16 Taman di Jakarta yang Asyik yang bisa digunakan untuk Tempat Liburan Keluarga!

Posted on

Jakarta seakan semakin penuh dan sesak. Tidak jarang, kemauan untuk melarikan diri dari penatnya rutinitas dan menikmati alunan alam tentu melanda kira-kira semua orang disitu.

Namun masih terdapatkah tempat seperti itu di tengah tangguhnya kota Metropolitan? Yup… tidak perlu takut, tampaknya sejak tahun 2015 silam Pemkot Jakarta telah mulai mencermati adanya halaman di Jakarta yang penuhi ketentuan sebagai paru-paru kota.

Malahan selain cuma merevitalisasi fungsi-fungsi Ruang Terbuka Hijau disitu, Pemprof dan Pemkot juga menambahi taman-taman tersebut dengan fasilitas-fasilitas beragam, seperti outdoor gym, jogging track, amfiteater, jalur refleksi, danau buatan, ruang serbaguna, hingga bikepark dan skatepark.

Icon Ibukota Jakarta

Monas – Icon Ibukota Jakarta

Himpunan Halaman di Jakarta yang Layak Kamu Sambangi

Jadi tunggu apalagi? Daripada waktu senggangmu dihabiskan di mall dengan sikap konsumtif, alangkah baiknya menenangkan diri secara free di Halaman-Halaman di sekitarmu.

Kepingin berhasil tahu apa saja nama halaman di Jakarta? Simak ulasan selanjutnya ya!

1. Halaman Kalijodo

Letak: Jalan Kepanduan II, Penjaringan, Jakarta Utara

Seru-seruan di Taman Kalijodo

Seru-seruan di Halaman Kalijodo

Halaman yang tampak di Jalan Kepanduan II, Penjaringan ini punya banyak sekali sarana, salah satunya merupakan zona skatepark yang ternyata satu dari sekian zona terbesar di Asia Tenggara. Tidak hanya sebagai Ruang Terbuka Hijau, Halaman ini juga berfungsi sebagai Ruang Publik Terpadu Ramah Anak. Tidak heran apabila zona yang luasnya lebih dari 1,4 ha ini disukai hadirin lantaran banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan.

2. Halaman Tabebuya

Letak: Jalan. Mohammad Kafi Nomor.1, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Taman Tabebuya

Halaman Tabebuya via Inet

Halaman ini berada di Jalan Mohammad Kafi, wilayah Jagakarsa, tepatnya di Jakarta Selatan. Halaman Tabebuya ini sangat disukai hadirin lantaran disitu terdapat sebuah kolam yang diisi puluhan bunga teratai. Tidak hanya itu, kolam tersebut ditinggali oleh ikan yang sangat banyak dan bisa diberi makan. Disitu juga ada beberapa gazebo yang bisa dipakai untuk bersantai.

3. Halaman Cattleya

Letak: Jalan. Slipi, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat (Sehabis lampu merah Tomang)

Taman Cattleya Jakarta Barat via Iyaa

Halaman Cattleya Jakarta Barat via Iyaa

Halaman yang terdapat di Slipi, wilayah Kemanggisan di Jakarta Barat ini memiliki banyak sekali sarana dan daya tarik. Luasnya yang lebih dari 3 ha itu ditanami beragam tanaman, bunga, hingga pohon-pohon yang selalu kali dipakai untuk gambar pre-wedding.

Tidak hanya itu, di Cattleya kamu juga bisa jogging, bermain sepeda, ataupun hanya duduk menikmati alam sembari berswafoto bersama pendamping. Jangan lewati Danau yang terdapat di tengah Halaman. Nikmatilah waktumu liburan tanpa hambatan pengemis, penjual asongan, hingga pengamen disitu.

4. Halaman Spathodea

Letak: Jalan Kebagusan Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Taman Spathodea

Halaman Spathodea via Inet

Halaman yang terdapat di Kebagusan Raya, wilayah Jakarta Selatan ini tidak jauh dari Tabebuya. Halaman yang terhitung baru ini selalu dipakai untuk olah-raga. Tidak hanya itu, disitu juga terdapat danau kecil yang sangat menarik hati untuk duduk di sekitarnya. Untuk sarana, di Spathodea terdapat jogging track, outdoor gym, hingga kolam ikan yang luas.

5. Halaman Suropati

Letak: Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat

Burung Merpati di Taman Suropati via Ulinulin

Burung Merpati di Halaman Suropati via Ulinulin

Halaman yang terdapat di Jalan Pangeran Diponegoro, kawasan Menteng ini tidak jauh dari Masjid Sunda Kelapa. Anak muda sangat menyenangi tempat ini lantaran banyaknya wifi spot disitu.

Tidak hanya itu, pepohonan di Suropati juga selalu dihinggapi burung-burung yang sangat menawan. Berada di pusat kota dan adalah satu di antara tempat berkumpulnya seniman, Halaman ini selalu mengadakan pertunjukan musik hingga lukis.

Disitu juga dijadikan sentra kuliner karena banyaknya penjual masakan yang memasang tempat di sekitar Halaman. Keunikannya semakin tampak lantaran Suropati menjadi tempat menampung seni arca perwakilan negara-negara di ASEAN.

Halaman yang lampaunya bernama Burgemeester Bisschopplein ini dibentuk tahun 1920 sangat dekat dengan pusat-pusat penting di Jakarta.

6. Halaman Menteng

Letak: Jalan Moh.Yamin dan Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat

Taman Menteng

Halaman Menteng

Halaman yang ada diantara Jalan Moh.Yamin dan Jalan HOS Cokroaminoto di kawasan Menteng ini buka dari jam 5 pagi hingga 10 malam. Tidak hanya free, daya tarik utama Halaman ini merupakan adanya fasilitas-fasilitas penunjang seperti jogging track, wifi, hingga zona bermain anak dan lapangan olah-raga basket, volly, serta futsal.

Wah, sangat lengkap ya? Suasananya yang sejuk dan dekat dengan Halaman-Halaman lain ini juga menjadikan Menteng sangat strategis untuk didatangi. Dahulunya Halaman ini adalah sisa Stadion Menteng hingga akhirnya menjelma menjadi satu di antara landmark Jakarta hingga tidak jarang disebut Central Parknya Jakarta.

Untuk kamu yang menyenangi kuliner, Halaman Menteng menyediakannya lho. Disitu banyak penjual masakan dengan harga bersahabat. Mulai dari dim sum, nasi goreng, mie ayam, sate padang, hingga penyetan.

7. Halaman Sana Lembang

Letak: Jalan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat

Air Mancur di Taman Situ Lembang

Air Mancur di Halaman Sana Lembang via Tribunnews

Halaman yang tampak di Jalan Lembang, kawasan Menteng ini juga dekat dengan Halaman Suropati dan Menteng. Kalian boleh mengarah Halaman satu ke satunya melalui Jalan Padalarang dan portal permukiman disitu. Daya tarik Halaman ini merupakan adanya danau buatan di bagian tengahnya.

Danau tersebut diisi bunga teratai dan dipasangi air mancur yang sangat indah. Halaman yang beken berkat menjadi langganan film Warkop DKI ini selalu didatangi pelancong yang pingin berhasil bertualang setiap danau ataupun cuma berpiknik bersama keluarga.

8. Halaman Ayodya

Letak: Jalan Mahakam II, wilayah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Taman Ayodya via @Johanfernandi

Halaman Ayodya via @Johanfernandi

Halaman yang terdapat di Jalan Mahakam II, wilayah Kebayoran Baru, kawasan Jakarta Selatan ini hanya berjarak sekitar 500 meter saja dari Halte Blok Meter. Halaman yang menjadi kesukaan hadirin di ketika liburan ini memiliki hiasan seperti panggung teater yang terbuka.

Disitu juga terdapat gazebo yang bermanfaat untuk istirahat dan bersantai melepas penat. Sayangnya disitu selalu ada pengemis, penjual asongan, hingga pengamen yang sedikit “mengusik” kenyamanan hadirin yang tidak berkenan.

9. Halaman Langsat

Letak: Jalan Langsat Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Bersantai ke Taman Langsat via @korneliapramesti

Bersantai ke Halaman Langsat via @korneliapramesti

Halaman yang terdapat di belakang Pasar Burung Barito ini dibentuk dengan tujuan untuk mewadahi kebutuhan warga Jakarta dalam olah-raga di tempat yang nyaman dan jauh dari kebisingan.

Disitu terdapat fasititas jogging track yang memungkinkanmu berlari mengelilingi Halaman ditemani suara cuitan burung sembari menikmati aliran sungai kecil di sekitarnya. Halaman seluas 3,6 ha ini juga adalah tempat pembibitan tanaman dulu sebelum beralih fungsi menjadi Halaman.

Sayangnya, lokasinya yang tersembunyi membuat Halaman ini kurang dimanfaatkan hadirin dan akhirnya seperti terbengkalai. Apalagi disitu terdapat cerita mistis yang telah tersebar dari mulut ke mulut warga. Jelasnya kedatangan hantu-hantu disitu semakin menambah atmosfer mencekam hingga pernah dibuatkan film layar lebarnya.

Gimana tidak menakutkan, lantaran tanaman disitu terkategori berumur tua dan ukurannya sudah besar dengan pokok menjulur serta rerimbunan rimbun.

10. Halaman Prasasti

Letak: Jalan Tanah Abang Nomor. 1, Jakarta Pusat

Taman Prasasti

Halaman Prasasti via Inet

Untuk masuk halaman ini tidak free seperti halaman yang lain. Halaman ini adalah kawasan pemakaman orang asing yang pernah tinggal di Batavia (Jakarta) di masa Kolonial.

Biaya masuknya dipakai sebesar Rp 2.000 per orang. Keunikan tempat ini ialah terdapat batu nisan besar layaknya pemakaman di luar negeri. Melancong di Halaman ini mampu menuntunmu untuk menatap kilas balik sejarah yang berlangsung di Jaman Belanda.

11. Halaman Honda

Letak: Jalan Tebet Timur Raya, di kawasan Jakarta Selatan

Taman Honda

Halaman Honda via Kompasiana

Berada di wilayah pinggiran Jakarta tampaknya tidak membuat Halaman ini ketiadaan peminat. Malah, suasananya yang damai dan asri semakin membuat hadirin pingin berhasil menyambanginya.

Halaman Honda adalah tempat yang cocok dipakai untuk cuma menghabiskan waktu ataupun menikmati petang. Lokasinya ada di Jalan Tebet Timur Raya, di kawasan Jakarta Selatan.

Keunikan dari Halaman ini ialah lokasinya yang dekat dengan perumahan warga akibatnya selalu dijadikan tempat berkumpulnya komunitas-komunitas di Jakarta. Halaman ini juga dilengkapi sarana mencukupi layaknya toilet, sport center, dan jogramging track.

12. Halaman Waduk Pluit

Letak: Jalan. Pluit Regu. Raya Nomor.12, Penjaringan, Kota Jakarta Utara

Taman Waduk Pluit

Halaman Waduk Pluit

Halaman yang tampak di kawasan Pluit ini sangat cocok apabila dipakai sebagai tempat menikmati udara sejuk ketika sore hari. Disitu jangan kaget apabila kamu menjumpai warga ataupun hadirin yang menggelar tikar hanya untuk cuma bersantai menikmati matahari tenggelam di pinggiran Waduk.

Tidak hanya itu, Halaman ini mampu didatangi free. Waduk Pluit juga memiliki sarana dan sarana mencukupi layaknya Halaman-Halaman terindah di Jakarta. Diresmikan bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan NKRI di tahun 2013, di Waduk Pluit terdapat zona bersantai, amphiteatre, hingga lapangan basket dan lapangan yang lain.

13.Halaman Kelapa

Letak: Letak: Jalan. Palem Indah, Duren Sawit, Jakarta Timur

Taman Kelapa via Casaindonesia

Halaman Kelapa via Casaindonesia

14. Halaman Tribeca

Letak: Jalan. Letjen S. Parman Nomor.28, Grogol petamburan, Jakarta Barat

Taman Tribeca

Halaman Tribeca via Inet

15. Halaman Mataram

Letak: Jalan. Mataram Nomor.1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Taman Mataram

Halaman Mataram via Inet

16. Halaman Ria Rio

Letak: Jalan Pulo Mas Utara Blok E Nomor.1, Kayu Putih, Jakarta Timur

Taman Ria Rio

Halaman Ria Rio

*****

Demikianlah ulasan mengenai Halaman di Jakarta yang bisa kami rekomendasikan untuk anda. Semoga tampaknya referensi untuk anda yang bersedia piknik bareng keluarga ataupun orang tercinta saat akhir minggu ataupun waktu liburan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *