13 Wisata Jogja Untuk Pecinta Ketinggian

Posted on

Kalau memperdebatkan tentang wisata Jogja, tentu tak ada habisnya. Mulai wisata di Jogja berupa pantai yang totalnya sekitar 68 buah itu. Hingga wisata sejarah dan budaya yang juga bisa didatangi kapan saja. Maupun buat kalian yang suka belanja, jogja juga memiliki banyak tempat wisata belanja. Yang jelas, wisata Jogja itu banyak pilihannya. Tinggal kalian suka dengan kategori wisata jogja yang mana!

Untuk para pecinta tempat besar, maupun pecinta ketinggian juga juga sangat dimanjakan kalau menyempatkan diri untuk liburan ke Jogja! Karena ada banyak wisata jogja yang cocok untuk para pecinta ketinggian. Sebut saja yang sudah populer sebelumnya, Kalibiru. Maupun yang tak jauh dari jogja dengan panorama alam Candi Prambanan, Spot Riyadi.

Yang jelas, wisata jogja yang berhubungan dengan tempat besar itu ada banyak. Terus sebagian besar tempat wisata di Jogja ini sangat Instagramgenik. Jadi jangan cemas tidak mendapatkan photo menawan disini ya. Tinggal seleksi saja kalian bersedia berkunjung ke tempat wisata ketinggian yang mana kalau lagi liburan ke Jogja.

Yup, sudah penasaran belum? Dibawah ini yakni 13 wisata Jogja untuk para pecinta ketinggian!

Buat kalian yang suka dengan ketinggian, wajib banget berkunjung ke beberapa tempat wisata di Jogja ini ya!

1. Puncak Pinus Pengger

Puncak Pinus Pengger, wisata jogja yang menarik untuk pecinta ketinggian dan sebuah tempat wisata romantis di Jogja via @m.habib_nasrullah
Puncak Pinus Pengger, wisata jogja yang menarik untuk pecinta ketinggian dan sebuah tempat wisata romantis di Jogja via @meter.habib_nasrullah

Suasananya romantis, pemandangannya fantastis. Mungkin seperti itu yang menggambarkan keberadaan Puncak Pinus Pengger ini. Hutan Pinus Pengger ini bukanlah wisata baru di Jogja, namun keberadaannya sudah timbul cukup lama. Gara-gara media sosial keberadaan Pinus pengger timbul dengan kilat ke permukaan, dan diketahui sebagai tempat wisata Jogja yang instagramable.

Tempat wisata ini juga favorite para pecinta ketinggian lho. Karena Puncak Pinus Pengger ini lokasinya cukup besar. Lebih lagi kalau berkunjung ke Pinus Pengger saat malam hari tiba. Diyakinkan, dari sini kalian bisa menikmati kerlip sinar lampu kota. Dari kejauhan, kerlip lampu tersebut nampak indah sekali memanjakan mata.

Alamat Pinus Pengger ini berada di Dusun Sendangsari desa Terong Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, maupun kalian bisa mendeteksi letak Pinus Pengger di Google Maps disini. Biaya parkir di Pinus Pengger yakni Sebesar IDR 2000 untuk sepeda motor dan IDR 5000 untuk mobil.

2. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan salah satu tempat wisata instagramable di Jogja via @gunawanwicaksana28
Jurang Tembelan satu di antara tempat wisata instagramable di Jogja via @gunawanwicaksana28

Jurang Tembelan termasuk tempat wisata Jogja terbaru. Lagi-lagi tempat wisata ini menjadi populer karena Instagram. Lokasinya yang ada di ketinggian memang buatnya menjadi tempat menarik untuk hunting photo Instagram. Apalagi kalau latar belakangnya sedang penuh awan putih dan agak berkabut. Kian keren saja pasti hasil fotonya.

Alamat Jurang Tembelan ini berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Jarak Jurang Tembelan dari pusat kota jogja yakni sekitar 22 kilometer. Untuk mengarah ke tempat ini dengan petualangan darat akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam petualangan. Apabila kepingin berhasil bertolak ke Jurang Tembelan, kalian bisa memanfaatkan petunjuk letak Jurang Tembelan di Google Maps disini.

3. Bukit Isis Kulon Progo

Bukit Isis Jogja via @toto.handoko
Bukit Isis Jogja via @toto.handoko

Namanya Bukit Isis ini sesungguhnya unik, walau sebagian orang mungkin akan bilang aneh. Karena Isis sendiri berasal dari kata “Ngisis”, maupun “Isis” dalam bahasa jawa maksudnya yakni fresh maupun dingin. Jadi memang berada di Bukit Isis Jogja ini badan akan merasakan atmosfer yang sejuk dan fresh saat liburan. Pantas saja ada seluruh orang kepingin berhasil berkunjung ke tempat wisata Jogja yang satu ini ya?

Alamat dari Bukit Isis ini yakni berada di Desa Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kab Kulon Progo, Yogyakata. Karena kesegarannya dan pemandangannya yang indah, bukit ini menjadi satu di antara tempat wisata di Jogya yang cukup favorite. Apalagi hanya dengan membayar IDR 3000, kalian sudah bisa menikmati indahnya pegunungan menoreh. Cara mengarah ke Bukit Isis Jogja ini kalian bisa memakai petunjuk letak Bukit Isis di Google Maps disini.

4. Bukit Kosakora/Puncak Kosakora

Puncak Kosakora atau dikenal juga dengan nama Bukit Kosakora @anthonyleonardhutagaol
Puncak Kosakora maupun diketahui juga dengan nama Bukit Kosakora @anthonyleonardhutagaol

Ada yang mengenalnya dengan nama Bukit Kosakora. Namun beberapa orang lebih tahu nama tempat ini sebagai Puncak Kosakora. Namun, apapun namanya, ini yakni satu di antara tempat wisata di Jogja yang menjadi favorite para pecinta ketinggian. Posisi Puncak Kosakora ini juga tak jauh dari Drini. Jadi bisa sekalian mampir ke deh sehabis berkunjung ke tempat ini.

Walaupun diketahui dengan nama Puncak Kosakora, sesungguhnya tempat ini tak begitu besar. Hanya kurang dari 60 Mdpl ketinggiannya. Namun begitu, panorama alam dari tempat ini begitu indah. Dari sini kalian bisa menikmati lautan selatan dengan ombaknya yang menantang. Bukit ini memang halangi Pantai Drini dan Pantai Kukup, jadi wajar kalau kalian bisa memandang ombak disini.

Apabila kepingin berhasil bertolak ke Bukit Kosakora, kalian bisa mengikuti rute mengarah ke Bukit Kosakora di Google Maps disini. Kalian juga bisa menginap disini untuk melihat momen sunrise yang indah. Bisa membawa sendiri dari rumah maupun menyewanya disini dengan harga IDR 60.000 untuk tenda kecil maupun IDR 100.000 untuk tenda berdimensi besar.

5. Spot Riyadi

Pemandangan dari Spot Riyadi begitu indah seperti ini @bagusbip
Panorama alam dari Spot Riyadi begitu indah seperti ini @bagusbip

Mungkin kalian sudah kerap maupun pernah berkunjung ke Candi Prambanan. Namun macam mana kalau kalian menikmati kemolekan Candi Prambanan dari ketingian? Tentu akan menjadi pengalaman yang menarik bukan. Lebih lagi, buat kalian yang doyan hunting photo di Instagram. Namanya Spot Riyadi, dari sini kalian bisa melihat panorama alam indah Candi Prambanan dari kejauhan.

Lokasi Spot Riyadi sendiri berada di perbukitan selatan Prambanan. Alamat lengkapnya berada di dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Wilayah Istimewa Yogyakarta. Maupun akan lebih mudah kalau kalian bertolak kesana dengan memakai petunjuk letak Spot Riyadi di Google Maps disini.

6. Puncak Becici

Puncak Becici di Hutan Pinus Becici Jogja via @haifid_
Puncak Becici di Hutan Pinus Becici Jogja via @haifid_

Puncak Becici ini dikenal sebagai tempat wisata Jogja dengan pemandangannya yang indah. Dari Puncak Becici ini kalian bisa menikmati deretan pepohonan hijau yang bersih dari ketinggian. Lebih lagi, pada cuaca terang, dari sini akan kelihatan jelas Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di kejauhan.

Tempat yang diketahui sebagai Puncak Becici ini juga memiliki hawa yang sejuk, atmosfer yang fresh. Apabila kalian berkunjung pada pada sore hari yang juga waktu terbaik berkunjung ke Puncak Becici, kalian tampaknya bisa menikmati sunset yang begitu indah. Kalau kalian cermat, kecantikan Candi Prambanan dan Selatan juga akan kelihatan dari bagian bukit Puncak Becici ini.

Alamat lengkap Puncak Becici ini berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul maupun sekitar 30 Kilo meter dari pusat kota Yogyakarta. Kalian bisa bertolak ke Puncak Becici dengan memakai petunjuk letak Puncak Becici di Google Maps disini. Tiket masuk Puncak Becici yakni IDR 2.000. Selagi itu biaya parkir roda 2 Rp 2.000, mobil IDR 5.000, dan bis IDR 20.000.

7. Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojogumelem via @aldybaihaqi
Bukit Mojogumelem via @aldybaihaqi

Diketahui dengan nama Bukit Mojo Gumelem ternyata karena memang letak bukit ini berada di Gumelem, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya masih searah dengan rute mengarah ke Bukit Pangguk lho. Jadi mungkin kalian bisa mampir ke Bukit Pangguk sekalian kalau berkunjung ke tempat wisata Jogja berbentuk bukit ini.

Yang menarik dari tempat wisata Bukit Mojo Gumelem ini yakni keberadaan tempat selfie yang unik dan tidak biasa. Ada tempat selfie unik berbentuk sarang burung raksasa di atas Bukit Mojo Gumelem. Saking uniknya, spot sarang burung ini menjadi tempat photo paling favorite para tamu Bukit Mojo.

Cara bertolak ke Bukit Mojo Gumelem yakni dengan memakai petunjuk letak Bukit Mojogumelem di Google Maps disini. Perlu dicatat, biaya parkir disini yakni IDR 2000 per motor. Selagi itu kalau kepingin berhasil photo di selfie spot Bukit Mojo Gumelem akan dipakai biaya IDR 3000. Tidak begitu mahal kan tempat wisata Jogja yang satu ini?

8. Gardu Pandang Kalibiru

Pemandangan di Kalibiru tetap terbaik! via @dfa.dilla
Panorama alam di Kalibiru tetap terbaik! via @dfa.dilla

Kalibiru yakni satu di antara tempat wisata di Jogja yang sempat melejit beberapa tahun dulu. Sampai sekarang juga Kalibiru ini yakni satu di antara tempat favorite untuk didatangi kalau liburan ke Jogja. Daya tarik utama dari tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo ini yakni gardu pandang dengan panorama alam Waduk Sermo.

Tempat ini berada di ketinggian 450 mdpl, jadi wajar kalau pemandangannya begitu indah. Lebih lagi kalau diambil foto di Gardu Pandangnya. Pasti bagus sekali untuk mengisi feed account Instagram kalian. Cara bertolak ke Kalibiru yakni dengan memakai petunjuk letak Kalibiru di Google Maps disini.

9. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu dengan pemandangannya yang syahdu via @diahrtnasari
Bukit Lintang Sewu dengan pemandangannya yang syahdu via @diahrtnasari

Bukit Lintang Sewu ini berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat wisata Bukit Lintang Sewu ini terkategori tempat wisata di Jogja yang baru. Karena itu kondisinya masih sangat alami.

Tempat wisata di Dlingo ini dibesarkan mulai dari bulan Januari 2016 lalu. Lalu setelah itu menjadi beken karena photo Bukit Lintang Sewu mulai bertebaran di Instagram. Memang, Bukit Lintang Sewu memiliki beberapa tempat untuk diambil foto dengan latar panorama alam pegunungan yang indah. Lebih lagi sembari menikmati sunset dari bukit ini.

Untuk bertolak ke Bukit Lintang Sewu kalian bisa memakai petunjuk letak Bukit Lintang Sewu di Google Maps disini. Tempat ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Untuk masuk ke Bukit Lintang Sewu, kalian cukup membayar tiket IDR 2000 dan parkir motor 2000 maupun parkir mobil 3000. Sarana Bukit Lintang Sewu juga sedang lengkap kok!

10. Bukit Panguk Kediwung

Suasana pagi hari di Bukit Pangguk Kedliwung via @agusnihsan
Atmosfer pagi hari di Bukit Pangguk Kedliwung via @agusnihsan

Bukit Pangguk Kediwung ini adalah tempat wisata di Jogja yang asik untuk menikmati suasana sunrise atau matahari terbit. Siapa yang tidak suka menikmati matahari timbul dari ufuk timur dihiasi dengan awan putih yang penuhi tatapan mata.

Lokasinya juga masih bersebelahan denga Kebun Buah Mangunan. Jadi kalian bisa mampir juga kesana. Untuk alamat lengkap Bukit Pangguk Kediwung yakni berada di Dusung Kediwung Desa Mangunan Kec Dlingo, Kab Bantul, Yogyakarta. Cara mengarah ke Bukit Pangguk Kediwung ini yakni dengan mengikuti petunjuk letak Bukit Pangguk Kediwung di Google Maps disini.

Daya tarik utama dari tempat wisata Jogja ini yakni spot photo dengan latar lautan awan. Jadi diambil foto disini seakan kalian sedang melayang diatas awan begitu. Tarif masuknya juga cukup murah, terus tarif parkir sepeda motor yakni IDR 2000 selagi tarif parkir mobil yakni IDR 5000.

11. Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur tempat camping di Jogja yang asik untuk berburu foto @fandiryan
Tebing Watu Mabur tempat camping di Jogja yang asyik untuk hunting photo @fandiryan

Mencari tempat camping yang asyik di Jogja? Beruntung deh kalian mendeteksi tempat wisata Jogja yang namanya Tebing Watu Mabur ini. Tempat ini memang sebuah wisata perkemahan maupun camping Ground di Jogjakarta.

Alamat lengkap Tebing Watu Mabur ini yakni di dusun Lemahang, Mangunan, Dlingo, Bantul, Wilayah Istimewa Yogyakarta. Gak tidak gampang kok mendeteksi tempat ini. Gunakan saja petunjuk peta letak Tebing Watu Mabur di Google Maps disini.

Berkemah sembari menikmati panorama alam indah perbukitan hijau dan Sungai Oyo di kejauhan tentu akan mengasyikkan. Apalagi kalau kalian bangun pagi, lali menikmati kabut yang datang sembari menunggu semburat sinar matahari yang berkilau keemasan. Siapa yang tahan untuk tidak menikmati atmosfer itu?

12. Bukit Cendana

Bukit Cendana Jogjakarta via @ariesieass
Bukit Cendana Jogjakarta via @ariesieass

Bukit Cendana adalah tempat wisata terbaru di Kulon Progo yang menawarkan kemolekan alam jogjakarta. Tempat wisata di Jogja ini baru dibuka pada bulan januari 2017. Jadi wajar kalau mungkin Bukit Cendana akan banyak berbenah. Namun jangan salah, panorama alam dari Bukit Cendana di Kulon Progo ini ak kalah indah dengan tempat wisata yang lain di Jogjakarta kok.

Menciptakan letak Bukit Cendana ini cukup mudah. Apalagi sudah ada petunjuk letak Bukit Cendana di Google Maps disini. Jadi kalian tinggal mengikutinya dengan memakai aplikasi di smartphone kalian. Yang jelas, alamat lengkap dari Bukit Cendana yakni di Dusun Tegiri 2, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta.

13. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan yang penuh dengan awan via @kebunbuahmangunanbantul
Kebun Buah Mangunan yang penuh dengan awan via @kebunbuahmangunanbantul

Wisata Jogja Kebun Buah Mangunan ini memiliki julukan sebagai Negeri Atas Awan. Unik memang. Sebenarnya ketinggian tempat ini hanya sekitar 200 mdpl. Namun memang pada kondisi tertentu, lebih-lebih pada pagi hari, tempat ini akan diselimuti kabut putih yang kelihatan seperti awan. Sampai-sampai membuat Kebun Buah Mangunan kelihatan seperti di atas awan.

Alamat Kebun Buah Mangunan ini berada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Cara mengarah ke Kebun Buah Mangunan juga gampang. Kalian tinggal mengikuti petunuk letak Kebun Buah Mangunan di Google Maps disini. Jangan sampai lupa membawa kamera kalian kalau berkunjung kesini. Soalnya panorama alam tempat ini begitu sayang untuk tidak diabadikan.

***

Sedianya masih ada banyak tempat wisata di Jogja yang menarik. Namun semoga 13 wisata Jogja untuk para pecinta tempat besar ini bisa membantu kalian yang sedang mengatur liburan ke Jogja. Jangan sampai lupa, untuk data dan inspirasi wisata terkini.
Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *