14 Tempat Wisata Ternate Yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Wisata Ternate yang luar biasa semakin ramai diperbincangkan di golongan para pecinta diving. -pantai yang masih jarang terjamah, dengan perairan laut dalam yang jernih, sangat menggoda para penyelam untuk mengeksplorasi. Tak hanya itu, dalam beberapa tahun terakhir pemerintah wilayah berupaya menggalakkan bermacam program pariwisata, tercantum wisata rempah. Transportasi dan aksesibilitas ke daerah-daerah tujuan wisata juga semakin mudah.

Pada masa lampau, Ternate dan Tidore adalah posisi di mana Portugis pertama kali menginjakkan kaki di wilayah Maluku. Melalui penaklukan militer, mereka mendirikan benteng dan bangunan-bangunan untuk mendukung misi perdagangan di Indonesia. Ternate yakni destinasi wisata luar biasa lengkap untuk kamu yang kepingin berhasil berpetualang alam ataupun belajar tentang sejarah Indonesia. Berikut 14 tempat wisata Ternate yang harus kamu masukkan ke catatan kunjungmu.

1. Diving Spot yang Tidak Biasa di Halaman Nukila

Image credit: @adhysosaleh

Merambah Ternate dari Pelabuhan Ahmad Yani, kamu akan menatap kapal-kapal feri bersandar, tercantum juga kapal barang dan container. Pelabuhan Ahmad Yani yakni pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia Timur karena jangkauan pelayanannya hingga ke Sulawesi. Senggangkan waktu sejenak untuk menatap proses pengiriman komoditas Ternate seperti kayu, bumbu, cokelat, hingga seafood di pelabuhan ini, sembari memulihkan stamina untuk bertualang wisata Ternate. Selamat datang di Ternate!

Image credit: @pritta_damanik (kiri atas), @ariefpattiiha (kanan atas), dan @bubarabiru (bawah)

Sekitar 10 menit berjalan kaki dari pelabuhan, kamu akan mendeteksi Halaman Nukila. Ini yakni titik diving pertama yang harus kamu coba. Panorama alam di dalam laut berbentuk tiang-tiang dermaga setinggi 10-12 meter yang ditutupi koral akan buat anda berdecak kagum. Yang menarik, terdapat bongkahan motor, bis, dan kapal karam untuk objek diambil foto. Saat kamu berada di dalam bis dan serombongan ikan datang menyeruak, timbul perasaan yang tak mampu diungkapkan!

Image credit: @mazniwinata

Halaman Nukila sendiri adalah halaman kota tempat warga Ternate berkumpul pada sore hari maupun akhir minggu. Sering-kali kamu akan mendeteksi kanak-kanak berenang di tepian, yang pasti menambah semarak atmosfer liburanmu.

2. Sahkan Kunjunganmu di Falajawa dan Landmark Ternate

Image credit: @zhafiribaay

Kunjunganmu ke Ternate belum sah kalau belum diambil foto dengan latar belakang tulisan Ternate di Falajawa. Mencicipi jajanan khas Ternate, seperti nasi jaha, lalampo, dan lain-lain, bisa banget kamu lakukan di sini.

Image credit: @whyusinaga

Falajawa juga menjadi titik menyelam yang cukup beken di seputar Ternate. Apabila kepingin berhasil sekedar berenang di laut, kamu tak harus khawatir. Pengelola Landmark Ternate mengadakan pelampung untuk para wisatawan.

Image credit: @ariefpattiiha (atas) dan @ayubsetyo (bawah)

Menanti matahari terbenam di wisata Ternate yang luar biasa ini tentu bakal mengasyikkan.

3. Segarkan Bayangan dan Mata di Masjid Al Munawwar

Image credit: @elislami

Masjid terbesar di Ternate ini dapat menampung hingga 15,000 jemaah, lho! Tak cuma mampir salat dan menyegarkan diri, anda dapat memandangi keelokan laut dari anjungan di samping masjid.

Image credit: @andree0426

Di dalam masjid, terdapat 4 pilar besar sebagai representasi 4 sahabat Rasul. Pilar tersebut juga melambangkan 4 Kesultanan di Maluku Utara, yakni Kesultanan Ternate, Tidore, Bacan, dan Jailolo.

4. Jelajah Sejarah Ternate di Fort Oranje

Image credit: @jojo.limatahu

Bangunan ini dulu adalah pusat pemerintahan paling tinggi Hindia Belanda sebelum pindah ke Batavia. Sekitar tahun 2015-2016, diadakan pemugaran besar-besaran agar Fort Oranje mampu difungsikan kembali. Saat ini, Fort Oranje telah dipakai untuk Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate.

Image credit: @pasarmelayuternate

Pemerintah wilayah juga sedang merevitalisasi Museum Rempah agar nantinya mampu memberikan pengetahuan menyeluruh tentang komoditas rempah di wilayah Indonesia Timur.

Image credit: @rachmat.avian (kiri) & @amatsheva (kanan)

Bermacam kegiatan menarik sering diadakan di sini, seperti Fort Oranje Cultural Jazz Festival pada bulan Februari 2019. Sore hari adalah waktu yang cocok untuk mendatangi wisata Ternate yang terletak di pusat kota ini.

5. Melihat Aset Berharga di Kedaton Sultan Ternate

Image credit: @julfiki_asbat

Bangunan mempunyai sejarah yang lain di Ternate yakni Kedaton Sultan Ternate yang masih menjadi tempat tinggal keluarga kesultanan. Agar dapat mendatangi wisata Ternate satu ini, kalian mesti giat bertanya kepada masyarakat setempat. Lantaran, ada waktu-waktu khusus kunjungan untuk umum, serta peraturan saat berada di dalam gedung.

Image credit: TripAdvisor

Menguak sejarah dan tradisi yang berhubungan dengan banyak barang aset keluarga Sultan Ternate, bisa jadi ‘oleh-oleh’ seru buat pecinta misteri. Sebagai contoh, ada ritual Istampa yang diadakan setiap Idul Adha, dalam rangka memotong rambut yang berkembang di dalam mahkota raja. Mistis dan unik, kan?

6. Menikmati Panorama alam Kota Ternate dari Benteng Tolukko

Image credit: @riantography

Benteng yang dulu diketahui dengan nama Benteng Hollandia ini instagrammable banget! Tak cuma itu, anda dapat menatap sekitar kota dari puncak benteng. Wajib masuk ke dalam catatan kunjungan wisata Ternate, nih!

Image credit: @ilhamarch

Jika anda perhatikan dengan seksama, bentuk benteng ini tidak simetris, lho! Walaupun masih kokoh berdiri sejak didirikan pada tahun 1540, tapi benteng ini mengikuti kontur bukit tempatnya berdiri. Namun perihal tersebut tidak kurangi keelokan Benteng Tolukko, apalagi pemerintah wilayah memenuhi benteng dengan halaman nan menarik.

7. Taklukkan Gunung Gamalama yang Masih Aktif

Image credit: @mexesscreamo

Sudah tiba di Ternate, luangkan untuk mendaki Gunung Gamalama. Kemolekan gunung setinggi 1,715 mdpl ini harus kamu buktikan dengan mata sendiri. Melewati hutan yang semakin rimbun saat kamu mendekati puncak, lalu memandang sekitar Pulau Ternate dari pucuk gunung. Wah, amat pengalaman yang luar biasa!

Image credit: @ukiwardoyo

Menurut keyakinan warga setempat, jumlah pendaki harus genap. Apabila ganjil, akan berlangsung musibah.Di samping mendoakan para pendaki, para tetua juga mengadakan ritual Kololi Kie, yakni mengitari Gunung Gamalama dan mendatangi tempat-tempat keramat di sekitarnya untuk memohon keselamatan Pulau Ternate. Tradisi ini diselenggarakan setiap April, waktu yang cocok untuk mendatangi Ternate, nih!

8. Sejuta Misteri di Danau Tolire

Image credit: @adriyansyahphotography

Danau yang bernuansa magis di kaki Gunung Gamalama ini menaruh beberapa mitos. Sebagai contoh, Portugis menenggelamkan harta rampasan dari kesultanan dan rakyat Ternate di danau ini. Sayangnya, jika anda tertarik untuk mencarinya, konon ada buaya putih yang berdiam di dasar danau. Percaya?

Image credit: @naim1218

Danau Tolire terdiri dari Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil yang posisinya bersebelahan. Memiliki panorama alam yang berdampingan indah, namun dengan pesonanya masing-masing. Oleh karna itu, kalian mesti pandai mencari angle diambil foto agar mampu mengabadikan setiap sudut Danau Tolire.

9. Berkaca di Atas Permukaan Air di Sulamadaha

Image credit: @rvanmy

Tak sabar kepingin berhasil bermain air selepas memandangi Danau Tolire? Berkunjunglah ke dan Hol Sulamadaha. Apabila kamu kepingin berhasil bertualang laut dengan perahu, tercantum untuk menyeberang ke Pulau Hiri, anda dapat mengarah Sulamadaha. Jika anda bakal menyelam, maka entry point berada di Hol Sulamadaha.

Image credit: @lensaawe

Air laut yang jernih mengizinkan kamu menatap ke dasar laut, dan membuat kapal terlihat mengawang di permukaan air. Percaya deh, kamu tak akan dapat menahan diri untuk terjun dan merasakan langsung kesegaran laut Ternate.

10. Temukan Rahasia di Pulau Hiri

Image credit: @ariarahman_

Apa yang terlintas di benakmu saat menatap photo Tomajiko? Ya, bongkahan batu yang disebut ‘Gurabala’ ini mungkin mengingatkanmu dengan Pulau Nusa Penida, Bali. Namun begitu, Pulau Hiri yang boleh anda kelilingi dengan berjalan kaki tak kalah indah dengan Nusa Penida, malahan menaruh permata tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh pelancong! Penasaran?

Image credit: @fihim_k

Berenang di Tomajiko memang kurang dianjurkan karena pantainya berbatu dan arus lautnya kencang.

Image credit: @nanchoachilles

Akan tapi, cukup banyak tempat yang aman untuk diambil foto, sampai-sampai anda dapat menghiasi feeds Instagram-mu dengan post yang akan membuat iri teman-temanmu.

11. Tantangan Night Diving di Talaga Nita

Image credit: @donnyaudi

Belum puas diving di Ternate? Gimana bila berupaya menyelam pada malam hari? Ya, banyak pelancong mancanegara melangsungkan ‘uji nyali’ dengan night diving dari titik masuk Talaga Nita. Maklum, airnya sangat jernih dan sekitar diterangi dengan lampu dari kota.

Image credit: @tukang.baronda

Wisata Ternate yang luar biasa ini diramaikan oleh terumbu karang padat dan makhluk laut yang unik seperti kuda laut kerdil (pygmy seahorse). Betul-betul pengalaman yang tiada duanya!

Image credit: @travendom

Bersedia sekedar duduk-duduk di pinggir juga tidak salah, kok! Ombak yang tenang (dan anda dapat mendeteksi ‘danau’ yang dangkal seperti pada photo di atas) dipastikan bisa mendinginkan pikiranmu.

12. Perjuangan yang Membuahkan Hasil di Jikomalamo

Image credit: @agamsatria_

Jangan heran bila kamu mendatangi ini dan suasananya sangat hening! Jikomalamo masih belum bisa dijangkau dari darat. Satu-satunya cara untuk mencapai ini yakni dengan memanfaatkan perahu dari Sulamadaha. Akan tapi, untuk penggila diving ataupun snorkeling, titik ini tidak boleh dilewatkan.

Image credit: @elislami

Karena aksesnya yang cukup susah, tak memiliki penjual masakan maupun sarana publik apapun. Namun begitu, jerih payahmu akan terbayar saat memandangi terumbu karang yang masih asli dan alami. Dengan panjang garis yang hanya 100 meter, mendatangi wisata Ternate ini akan buat anda merasa seperti berada di kolam renang terbuka.

13. Abadikan Panorama alam Duit Seribuan di Danau Ngade/Laguna

Image credit: @lynnhalianto

Jika anda tercantum wisatawan yang kepingin berhasil mendatangi Ternate karena gambar Pulau Maitara dan Tidore yang diabadikan pada duit pecahan seribuan, inilah tempat yang cocok untuk menatap kedua hal itu. Walau Danau Ngade maupun Danau Laguna bersebelahan dengan laut, tapi corak airnya selalu kehijauan. Istimewa, kan?

Image credit: @ilhamarch (kiri atas), @pangestu.polii (kiri bawah), dan @aan_rahman0107 (kanan)

Wisata Ternate yang luar biasa ini sudah sedang terpelihara dan dilengkapi dengan anjungan untuk diambil foto, tercantum ayunan yang menggantung di atas danau. Kamu juga bisa menikmati santapan khas Ternate di restoran apung yang tampak di pinggir danau.

14. Benteng Kalamata yang Memanjakan Mata

Image credit: @udisetiawan_

Kerasanya tidak lewat batas bila Ternate dijuluki pulau seribu benteng. Menutup jalan-jalanmu di Ternate, kunjungi aset Portugis yang lain, yakni Benteng Kalamata. Benteng yang sempat rusak karena abrasi laut ini, sudah dipugar oleh pemerintah wilayah sampai-sampai kembali terlihat gagah dan kokoh. Agar dapat merambah benteng ini, tidak dipungut biaya, lho!

Image credit: @azwar.aslam

Mampir ke benteng yang berjarak 750 meter dari Pelabuhan Bastiong ini, anda dapat diambil foto dengan latar belakang Pulau Maitara dan Tidore. Jelasnya sayang untuk dilewatkan!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *