dengan Gili Iyang yang garis pantainya hanya terdapat di beberapa sisi pulau saja, Gili Labak garis pantainya ada di kira-kira seluruh bagian sisi pulau.

Hebatnya lagi, seluruh areal pantainya benar – benar masih sangat bersih tanpa polusi sama sekali. Air pantainya pula juga tampak sangat jernih dan bercorak bening kebiru – biruan.

Beberapa areal di gili ini masih memiliki kawasan terumbu karang yang sangat bagus. Areal terumbu karang tersebut sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai letak untuk mengaplikasikan kegiatan snorkeling.

Sayangnya, meski pulau ini menawarkan daya tarik wisata yang sangat menarik, namun biaya yang diperlukan buat dapat sampai ke pulau ini terkategori luar biasa mahal.

Rata – rata ongkos sewa perahu (bisa dipakai maksimal 15 orang) ke Gili Labak yakni sekitar 600 ribu sampai dengan 800 ribu rupiah. Biaya tersebut masih belum tercantum duit makan dan duit – duit yang ada.

But, meski mahal, kompensasi yang ditawarkan oleh Gili Labak benar – benar sangat proporsional kok! Intinya, meski harus ngerogoh kocek agak dalam, kamu dipastikan tidak akan menyesal telah berkunjung ke pulau ini.

3. Gili Genting

Posisi: Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep

Gili Genting via IG @yusuf_e37

Gili Genting via IG @yusuf_e37

Tak cuma Gili Iyang dan Gili Labak, masih ada satu lagi objek wisata berbentuk pulau mini atau gili yang sangat rekomended untuk didatangi. Gili tersebut yakni Gili Genting.

Gili Genting menawarkan daya tarik utama berbentuk areal yang sangat bersih dan alami. Nama tersebut yakni Kahuripan.

Kahuripan memiliki panorama alam yang sangat luar biasa. Tidak seperti kebanyakan yang ada yang hanya menawarkan areal saja, Kahuripan juga ikut menawarkan areal dataran tebing dan areal bebatuan karang yang sangat eksotis.

Areal pinggiran pantainya ditumbuhi oleh pepohonan rindang yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk berteduh.

Karena hembusan angin di sekitar areal ini terkategori cukup kencang, Anda dipastikan akan sangat betah untuk duduk berleha – leha di pinggiran ini.

Kalau bosan, Anda bisa menyewa perahu tradisional milik masyarakat setempat untuk bertualang setiap mengitari pulau ini. Ya meski biayanya agak mahal, namun pengalaman yang akan Anda punyai akan sangat proporsional.

4. Pulau Sapeken

Posisi: kecamatan Sapeken, Kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep

Biaya: 125 ribu per orang

Pulau Sapeken via IG @bang.jep_

Pulau Sapeken via IG @bang.jep_

Pulau Sapeken adalah satu dari semua pulau terluar yang berada di Kepulauan Madura. Pulau ini menawarkan daya tarik utama berbentuk kawasan terumbu karang yang luar biasa luas.

Kabarnya, kira-kira 50 persen dari keseluruhan luasan terumbu karang di Kepulauan Madura dan Kangean terletak di areal pulau ini. Karenanya, pulau ini benar – benar sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot snorkeling.

Karena terletak di ujung sebelah timur Kepulauan Madura, waktu yang diperlukan buat dapat sampai ke Pulau Sapeken terkategori agak cukup lama.

Bila Anda berangkat dengan memanfaatkan kapal feri, waktu tempuh yang diperlukan kurang lebih yakni 18 jam. Kalau bersedia kilat, Anda bisa memanfaatkan kapal express yang waktu tempuhnya sekitar 4 jam ekspedisi dengan biaya sekitar 125 ribu rupiah per orang.

Walau lama, Anda tak harus khawatir. Lantaran ekspedisi Anda tidak akan merasa membosankan, mengingat panorama alam yang harus Anda lewati benar – benar sangat luar biasa eksotis.

5. Lombang

Posisi: Kec. Batang – Batang, Kab. Sumenep

Biaya: Rp. 7000,00

Pantai Lombang via IG @david_hikam

Lombang via IG @david_hikam

ini terletak di Kec. Batang – Batang, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur. Tempat jalan – jalan di Sumenep yang selanjutnya yakni Lombang.  Lombang adalah satu dari semua objek wisata paling favorite di Kab. Sumenep.

ini menawarkan daya tarik utama berbentuk garis yang panjang dan lebar. Tak cuma itu kondisi lingkungan sekitar ini pula juga masih sangat alami dan terpelihara dengan baik.

Wilayah pinggiran ini ditumbuhi oleh pepohonan cemara udang yang rimbun. Maka dari itu, Anda tak harus cemas kepanasan di sini, karena bisa berteduh di bawah tumbuhan cemara yang berada di areal pinggiran .

Apabila ketimbang dengan beberapa objek wisata yang sebelumnya, tempat wisata di Sumenep yang satu ini terkategori paling mudah untuk diakses. Dari pusat Kota Sumenep, ini hanya berjarak sekitar 25 kilometer saja dan bisa ditempuh dalam kurun waktu 20 – 30 menit ekspedisi memanfaatkan kendaraan bermotor.

Oh ia, tidak hanya mudah diakses, biaya tiket masuknya pula juga cukup murah lho. Untuk masuk, Anda hanya dituntut membayar duit retribusi sebesar 7 ribu rupiah dan duit parkir sebesar 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil. Sangat murah bukan?

6. Ambuten

Posisi: Desa Ambuten Barat, Kecamatan Ambuten, Kabupaten Sumenep

Biaya: Rp.7000

Pantai Ambuten via mzrick27.blogspotcoid

Ambuten via mzrick27.blogspot.co.id

Ada lagi indah di Sumenep yang terletak di Desa Ambuten Barat, Kecamatan Ambuten, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Kepingin berhasil difoto dengan latar belakang areal karang yang berongga kares terkikis ombak ? Bila ya, Anda bisa berkunjung ke Ambuten.

Di ini ada areal batu karang berongga (karena terkikis ombak ) yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai letak untuk difoto.

Berbeda dengan kebanyakan di Kab. Sumenep yang yang ada, Ambuten memiliki pasir yang bercorak coklat kemerahan.

Tak cuma itu, ombaknya pula juga relatif cukup teratas.

Laporan baiknya, sampai info ini ditulis, ini masih belum banyak diketahui oleh pelancong, akibatnya statusnya yakni tempat wisata baru di Sumenep.

Karenanya, kondisi alam di sekitar ini benar – benar masih sangat terpelihara dengan baik dan tingkatan keramaian pengunjungnya pula relatif cukup rendah.

Bila pingin berhasil berkunjung ke ini, Anda cukup membayar duit retribusi sebesar 7 ribu rupiah (sudah tercantum duit parkir kendaraan).

7. Bukit Agung Daramista

Posisi: Billa Tompok,Desa Daramista, Kec. Lenteng, Kab. Sumenep

Biaya: Rp.2000

Bukit Tinggi Daramista via IG @yussuf_al_maizar

Bukit Agung Daramista via IG @yussuf_al_maizar

Sama seperti Ambuten, Bukit Agung Daramista juga terkategori sebagai satu dari semua tempat wisata baru di Sumenep.

Kelainannya, jikalau Ambuten belum banyak diketahui oleh pelancong, Bukit Agung Daramista ada banyak diketahui oleh pelancong, baik itu pelancong lokal ataupun dari luar wilayah.

Tingginya atensi pelancong terhadap tempat wisata hits di Sumenep yang satu ini tidak terlepas dari panorama alam alam dan spot fotonya yang luar biasa menawan.

Ya, tidak hanya memiliki udara yang sejuk, bukit ini juga memiliki panorama alam alam dan bermacam rupa spot photo yang sangat menawan.

Tak cuma itu, untuk bisa menarik atensi pelancong, pengelola objek wisata ini juga sudah sediakan bermacam rupa sarana wisata yang unik dan menawan.

Dari mulai gubuk – gubuk kecil sampai dengan kolam buatan, seluruhnya telah disediakan oleh pihak pengelola sebagai sarana pendukung.

Kerennya lagi, meski lokasinya terletak di wilayah perbukitan, namun akses lokasinya benar – benar sangat mudah. Tiket masuknya pula juga terbilang sangat murah, adalah hanya 2 ribu rupiah per kendaraan.

Keren abis pokoknya!

8. Bukit Kapur Kombang

Posisi: Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur

Biaya: Rp.2000

Bukit Kapur Kombang via IG @linda_megawati89

Bukit Kapur Kombang via IG @linda_megawati89

Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menduga seperti apa tampilan tempat wisata di Sumenep yang satu ini bukan?

Ya, tempat wisata ini menawarkan areal bukit kapur yang mengundak – undak membentuk areal tebing.

Menurut data dari masyarakat setempat, bukit kapur ini dahulunya adalah areal pertambangan.

Karena sudah tidak produktif, tugasnya mulai dialihkan dari kawasan tambang kapur menjadi areal pariwisata yang terbuka untuk umum.

Bila dilihat sekilas dari kejauhan, areal bukit kapur Kombang akan tampak seperti bangunan kastil khas Daratan Eropa yang sarat akan bilik – bilik artistik.

Di sini, Anda bisa hunting photo dengan latar belakang areal bukit kapur dan sunset di sore hari.

Gimana? Apakah Anda tertarik untuk datang ke sini? Bila ya, janganlah lupa sediakan duit sebesar 2 ribu rupiah per orang untuk duit tiket masuknya ya!

9. Slopeng

Posisi: Jalan. Raya Ambuten Nomor. 34, Ambuten, Trebung Ghetteng, Desa Sema’an, Kec. Dasuk, Kabupaten Sumenep

Biaya: Rp.5000

Pantai Slopeng via IG @radhenstudios

Slopeng via IG @radhenstudios

Khusus untuk Anda yang pingin berhasil bertamasya bersama dengan keluarga dan anak – anak, ada sebuah tempat wisata keluarga di Sumenep yang sangat menarik untuk didatangi. Nama tempat wisata tersebut yakni Slopeng.

Slopeng adalah eksotis yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai letak untuk bermain air dan pasir di pinggir . Kenapa? Karena ini memiliki ombak yang relatif cukup tenang.

Tak cuma itu, objek wisata ini juga memiliki garis yang sangat panjang, adalah mencapai 6 kilometer dengan beragam sarana wisata yang lengkap.

Di golongan masyarakat Sumenep dan sekitarnya, ini diketahui sebagai satu dari semua tempat wisata favorite di hari libur dan akhir minggu.

Oleh karna demikian, jangan heran jikalau jumlah pelancong yang berkunjung ke ini membludak saat hari libur dan akhir minggu!

Untuk masuk ke ini pelancong tidak dikenai biaya tiket masuk. Satu – satunya biaya yang dipakai pada pelancong yakni biaya parkir kendaraan sebesar 5 ribu rupiah untuk sepeda motor dan 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda 4.

10. Kepulauan Masalembu

Posisi: Kec. Masalembu, Kab. Sumenep, Madura

Kepulauan Masalembu via Yusufwolfskin.wordpresscom

Kepulauan Masalembu via Yusufwolfskin.wordpress.com

Tempat wisata di Sumenep yang selanjutnya yakni Kepulauan Masalembu. Kepulauan Masa Lembu adalah areal kepulauan di Laut Jawa yang terdiri atas 3 pulau utama, adalah Pulau Masalembu, Pulau Masakambing dan Pulau Keramaian.

Mirip seperti pulau – pulau mini di Kab. Sumenep, Madura yang yang ada, Kepulauan Masalembu juga memiliki areal terumbu karang yang cukup luas.

Tak cuma itu, kepulauan ini kabarnya juga memiliki struktur biodiversitas habitat yang cukup lengkap.

Dari mulai terumbu karang, telu, rumput laut, pesisir litoral, sampai dengan areal umbalan seluruhnya bisa ditemui di kepulauan ini.

Oleh karna demikian, jangan heran jikalau kepulauan ini berhasil menjadi satu dari semua penopang sumber daya ikan dan non ikan di Kepulauan Madura.

Sayangnya, karena berbatasan langsung dengan laut lepas, areal di kepulauan ini condong memiliki ombak yang cukup teratas, akibatnya kurang cocok untuk dijadikan sebagai areal untuk bermain pasir ataupun pula berenang.

Walau begitu, secara totalitas, kepulauan ini tetap terkategori sangat rekomended untuk didatangi sebagai tujuan wisata.

11. 9

Posisi: Jalan. Raya Bringsang, Desa Bringsang, Kec. Giligenteng, Kabupaten Sumenep

Pantai Sembilan via IG @kades_bringsang

9 via IG @kades_bringsang

Sebelumnya kita telah membahas objek wisata Gili Genting yang terkemuka dengan Kahuripannya bukan?

Ya, tidak hanya Kahuripan, objek wisata gili tersebut juga memiliki lain yang tidak kalah menarik untuk didatangi lho! Nama pantainya yakni 9.

ini menawarkan sarana wisata berbentuk spot photo, ATV, camping ground, banana boat, dan bermacam rupa sarana wisata menarik yang ada.

Untuk kondisi pantainya sendiri bisa dibilang masih terkategori sangat asri, bersih dan alami dengan ombak yang tenang.

Karena lokasinya yang pas di ujung Pulau Genting, ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk menikmati indahnya sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari.

Agar pengalaman wisata Anda bisa lebih lengkap, saat berkunjung ke Gili Genting, janganlah lupa singgah ke ini ya!

12. Pulau Mamburit

Posisi: Sesa Mamburit, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep

Pulau Mamburit via Koran-madura.blogspotcom

Pulau Mamburit via Koran-madura.blogspot.com

Tempat wisata di Sumenep selanjutnya yakni pulau Mamburit yang terkemuka dengan keelokan pantainya yang sangat luar biasa. 

Pulau ini memiliki keelokan alam bawah laut yang tidak kalah seperti di Indonesia Timur sana, dengan hamparan pasir putih, air laut yang jernih serta terumbu karang yang begitu asri.

Jadi, buat kamu warga Jawa Timur, kamu tidak harus jauh-jauh ke Lombok ataupun Bunaken, karena di Sumenep juga ada kok tempat untuk diving ataupun snoekeling yang tidak kalah indahnya.

Ya, buat dapat mencapai pulau Mamburit ini kalian mesti menempuh ekspedisi laut dari pelabuhan batu guluk yang terletak di pulau Kangean, sekitar 20 menit. Pulau Mamburit ini juga menjadi satu dari semua dusun di desa Mamburit. Ia juga menjadi satu dari semua pulau diantara 126 pulau di Sumenep yang dikelilingi oleh pulau berdimensi kecil tanpa penunggu.

13. Halaman Adipura Kota Sumenep

Posisi: Lingkungan Delama, Pajagalan, Kabupaten Sumenep 

Tempat wisata di Sumenep selanjutnya yang kami rekomendasikan yakni halaman adipura kota Sumenep yang sangat asri dan rindang. Halaman ini boleh anda peruntukan tempat hangout ataupun nangkring sembari menikmati aneka jajanan yang tersaji di sekitarnya.

Halaman adipura ini bak oase di tengah padang pasir, gimana tidak, atmosfer kota yang identik dengan polusi, panas dan gersang diselingi dengan halaman rindang dan asri. Di halaman ini juga terdapat bermacam rupa bunga yang menambah keelokan halaman ini. 

14. Masjid Agung Sumenep

Posisi: Jalan Trunojoyo Nomor.354, Bangselok, Malang, Dalem Anyar,Kabupaten Sumenep

Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep ini memiliki sejarah panjang yang menjadi ikon Kabupaten Sumenep. Masjid megah yang identik dengan corak kuning ini menjadi pusat wisata religi yang tidak boleh kamu lewati.

Masjid agung ini begitu memukau dan memiliki arsitektur yang perlente. Posisinya langsung menghadap ke alun-alun kota Sumenep.

15. Museum Keraton Sumenep

Posisi: Jalan Dokter. Sutomo nomor 6, lingkungan Delama, Pajagalan, kota Sumenep

Museum Keraton Sumenep via IG @wecaresumenep

Museum Keraton Sumenep via IG @wecaresumenep

Sebelum lahirnya negeri Indonesia, kita sudah terlahir sebagai bangsa yang terdiri dari bermacam budaya dan sistem kerajaan, dan sekarang kita sepakat melebur menjadi Indonesia.

Ya, sebagai bangsa yang punya banyak nilai historis, kita tidak boleh melupakan nilai historis kita begitu saja. Museum keraton Sumenep dapat jadi tempat tamasya anda dan keluarga untuk membudayakan kanak-kanak akan nilai sejarah yang sangat berharga.

Silahkan anda datang ke museum ini yang terletak di jalan Dokter. Sutomo nomor 6, lingkungan Delama, Pajagalan, kota Sumenep. Museum ini buka setiap hari dari Senin sampai Minggu. Ada juga jam buka mulai jam 07.00 sampai jam 15.30 WIB. Bila kamu berkunjung ke halaman Adipura, maka kalian boleh sekalian mendatangi museum ini. Jaraknya hanya berkisar 100 meter dari sana.

16. Badur

Posisi: Desa Batu Putih Kabupaten Sumenep

Pantai Badur via IG @khumairoelsyaf

Badur via IG @khumairoelsyaf

Ternyata masih ada di Sumenep yang bisa kita peruntukan tempat tamasya lho, adalah Badur. ini terletak di Desa Batu Putih Kabupaten Sumenep. Memang ini tidak begitu terkemuka, karena terletak di wilayah pedesaan akibatnya masih begitu terekspos.

Namun sedianya ini cukup dekat lokasinya dengan pusat kota Sumenep, hanya berjarak sekitar 18 kilometer saja, dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai 35 menit dari pusat kota Sumenep. 

17. Air Terjun Durbugan

Posisi: Desa Aeng Merah, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep

Air Terjun Durbugan via IG @adityaprada8990

Air Terjun Durbugan via IG @adityaprada8990

Tempat wisata di Sumenep selanjutnya yakni berbentuk air terjun, adalah air terjun Durbugan yang memiliki nuansa asri dan menyejukkan siapa saja yang datang.

Air terjun ini cocok dijadikan destinasi wisata alam untuk merilekskan kembali badanmu yang penat karena kegiatan padat sepanjang sepekan ini. 

Air terjun yang terdapat di Desa Aeng Merah, Batuputih ini memiliki keelokan yang bakal membuat kamu betah berlama-lama disini untuk cuma difoto dan berendam di kolamnya.

18. Padang Lamun, Melihat Panorama alam Unik dari Pulau Sapudi

Posisi: Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep

Padang Lamun Sapudi via IG @sapudi.id

Padang Lamun Sapudi via IG @sapudi.id

Tempat wisata di Sumenep yang terakhir yang kami rekomendasikan yakni padang lamun yang menghampar luas di tepi peraian laut dangkal. Padang lamun ini tampak menyamai tanaman rumput laut, namun ini berasal dari 6 flora berbeda. Oh ya sob, disini kamu juga bisa menykasikan keelokan menikmati ikan-ikan kecil, terumbu karang serta hutan mangrove di sekitar kawasan ini.

19. Ropet

Posisi: Banraas, Dungkek, Kabupaten Sumenep

Pantai Ropet via IG @masdito_

Ropet via IG @masdito_

Gimana? Sangat banyak sekali ternyata ya tempat wisata di Sumenep itu. Jadi ngapai jauh-jauh liburan ke luar negeri kalau ternyata di dalam negeri saja keelokan alamnya tiada tara seperti di atas. Mari kita lestarikan parwisata lokal agar semakin terkemuka dan banyak didatangi lagi.

Demikianlah ulasan mengenai himpunan tempat wisata di Sumenep yang kami rekomendasikan untuk anda. Semoga bisa jadi tempat liburan anda dan keluarga tercinta. 

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *