17 Tempat Wisata di Sampang Madura Paling Hits yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Sampang –Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan Pulau Madura bukan? Yup, wilayah yang akan kita bahas kemampuan wisatanya kali ini merupakan satu dari semua bagian dari Pulau Madura.

Sampang ialah satu dari 4 wilayah kabupaten yang berada di Pulau Madura. Secara administratif kabupaten ini ialah bagian dari Provinsi Jawa Timur.

Mirip seperti wilayah – wilayah di Pulau Madura yang yang ada, kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan potensial.

Dari mulai wisata , wisata pegunungan, sampai dengan wisata sejarah, semua tersaji di kabupaten ini.

Secara jumlah, kabupaten ini memiliki luas sekitar 1.233 kilo meter persegi yang dipecah atas 14 wilayah kecamatan, 6 wilayah kelurahan, dan 180 wilayah desa.

Kabupaten ini memiliki flora dan fauna endemik yang cukup unik, ialah berbentuk Jambu Mawar dan Kera Nepa.

Tempat Wisata di Sampang Jawa Timur

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, Sampang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk disambangi. Beberapa di antara lain merupakan sebagai berikut:

1. Pulau Mandangin

Pulau Mandangin via IG @amufids

Pulau Mandangin via IG @amufids

Apabila Kota Jakarta memiliki Pulau Tidung, Kab. Sampang memiliki Pulau Mandangin yang tidak kalah menarik untuk disambangi.

Pulau ini menawarkan daya tarik utama berbentuk pasir putih yang sangat bersih dan air laut yang jernih bercorak kebiru – biruan.

Uniknya, meski memiliki panorama yang indah, pulau ini pernah memiliki sejarah yang kelam lho!

Kabarnya jauh sebelum pulau ini dijadikan sebagai satu dari semua destinasi wisata tenar di Sampang, pulau ini lampaunya ialah pulau pengasingan.

Tidak tanggung – tanggung, orang yang diasingkan ke pulau ini merupakan mereka yang terkena penyakit menjalar dan mematikan ialah penyakit lepra.

Walau terkesan agak mengerikan, namun Anda tak wajib khawatir. Alasannya stori tersebut sudah benar – benar selesai, akibatnya keamanan pulau ini sangat terjamin.

Oh ia, karena lokasinya yang terpisah dengan Pulau Madura, buat dapat sampai ke pulau eksotis ini Anda bersedia tidak bersedia harus menyeberang mengenakan angkutan perahu tradisional yang disediakan oleh masyarakat setempat.

Wajarnya dalam kondisi cuaca bagus waktu petualangan yang diperlukan buat dapat sampai ke pulau ini merupakan sekitar 30 menit. Darmawisata akan diawali dari Pelabuhan Tanglok, Sampang. 

Tidak hanya wisata menikmati indahnya disini, ada baiknya juga bila kalian membawa pancing dan umpan untuk memancing disini. Yup, akan tambah seru lagi kalau membawa perkakas untuk memanggang ikan, wah, liburan pasti jadi tambah seru.

2. Camplong

Posisi: Desa Dharma Camplong, Kab. Sampang (8 kilo meter sari pusat Kota)

Pantai Camplong via IG @waonezegas

Camplong via IG @waonezegas

Khusus untuk Anda yang mau berhasil menikmati makan siang maupun pula makan malam romantis bersama dengan pendamping, di Sampang ada objek wisata bernama Camplong yang sangat cocok untuk dipakai sebagai posisi untuk merealisasikan kemauan Anda tersebut.

Kenapa? Karena ini memiliki areal tempat makan yang menjorok ke perairan .

Tempat tersebut menawarkan atmosfer makan yang sangat keren dan pastinya juga romantis, paling utama di sore hari, ialah saat menjelang waktu matahari terbenam.

Untuk kondisi pantainya sendiri hingga kini masih terbilang cukup bagus dan asri.

Bagian bibir ini banyak ditumbuhi oleh tanaman cemara yang rimbun.

Tidak hanya itu, karena posisinya yang strategis, ini juga ikut menawarkan panorama sunset yang luar biasa eksotis lho!

Di hari wajar ini bisa didatangi kapan saja semasih 24 jam non stop. Walau begitu waktu terbaik untuk mengunjunginya merupakan di sore hari, ialah menjelang waktu matahari terbenam.

Apabila Anda mau berhasil berkunjung ke ini lokasinya ada di Desa Dharma Camplong, Kab. Sampang, Madura, Jawa Timur (dari Pusat Kota Sampang hanya berjarak sekitar 8 kilo meter saja).

3. Waduk Klampis

Posisi: Desa Kramat, Kecamatan Kedundung, 9 kilo meter kota Sampang

Waduk Klampis via Sampangwebid

Waduk Klampis via Sampang.situs.id

Tempat wisata di Sampang yang selanjutnya merupakan Waduk Klampis. Waduk Klampis ialah satu – satunya waduk yang berada di Pulau Madura.

Ya, karena Pulau Madura tidak sangat luas (bila ketimbang dengan Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dll), maka jumlah waduk yang tersaji di pulau ini pula juga tidak banyak.

Waduk ini difungsikan sebagai tandon penampungan air yang nantinya akan difungsikan untuk keperluan irigasi areal persawahan sekalian pemasok air ke wilayah – wilayah sekitar.

Akhir-akhir, karena panoramanya yang cukup bagus, waduk ini juga kerap dijadikan sebagai tempat nangkring di Sampang oleh para kawula muda.

Di sore hari banyak anak muda wilayah yang duduk – duduk di pinggiran waduk ini untuk hanya bersantai dan bercengkerama bersama dengan sahabat.

Tidak hanya itu ada juga yang menggunakannya sebagai posisi untuk memancing.

Karena di waktu – waktu tertentu jumlah pengunjung yang datang ke waduk ini cukup banyak, baru-baru masyarakat sekitar waduk ini mulai mengadakan sarana perahu sampan yang bisa disewa oleh pengunjung untuk bertualang setiap areal waduk.

So, bila Anda mau berhasil berkunjung ke sini, janganlah lupa untuk bertualang setiap areal waduk ini mengenakan sampan ya!

4. Makam Ratu Bunda

Posisi: Desa Polangan, Kab. Sampang, Madura

Makam Ratu Ibu via Kompasiana

Makam Ratu Bunda via Kompasiana

Makam Ratu Bunda yang juga diketahui dengan nama lain Kuburan Madegan ialah satu dari semua tempat wisata religi dan sejarah yang cukup tenar di golongan masyarakat Sampang dan sekitarnya.

Makam ini ialah makam khusus untuk para bangsawan Sampang. Orang – orang yang dimakamkan di sini merupakan mereka yang telah berjasa sekalian pernah mengetuai wilayah Sampang.

Walau saat ini Sampang sudah tidak dijalankan dengan sistem kerajaan, namun masyarakat Sampang masih tetap menghormati keberadaan makam ini.

Perihal tersebut kelihatan dari kondisi Permukiman Makam Ratu Bunda yang sangat bagus dan terjaga. Sebenarnya beberapa bagian makam ini telah berumur puluhan maupun malahan ratusan tahun.

Apabila Anda ialah tipikal pengunjung yang hobi berkunjung ke tempat wisata sejarah, Makam Ratu Bunda ini wajib Anda masukkan ke dalam himpunan tujuan wisata Anda semasih di Sampang.

Di sini Anda sanggup berziarah sekalian mendapatkan data yang terkait dengan sejarah Kab. Sampang, paling utama yang terkait dengan orang – orang penting yang dikebumikan di makam ini.

Posisi Makam Ratu Bunda ada di Desa Polangan, Kab. Sampang, Madura, Jawa Timur.

Di hari wajar tempat piknik di Sampang ini bisa didatangi setiap hari dari mulai pagi sampai sore.

5. Air Terjun Toroan

Posisi: Desa Ketapang Daya, Kec. Ketapang, Pulau Madura

Air Terjun Toroan via IG @aqinfhy_

Air Terjun Toroan via IG @aqinfhy_

Tempat jalan – jalan di Sampang yang selanjutnya merupakan Air Terjun Toroan. Air Terjun Toroan terletak Kec. Ketapang, tepatnya di Desa Ketapang Daya, Pulau Madura, Jawa Timur.

Air Terjun ini ialah satu dari semua destinasi wisata kesukaan pengunjung lokal.

Tingginya animo masyarakat lokal untuk berkunjung ke air terjun ini ditengarai oleh panorama alamnya yang luar biasa indah dan pastinya juga unik.

Ya, bila kebanyakan air terjun yang ada biasanya memiliki aliran yang panjang, air terjun yang satu ini memiliki aliran yang terkategori pendek.

Perihal tersebut terjalin karena letak air terjun ini yang bersebelahan dengan areal , akibatnya aliran airnya langsung mengalir ke bibir .

Saat pertama sampai ke posisi air terjun ini, Anda akan disambut dengan “Air Terjun Mini” yang tidak kalah eksotis.

Keberadaan “Air Terjun Mini” tersebut acap kali mengecoh para pengunjung.

Agar dapat sampai ke air terjun aslinya, Anda harus berjalan kaki melalui anak tangga yang cukup panjang. Agak meletihkan memang, namun seluruh kerasa letih yang Anda rasakan dipastikan akan langsung terbayar lunas begitu Anda memandang panorama indah yang ditawarkan oleh air terjun ini.

Karena terletak di pinggir , saat berkunjung ke air terjun ini Anda bisa mandi dan bermain air di 2 kategori air sekalian, ialah air tawar dari aliran air terjun dan air asin dari pinggir .

Di hari wajar objek wisata hits di Sampang yang satu ini dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pagi sampai sore.

Agar dapat masuk ke posisi air terjun ini pengunjung harus membayar duit retribusi sebesar 10 ribu rupiah untuk mobil dan 5 ribu rupiah untuk sepeda motor.

5. Reruntuhan Pababaran

Posisi: Pusat Kota Sampang

Reruntuhan Pababaran via Wisatamaduraorid

Reruntuhan Pababaran via Wisatamadura.or.id

Mirip seperti kebanyakan wilayah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur, tak cuma menawarkan wisata alam, Kab. Sampang juga ikut menawarkan bermacam berbagai tempat wisata sejarah. Salah satunya yang cukup beken merupakan permukiman Reruntuhan Pababaran.

Walau sudah berbentuk reruntuhan, namun tempat ini ialah tempat yang sangat penting bagi masyarakat Sampang.

Kabarnya, tempat ini ialah tempat kelahiran (sekalian posisi makam) Raden Trunojoyo, ialah salah seorang tokoh mempengaruhi di Sampang.

Secara totalitas tidak banyak aktifitas wisata menarik yang bisa dilakukan di tempat ini. Kebanyakan pengunjung yang datang biasanya hanya hanya berziarah dan memandang – lihat tempat sekitar.

But, bila Anda ialah tipikal pengunjung yang hobi menjelajahi ke tempat – tempat yang mempunyai sejarah, Reruntuhan Pababaran ini benar – benar sangat rekomended untuk Anda kunjungi.

Posisi objek wisata Reruntuhan Pababaran terletak di pusat Kota Sampang. Berstatus sebagai sarana umum, tempat ini sanggup didatangi kapan saja semasih 24 jam non stop.

6. Wisata Rimba Monyet Nepa

Posisi: Desa Nepa, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang

Wisata Rimba Monyet Nepa via Pulaumadura

Wisata Rimba Monyet Nepa via Pulaumadura

Tempat wisata di Sampang yang selanjutnya merupakan Wisata Rimba Monyet Nepa. Wisata Rimba Monyet Nepa terletak di Hutan Kera Nepa yang berada di bagian pesisir utara Madura, tepatnya di Desa Nepa.

Secara jumlah hutan ini memiliki luas sekitar 1 kilo meter persegi yang kira-kira keseluruhannya ialah habitat tempat tinggal Kera.

Selaras dengan nama yang dimilikinya, objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berbentuk keberadaan gerombolan Kera.

Apabila di halaman hewan Anda hanya bisa memandang Kera dari luar areal kandang, di sini Anda bisa berhubungan dengan gerombolan kera secara langsung.

Tidak hanya itu, lantaran hutan ini terletak di pinggir , saat berkunjung ke tempat ini Anda juga bisa memandang areal hutan mangrove yang berada di sini.

Agar lebih leluasa Anda bisa menyewa perahu sampan yang memang terencana disediakan oleh masyarakat setempat untuk keperluan pariwisata.

Walau memiliki panorama yang unik dan eksotik, namun sampai info ini ditulis akses posisi mengarah ke hutan kera ini masih terkategori agak tidak mudah.

Tidak hanya terletak di wilayah terpencil, kondisi jalan yang harus dilalui pula juga masih belum bagus.

But, secara totalitas daya tarik yang ditawarkan objek wisata ini cukup sebanding kok dengan pengorbanan yang harus dikeluarkan!

So, macam mana? Apakah Anda tetap tertarik untuk berkunjung ke Hutan Kera Nepa ini?

Apabila ya, Anda sanggup berkunjung ke hutan ini setiap hari dari mulai pagi hingga sore.

7. Gua Lebar

Posisi: Jalan. Pahlawan, Desa Rong Tengah, Kec. Sampang, Kab. Sampang

Gua Lebar via IG

Gua Lebar via IG

Apa jadinya bila sebagian tanah di sekitar tempat tinggal Anda ambles? Tentu Anda akan menganggapnya sebagai bencana bukan?

Seperti itu yang mungkin terjalin di Sampang beberapa ratus tahun yang lalu. Ya, beberapa ratus tahun yang lalu, diperkirakan ada beberapa areal tanah di Pusat Kota Sampang yang Ambles.

Pada waktu itu, amblesnya tanah tersebut tentu dikira sebagai bencana. Namun saat ini yang terjalin malah kebalikannya. Posisi amblesnya tanah tersebut malah berbeda menjadi satu dari semua tempat wisata di Sampang yang ramai didatangi oleh pengunjung.

Nama tempatnya merupakan Goa Lebar. Goa ini disebut goa lebar karena dimensi mulutnya yang sangat lebar, ialah sekitar 200 meter dengan tingkatan kedalaman sekitar 300 meter.

Ya meski bahwasanya tempat ini lebih cocok dikategorikan sebagai jurang (mengingat guanya saat ini sudah tertutup), namun karena lampaunya tempat ini merupakan goa, akhirnya penduduk sekitar tetap menggelarinya sebagai sebuah goa.

Karena tidak ditempati, bagian tengah goa ini ditumbuhi oleh bermacam berbagai tanaman dan tanaman liar.Beberapa di antara tanaman tersebut kabarnya memang terencana ditanam oleh pihak pengelola goa ini lho!

Biasanya pengunjung yang datang ke objek wisata ini akan memanfaatkan bagian pinggir goa sebagai posisi untuk diambil foto.

Satu hal yang harus Anda ingat, saat berkunjung ke tempat ini Anda dianjurkan untuk tidak berdiri sangat dekat dengan areal pinggiran mulut goa (dari atas).

Amannya, Anda kami sarankan untuk diambil foto di areal bawah saja. Toh di bagian bawah (areal sekitar mulut goa) nya juga banyak spot photo yang menarik kok (berbentuk arca orang tradisional madura, arca naga, dll).

Posisi objek wisata Goa Lebar ada di Jalan. Pahlawan, Desa Rong Tengah, Kec. Sampang, Kab. Sampang. Tempat wisata ini bisa didatangi kapan saja semasih 24 jam non stop.

8. Bukit Masegit

Posisi: Wilayah Piaan, Temoran, Omben, Kab. Sampang

Bukit Masegit via IG@ditasubi

Bukit Masegit via IG @ditasubi

Bukit Masegit ialah satu dari semua tempat wisata baru di Sampang yang sedang hits di golongan anak muda. Bukit ini menawarkan panorama alam khas wilayah dataran agung yang dilengkapi dengan areal pemakaman yang unik.

Kenapa kami sebut unik? Karena makam tersebut terletak cocok di atas bukit ini. Dari atas bukit ini hadirin bisa menikmati indahnya alam sekitar Kab Sampang dari atas ketinggian bukit.

Tidak hanya itu hadirin juga bisa diambil foto di atas batu raksasa yang posisinya juga ada di puncak bukit ini. Sampai info ini ditulis, Bukit Masegit masih belum dikelola secara komersial.

Karenanya, tempat ini bisa didatangi kapan saja secara cuma – cuma. Namun jangan harap Anda bisa menciptakan sarana wisata yang lengkap lho ya!

Posisi Bukit Masegit ada di Wilayah Piaan, Temoran, Omben, Kab. Sampang, Jawa Timur.

9. Sumber Jokotole Omben

Posisi: Jalan. Kyai H. Agus Salim, Batu Ngampar, Tambak, Omben, Kab. Sampang

Sumber Jokotole Omben via pesona-madura.blogspot.com

Sumber Jokotole Omben via pesona-madura.blogspot.com

Sumber Jokotole Omben terletak di Jalan. Kyai H. Agus Salim, Batu Ngampar, Tambak, Omben, Kab. Sampang, Jawa Timur.

Tempat ini menawarkan daya tarik utama berbentuk areal pemandian alami yang bersih dan jernih. Di sini Anda bisa berendam, berenang, dan bermain air sepuasnya.

Maupun bila tidak suka bermain air Anda bisa duduk – duduk santi di bawah tanaman rindang yang berada di sekitar areal pemandian ini.

Walaupun dikelola secara swadaya, objek wisata ini telah dilengkapi dengan bermacam berbagai sarana yang mencukupi. Apabila Anda mau berhasil berenang / bermain air di pemandian ini Anda sanggup mengunjunginya kapan saja.

10. Nepa 

Posisi: Desa Batioh, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang 

Pantai Nepa via IG @bellvaries

Nepa via IG @bellvaries

Tempat wisata di Sampang selanjutnya merupakan Nepa. Nepa yang beken perlente dengan pasir putih bersih. 

ini sendiri masuk dalam kawasan Objek Wisata Hutan Kera Nepa. Jadi sehabis anda mendatangi para kera di hutan kera nepa, tak memiliki salahnya juga untuk basah-basahan di Nepa yang perlente tiada duanya.

Untuk ke posisi ini anda dapat langsung mengendarai kendaraan umum hanya dengan membayar sekitar 15.000 saja langsung sampai ke ini lho. Untuk mengarah kamu akan melewati Hutan Kera lebih dulu. Mungkin inilah saat yang cocok untuk berselfie sama kera.

Oh ya sob, liburan di ini free lho, kamu tidak akan dimintai tiket masuk, kita hanya diharuskan membayar biaya parkir saja. 

Dipastikan deh, begitu sampai di Nepa ini, kita akan melonjak kegirangan begitu memandang hamparan pasir putih sepanjang mata memandang.

11. Gua Macan

Posisi: Desa Bira Temor, Kecamatan Sokobanah, Sampang

Goa macan via Portalmadura

Goa macan via Portalmadura

Selanjutnya, buat anda pecinta alam, anda bisa mendatangi gua macan sebagai destinasi wisata di Sampang selanjutnya. Memang gua ini masih belum beken bagi traveler malahan untuk masyarakat Madura sendiri.

Gua ini baru dijumpai oleh masyarakat sekitar, lokasinya cukup dekat dengan kantor camat, hanya berjarak sekitar 5 kilo meter saja. 

Jadi buat kamu sebagai pecinta alam, anda dapat memasukkannya ke dalam himpunan tempat wisata di sampang yang akan anda kunjungi. 

12. Gunung Maddah

Posisi: Desa Gunung Maddah di kecamatan Kota Sampang, Sampang

Gunung Maddah via IG

Gunung Maddah via IG

Perbukitan Gunung Maddah bisa anda peruntukan tempat potret-potret kece di Sampang. Posisi sisa tempat pertambangan ramuan galian C ini baru-baru menjadi viral karena ada banyak spot instagenic yang di upoad ke media sosial masyarakat Sampang.

13. Tambak Garam

Posisi: Kecamatan Pengarengan, Sampang

Tambak Garam via Citypost

Tambak Garam via Citypost.id

Tidak lengkap kerasanya kalau ke pulau Madura, spesialnya ke Sampang tetapi tidak mengabadikan momen berharga di tambak garam.

Pulau Madura memang sudah beken sejak dulu sebagai penghasil garam berbobot. Yup, silahkan mampir saja ke Kecamatan Pengarengan bila kalian bersedia memandang penghasil garam di Sampang. 

Silahkan datang pada waktu kemarau bila kalian bersedia memandang ratusan gunungan garam di tambak-tambak warga. Tumpukan kristal putih ini ternyata boleh jadi spot photo kece lho!

14. Jodoh

Posisi: Desa Bira Timur, Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang

Pantai Jodoh via IG @tsabitzaen

Jodoh via IG @tsabitzaen

Jodoh? Wah, seru nih kalau liburan kesini langsung balik membawa jodoh. Pemberian nama ini sendiri tidak asal-asalan lho.

Karena memang dahulunya ada seseorang sakti mandraguna yang bernama Jokotole yang bakal meminang cewek perlente. Tidak tahu apa sebabnya, hantaran maupun bawaan lamaran yang dibawa Jokotole itu jatuh di wilayah tersebut. Maka dari begitu diberi nama Jodoh.

yang baru diresmikan pada awal 2017 ini memiliki sarana yang terbilang lengkap. Disini terdapat kafe yang instagenic yang menawarkan banyak spot untuk diambil foto. 

Cafe Pantai Jodoh Spot Instagenic

Cafe Jodoh Spot Instagenic

Disini anda dapat mencicipi aneka hidangan lezat sembari bersantai di saung-saung yang dinamai cukup unik, mulai dari kamar jomblo, kamar janda, pelaminan dengan 2 kursi berpasangan, serta rumah istri muda. Ke depan, pihak pengelola akan terus memberbaharui sarana yang ada. 

Oh ya, untuk masuk ke ini, pengunjung tidak akan dikenai tiket masuk, kita hanya membayar biaya parkir kendaraan saja. 

15. Masjid Agung Sampang

Posisi: Jalan Pahlawan I, Rw. III, Rong Tengah, Kec. Sampang, Kabupaten Sampang

Masjid Agung Sampang via Islamic-centerorid

Masjid Agung Sampang via Islamic-center.or.id

Kalau liburan di Sampang, janganlah lupa ya untuk mampir ke masjid Agung Sampang. Masjid terbesar di Sampang ini dapat menampung jamaah hingga 10.000 orang.

Posisinya yang ada di tengah kota membuat masjid ini selalu menjadi tempat persinggahan mereka yang bakal melakukan solat. Posisi masjid ini ada di Jalan Pahlawan Sampang, sangat mempermudah pengunjung yang mau berhasil mengarah kemari.

16. Obyek Wisata Waduk Nipah Banyuates

Posisi: Desa Montor, Kecamatan Banyuates, 55 kilo meter dari pusat Kota Sampang

Obyek Wisata Waduk Nipah Banyuates via Facebook

Obyek Wisata Waduk Nipah Banyuates via Facebook

Selanjutnya, kamu juga bisa mendatangi waduk nipah yang terletak di desa Montor, Kecamatan Banyuates. Waduk ini sendiri ialah waduk buatan yang ditujukan sebagia irigasi, tetapi karena keindahannya yang sangat menawan menjadikan waduk ini sebagai tempat untuk liburan dan nangkring kanak-kanak muda. 

Waduk ini dikelilingi oleh bukit batu cadas. Dan di sekelilingnya kerap terdapat sekawanan monyet bergelantungan di pohon-pohon yang cukup menghibur hadirin yang datang. 

Oh ya sob, kamu akan diharuskan membayar biaya parkir Rp. 3.000 bagi pengendara roda 2 dan pengendara roda 4 Rp. 30.000. 

17. Gua Kelelawar

Posisi: Desa Bira Temor, Kecamatan Sokobanah

Gua Kelelawar via Jalanjalansampang.wordpresscom

Gua Kelelawar via Jalanjalansampang.wordpress.com

Tempat wisata di Sampang yang terakhir yang kami rekomendasikan merupakan gua kelelawar yang terdapat di Kecamatan Sokobanah Sampang.

Gua ini sendiri dijumpai oleh warga Desa Bira Timur. pada gua kelelawar ini sebagian dihiasi stalakmit dan ditinggali oleh ribuan kelelawar didalamnya. Letak gua kelelawar sendiri berada ± 5 Kilo meter di sebelah timur kantor Kecamatan Sokobanah.

Yup, macam mana? Tempat wisata di Sampang sangat banyak bukan? Tidak hanya tempat wisata yang kami sebutkan di atas mungkin masih ada tempat wisata lain di wilayah Sampang yang tidak kami ketahui. Kalau Anda mengetahuinya, mohon tuliskan informasinya di kolom pendapat ya!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *