15 Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Sukabumi membentang dari pesisir barat daya Jawa Barat hingga ke zona pegunungan yang berada di utaranya. Dengan wilayah yang membelah dataran teratas dan rendah ini, kemampuan wisata dari Sukabumi tak wajib diragukan lagi. Di kawasan ini, Anda bisa mendapatkan wisata alam khas pegunungan hingga menjelajahi tropisnya di zona pesisir.

Kalau Anda mau berhasil mencari alternatif destinasi wisata tidak hanya Bogor maupun Bandung yang tidak begitu jauh dari Jakarta, Sukabumi siap memanjakan Anda. Ingin tau ada tempat wisata apa saja di Sukabumi? Berikut 15 anjuran tempat wisata di Sukabumi yang wajib Anda kunjungi diwaktu memutuskan untuk berwisata ke sana.

1. Bukit Karang Para

Bukit Karang Para

Bukit Karang Para

Bukit Karang Para terletak di Desa Kebun Manggu, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Di tempat wisata di Sukabumi ini pengunjung bisa menikmati keelokan pedesaan dari ketinggian sembari hunting spot photo yang menarik. Pengelola bukit ini sediakan beberapa jembatan kayu yang menjorok ke tepi jurang dan beberapa platform untuk photo yang ada.

Agar dapat sampai ke tempat wisata di Sukabumi yang satu ini, Anda bisa mengambil jalur lingkar selatan ke arah Pelabuhan Ratu. Selanjutnya darmawisata dilanjutkan ke Jalan Pelabuhan Ratu II dan menyudahi di kawasan Gunung Guruh. Tarif masuk ke tempat wisata di Sukabumi yang memiliki sunset menarik ini merupakan sekitar Rp2.000-3.000 ditambah dengan parkir per kendaraan Rp5.000.

2. Curug Awang

Curug Awang

Curug Awang

Sukabumi juga memilik cukup banyak curug seperti halnya Bogor. Satu di antara curug terbaik yang berada di sini merupakan Curug Awang yang selalu dijuluki sebagai Air Terjun Niagara jenis mini. Curug ini membentang dari ujung tebing ke tebing lain dan memiliki ketinggian hingga 40 meter dari permukaan tanah terbawah.

Saat terbaik untuk berkunjung ke curug yang terletak di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini merupakan saat masa hujan. Saat masa hujan, aliran dari air terjun akan turun dengan sangat deras. Pelancong bisa menikmati Niagara mini ini dengan lebih menarik dan cocok untuk diabadikan.

Oh ya, kalau Anda mau berhasil datang ke tempat wisata di Sukabumi yang satu ini, siapkan raga yang kokoh ya. Lantaran, dari tempat parkir kendaraan Anda masih harus berjalan sepanjang 1,5 kilometer dengan medan yang cukup menantang. Selanjutnya cukup membayar tiket masuk ke zona curug dengan harga Rp3.000 dan parkir sekitar Rp3.000-5.000.

3. Bravo Adventure

Bravo Adventure

Bravo Adventure

Beberapa penjelajah suka dengan kegiatan berkemah yang serba-serbi manual mulai dari membangun hingga mencari makan. Namun, ada juga yang lebih suka berkemah dengan cara lebih lux, anti ribet, dan tetap seru karena bisa menyatu dengan alam.

Kalau Anda suka dengan kategori glamping ini, datanglah ke Bravo Adventure yang terletak di Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Di tempat wisata di Sukabumi ini Anda bisa berkemah dengan cara yang lebih lux, serba-serbi ada, dan tentu saja seru karena sebelah kiri dan kanan letak merupakan hutan dan persawahan.

Tak cuma bisa berkemah secara lux, di tempat wisata di Sukabumi ini Anda juga bisa menerapkan aktivitas outbound seru mulai dari paint ball hingga arung jeram. Tertarik? Tarif paket menginap dan outbound-nya dibanderol mulai Rp500.000-an saja.

4. Gua Buniayu

Gua Buniayu

Gua Buniayu

Gua Buniayu dikira sebagai gua dengan struktur isi terbaik di kawasan Asia Tenggara. Tidak mengherankan kalau pengunjung yang datang ke sini akan dipinjami beberapa perlengkapan terbaik agar keselamatannya terawat semasih menjelajahi bagian dalam dari gua yang sangat gelap.

Gua Buniayu buka setiap hari mulai waktu 08.00 dan tutup pada waktu 22.00 dengan tiket masuk dengan harga Rp15.000 per orang. Pelancong yang akan masuk biasanya menunggu kuotanya cukup lebih dulu, biasanya 6-8 orang. Kalau jumlahnya sudah cocok, pemandu akan mengantar pengunjung menjelajahi gua yang sangat indah.

Kawasan Gua Buniayu ini sedianya memiliki 3 gua yang berbeda, namun hanya 2 gua saja yang dibuka untuk umum. Satu gua yang bernama Kretek hanya untuk mereka yang handal maupun pengamat.

5. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar

Sukabumi juga memiliki kampung adat yang menjaga keaslian dari bangunan dan serta budayanya semasih ratusan tahun. Kalau Anda mau berhasil menikmati masa lalu dari kawasan Sunda dengan seluruh kearifan lokalnya, datanglah ke Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Di tempat wisata di Sukabumi ini Anda bisa memandang bangunan kuno, kegiatan penduduk yang masih menjaga nilai leluhur, dan keramahan yang tidak gampang ditemui di mana juga. Saat datang ke kampung ini usahakan membawa masakan sendiri karena lokasinya cukup terpencil dan sulit dijangkau dengan kendaraan umum.

6. Cimaja

Pantai Cimaja

Cimaja

Nama Cimaja mungkin terdengar asing di kuping pengunjung lokal Indonesia. Namun, bagi pengunjung mancanegara yang menyenangi aktivitas seluncur ombak, ini merupakan yang terbaik. Setiap hari, puluhan peselancar pemula hingga handal datang ke tempat wisata di Sukabumi ini untuk berusaha ombak dari Cimaja yang bisa setinggi 4 meter.

Tak cuma memperkenalkan ombak yang menarik, Cimaja yang terletak di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat ini juga menawarkan keelokan batuan alami serta atmosfer surf club yang mirip sekali dengan Bali.

Kalau Anda mau berhasil menikmati atmosfer laut tropis yang dipadati para peseluncur, cukup datang ke kawasan Cimaja saja. Selanjutnya kalau mau berhasil belajar untuk bermain seluncur, silakan kunjungi beberapa kelompok surfing yang berada di kawasan ini, beberapa di antara kelompok itu menawarkan jasa kursus surfing dari pendatang baru hingga handal.

7. Gunung Halimun

Gunung Halimun

Gunung Halimun

Kalau Anda bosan dengan atmosfer yang sangat panas maupun kurang menantang, coba datang ke Kampung Ciwalen, Malasari, Nanggung Halimun, Sukabumi, Jawa Barat. Di tempat ini, Anda akan mendapatkan serunya menjelajahi kawasan Gunung Halimun yang diketahui cukup menantang dan memberikan kesenangan tertentu untuk penjelajah.

Untuk mengeksplorasi kawasan Gunung Halimun ini Anda bisa menyewa mobil kategori jeep yang sudah disediakan oleh pengelola. Dengan jeep ini Anda akan diajak untuk menjelajahi kawasan Halimun mulai dari membelah sungai, melintasi kawasan persawahan, mendatangi kebun teh, hingga memandang air terjun dan mandi di sana.

Kepingin berhasil penjelajahan ekstra? Anda bisa menikmati serunya outbound untuk menyeberang jembaan gantung. Terakhir, dan yang amat banyak diakukan oleh pengunjung yang datang ke sini merupakan menginap di punggung gunung.

Kalau mau berhasil datang ke tempat wisata di Sukabumi ini untuk menikmati keelokan dari alam Gunung Halimun, siapkan waktu 2 sampai 4 hari. Anda bisa menginap di sini semasih beberapa hari dengan sarana yang cukup lengkap.

8. Kawah Ratu

Kawah Ratu

Kawah Ratu

Sukabumi mungkin tidak memiliki Kawah Ijen dengan blue fire-nya yang mendunia. Namun, Anda masih bisa menjelajahi kemolekan dari Kawah Ratu yang menawarkan kemagisan panorama alam, asap belerang yang pekat, dan serunya pendakian demi bisa sampai ke puncak.

Pelancong yang mau berhasil datang dan menikmati keelokan dari Kawah Ratu dianjurkan untuk menentukan jalur yang pas. Agar dapat ke kawah ini ada 3 rute yang bisa diseleksi, pertama merupakan trek sepanjang 3,5 kilometer melalui Gunung Bunder. Lalu sepanjang 5 kilometer melalui Curug Seribu, dan yang terakhir merupakan sepanjang 4,5 kilometer dari bumi perkemahan Cidahu-Sukabumi.

Waktu tempuh ke kawasan ini sekitar 3-5 jam tergantung dengan kecepatan pendakian dan banyaknya istirahat. Kalau Anda mau berhasil naik ke atas, dianjurkan untuk menyewa pemandu agar tidak tersesat. Tarifnya bermacam-macam dan tergantung dengan perundingan yang Anda lakukan. Selanjutnya tarif masuk ke Kawah Ratu hanya Rp7.500 saja.

9. Bukit Karang Numpang

Bukit Karang Numpang

Bukit Karang Numpang

Ketenaran dari Bukit Karang Numpang ini mulai timbul sehabis dijadikan tempat syuting film 5 Centimeter. Sehabis itu, ribuan orang datang berbondong-bondong ke Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat untuk melihat keelokan bebatuan yang menyebar di hamparan sabana.

Daya tarik paling utama dari tempat wisata di Sukabumi ini merupakan panorama alam lembah yang berada di bawahnya serta pegunungan hijau di depannya. Lebih lanjut, kawasan ini memiliki banyak gundukan batu mirip karang yang menumpang di sabana. Dari sinilah nama Bukit Karang Numpang mulai diketahui semua orang.

Agar dapat sampai ke kawasan ini, Anda bisa melajukan kendaraan ke ruas Jalan Mangkalaya-Cisaat. Selanjutnya Anda harus melintasi jalan berbatu sepanjang 1 kilometer sebelum sampai ke puncak. Biaya masuk bukit ini Rp3.000 dan tarif parkirnya Rp2.000.

10. Danau Bacan

Danau Bacan

Danau Bacan

Danau Bacan sedianya merupakan sisa tambang yang sudah tidak dipakai lagi oleh pengelolanya. Saat ini sisa tambang yang berbentuk cerukan tanah itu terisi oleh air hujan semasih bertahun-tahun hingga membentuk seperti danau dengan corak kehijauan dan elok kalau diabadikan dengan kamera.

Hal menarik lain dari danau buatan yang terletak di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat ini merupakan struktur batuan di sekitarnya. Danau ini mirip seperti kolam yang dikelilingi oleh tebing dengan semak hijau di sekelilingnya.

Agar dapat sampai ke danau indah ini Anda bisa bergerak dari arah Cibadak lalu belok mengarah kawasan Pelabuhan Ratu. Dari sini, lajukan kendaraan terus hingga Jembatan Bojong yang berjarak sekitar 3 kilometer. Selanjutnya, ikuti terus jalanan yang ada hingga melewati PT GSI dan masuk ke perkampungan Desa Bojong. Tarif masuk ke kawasan ini free, namun biaya parkirnya sekitar Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor.

11. Curug Cikaso

Curug Cikaso

Curug Cikaso

Ada 3 keelokan yang ditawarkan oleh kawasan Curug Cikaso yang menarik ini. Pertama merupakan corak airnya yang jernih dan berupa kebiru-biruan kalau dilihat dari kejauhan. Para pencinta fotografi akan tertarik dengan panorama alam yang molek dari Curug Cikaso ini.

Selanjutnya curug yang ada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini memiliki 3 air terjun. Dalam satu letak yang bersebelahan, Anda bisa memandang keelokan dari Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki yang memiliki ketinggian sama.

Terakhir dan yang amat banyak dilakukan oleh pengunjung yang datang ke sini merupakan berenang. Di bawah air terjun yang sangat indah ini mengalir sungai yang jernih dan cocok untuk letak berenang, berendam, maupun bersantai dengan mengenakan ban.

Tarif masuk ke tempat wisata di Sukabumi ini merupakan Rp3.000 per orang dan Rp27.000 untuk parkir mobil. Kalau mengenakan motor, per kendaraan biayanya Rp6.000. Selanjutnya kalau mau berhasil menyewa perahu biayanya merupakan sekitar Rp70.000 untuk 10 orang. Kalau mau berhasil mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa patungan dengan pengunjung yang lain.

12. Arung Jeram Sungai Cicatih

Arung Jeram Sungai Cicatih

Arung Jeram Sungai Cicatih

Sukabumi juga memiliki segudang sungai dengan aliran yang cukup deras. Satu di antara sungai yang diartikan merupakan Sungai Cicatih yang selalu dijadikan sebagai letak arung jeram yang menantang dan menghabiskan adrenalin. Kalau Anda berada di Sukabumi dan mau berhasil menikmati wisata yang menantang, coba jelajahi Sungai Cicatih dengan mengenakan perahu karet dengan semua orang.

Saat terbaik untuk menerapkan arung jeram merupakan saat masa panas. Pada saat ini arus sungai tidak sangat deras, namun jeram yang ditawarkan cukup menantang. Anda bisa saja jatuh ke dalam air kalau tidak dapat menjaga penyeimbang saat berada di atas perahu. Biasanya para pendatang baru akan ditemani oleh seorang pemandu.

Hal menarik lain dari Sungai Citatih merupakan panorama alam di sekitarnya. Sembari seru-seruan melintasi air, Anda bisa menikmati panorama alam sekitar yang masih alami. Sepanjang jalan Anda akan dimanjakan dengan atmosfer yang alami sampai-sampai begitu tiba di pos akhir, tubuh dan bayangan bisa lebih santai.

13. Ombak 7

Pantai Ombak Tujuh

Ombak 7

Ombak 7 yang ada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, diketahui masih alami dan jarang didatangi masyarakat. Aksesnya yang cukup tidak gampang dan fasilitasnya yang belum lengkap membuat beberapa pengunjung malas datang ke tempat wisata di Sukabumi yang satu ini walau panorama alam yang ditawarkan sangat menarik.

Di pantai indah ini, Anda bisa menikmati beberapa hal menarik yang jarang ada di tempat lain eksklusifnya di kawasan Sukabumi. Pertama, ombak yang berada di sini beriringan dan jumlahnya bisa 7 buah. Ombak ini akan mengarah daratan dan akhirnya menabrak karang dengan berentetan. Dari ombak inilah nama ini akhirnya tercipta.

Pelancong yang datang sulit payah ke sini bisa menikmati halusnya pasir putih yang masih sedikit sampah. Anda bisa berbaring di sepanjang pasir maupun bermain pasir sampai puas. Terakhir, ini juga memiliki beberapa cerukan batu karang yang cukup dalam sampai-sampai bisa dipakai untuk tempat berendam.

14. Pangumbahan

Pantai Pangumbahan

Pangumbahan

Pangumbahan memiliki pasir putih yang lembut dan leluasa sampah. Kondisi ini membuat penyu yang berasal dari laut lepas ingin datang dan akhirnya meletakkan ratusan telur di pasir. Setiap pagi, para penangkar penyu akan mencari gundukan pasir tempat telur dikemas guna mengumpulkan bakal tukik itu.

Saat terbaik untuk mendatangi yang ada di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini merupakan pagi dan sore hari. Saat pagi, Anda bisa menjelajahi kawasan selingkaran yang masih alami sembari bermain air di pinggir maupun agak ke tengah untuk surfing.

Saat sore hari, eksklusifnya menjelang matahari terbenam, penangkar dari penyu akan membebaskan tukik ke laut. Saat momen ini berlangsung, puluhan orang akan berjajar dan melihat penyu kecil itu masuk ke laut dengan selamat sembari memandang matahari terbenam yang sangat menarik.

15. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa yang terletak di Zona Geopark Cileteuh Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini menawarkan pesona air terjun yang unik. Anda bisa melihat air terjun yang memiliki 3 buah tingkatan. Dari atas air akan turun ke tebing di bawahnya lagi hingga akhirnya sampai ke sungai bagian bawah.

Tarif masuk ke tempat wisata di Sukabumi ini hanya Rp3.000 dan parkirnya Rp12.000. Anda bisa datang ke Curug Cigangsa maupun Curug Luhur ini dengan mengikuti jalan yang melewati Halte Alun-alun dan Bundaran Alun-alun. Selanjutnya Anda cukup mengikuti arah yang ada hingga sampai ke kawasan Curug Cigangsa yang buka setiap hari dari pagi hingga sore.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *