11 kegiatan Seru Di Kepulauan Seribu Untuk Liburan Yang Mengesankan

Posted on

11 kegiatan Seru Di Kepulauan Seribu Untuk Liburan Yang Mengesankan

Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi wisata ngehits di wilayah Istimewa Jakarta. Berada sedikit di luar kota, Kepulauan Seribu menawarkan beragam keseruan untuk liburan kamu.

Namun, tidak sedikit yang mendapatkan kesan ala kadarnya ketika berkunjung ke Kepulauan Seribu walaupun destinasi wisatanya sendiri jumlahnya sangat banyak, mulai dari Pulau Tidung hingga Pulau Pantara. Bisa jadi, mereka yang berkunjung ke sini tidak memiliki rencana aktivitas yang asik. walhasil, liburan ke Pulau Seribu juga berakhir biasa-biasa saja.

Kalau kamu tidak ingin menjadi salah satu dari mereka yang merasa rugi, simak saran kegiatan seru di Kepulauan Seribu yang bakal membuat liburan kamu sangat berkesan dan mengasyikkan ini.

1. Menikmati panorama bawah laut Kepulauan SeribuSalah satu kegiatan seru di Kepulauan Seribu yang harus kamu coba merupakan diving dan snorkeling. Rugi bila liburan ke pulau tropis tetapi tidak menikmati alam bawah lautnya. Namun yang jadi pertanyaannya, pulau mana di Kepulauan Seribu yang memiliki panorama bawah laut yang menarik?

Image credit: @pulauseribu. jakartaPulau Payung di dekat Pulau Tidung sempat jadi pilihan, tetapi karena sangat kerap terkena jangkar kapal, koralnya juga sudah banyak yang rusak. Opsi lain yang bisa dituju merupakan Pulau Semak Daun. Tidak hanya pantainya yang menawan, ombak yang tenang dan air yang jernih, tetapi juga memiliki spot panorama yang bagus.

Image credit: @izhar_fausttourAlternatif yang lain merupakan mengarah ke Pulau Gosong Perak ataupun Pulau Kayu Angin Genteng. Bukan hanya pulaunya yang eksotis, kamu juga bisa memandang ikan yang menari di bawahnya. sedangkan kamu yang tertarik melaksanakan diving ke laut yang lebih dalam, Pulau Patondan Timur bisa jadi opsi yang layak dipertimbangkan.

Image credit: @rmadhany

2. hunting Tenggiri, Red Snapper Hingga Grouper

Image credit: @tirta_buana_pancingPenghobi mancing tidak bisa melupakan Kepulauan Seribu sebagai salah satu destinasi tujuan. Di beberapa posisi, kamu bisa memasang sasaran ikan, mulai dari tengiri, red snapper, grouper, trevally hingga skipjack tuna. Wow!

Image credit: Komunitas Mancing Pulau SeribuNamun, perlu dicermati waktu dan momen yang pas untuk hunting ikan sasaran tersebut. Periode Maret hingga September disebut sebagai waktu yang pas untuk hunting dan tempat seperti karang dalam, karang dangkal, rumpon hingga karang sekitar pulau bisa dijadikan spot untuk casting.

3. kegiatan Seru Di Kepulauan Seribu Untuk Liburan Yang Mengesankan Bercumbu dengan HiuGara-gara film Jaws Steven Spielberg, kira-kira seluruhnya cemas pada hiu. sementara itu, tidak semua hiu itu ganas, terlebih lagi tidak jarang yang ramah dan bisa diajak bermain.

Image credit: @wulandaritngKamu bisa meyakinkannya langsung di Penangkaran Hiu di gugusan Kepulauan Seribu, yang posisinya tidak jauh dari Pulau Pramuka. Tidak semata-mata memandang mereka berenang ke sana ke mari, kamu juga bisa memberinya makan lho.

Bonusnya, tidak hanya bisa bercengkrama dengan hiu, kamu juga bisa menikmati kuliner yang ada, sekalian sunset indah di Pulau Pramuka, bila ingin bertahan hingga sore.

4. Menyelamatkan penyu sisik

Image credit: @viez_lieJika kamu memiliki jiwa petualang dan hirau pada alam, ikut beraktifitas dalam pelestarian penyu sisik di Kepulauan Seribu merupakan hal yang mengasyikkan. paling tidak ada 3 spot asik untuk ikut menyelamatkan kelestarian penyu sisik ini.

Pulau Kelapa 2, juga di Pulau Pramuka dan Pulau Semak Daun merupakan 3 spot penangkaran penyu sisik di Kepulauan Seribu. Kamu bisa membantu tukik, ataupun anak penyu, kembali ke laut, ataupun juga menunggu telur-telur penyu menetas. terlebih lagi, kalau beruntung, kamu bisa memandang kegiatan penyu berusia bertelur. tetapi awas, jangan berisik dan mengusik ya, karena penyu sangat sensitif terhadap suara dan sinar saat proses bertelur.

Image credit: @calistagracia

5. memandang langsung maskot Jakarta, elang Bondol, di Pulau KotokApakah kamu tahu maskot Jakarta? mau berhasil melihatnya secara langsung?

Image credit: @adityoopratomoElang Bondol adalah maskot bunda kota yang habitat aslinya ada di wilayah tepi laut yang berlumpur seperti hutan mangrove, muara sungai dan pesisir tepi laut. Namun bila kamu tidak mau berhasil sangat kesulitan memandang Elang Bondol, langsung saja mengarah ke Pulau Kotok.

Pulau ini menjadi pusat konservasi Elang Bondol, yang saat ini dikatakan berada di ambang kepunahan. Wilayah konservasi juga diciptakan semirip mungkin dengan habitat asli Elang Bondol, agar sehabis dilepas nanti bisa langsung menyesuaikan diri dengan kehidupan liar. tidak hanya memandang Elang Bondol, kamu juga bisa menikmai Pulau Kotok yang asri dengan tepi laut berpasir putih dan ombak yang tenang. Spot asik untuk bersantai, kan?

6. Bersantai di Cottage nan Instagenik di Pulau AyerImage credit: Pulau AyerBerada di Pulau Ayer seakan membawa siapa juga pengunjungnya ke Maldives. Cottage yang tersebar di atas laut, tersambung dengan jembatan dari kayu, menawarkan nuansa dan panorama alam yang keren banget.

Image credit: Pulau Ayer

Kalau berminat, kamu juga bisa menginap di Floating Cottage ini. Fasilitasnya cukup lengkap, mulai dari AC hingga shower dengan air dingin. Ada ATM juga lho di posisi!

intermezo lain yang bisa kamu nikmati merupakan dengan berjalan-jalan di Pulau Ayer. namun hati-hati ya, terdapat larangan keras untuk snorkeling di wilayah ini karena pencemaran air di Pulau Ayer yang cukup besar.

7. Menguak sejarah dan menjelajahi benteng di 3 Pulau (Onrust, Cipir dan Kelor) Image credit: @bandar_wisataSejuta aset sejarah, seperti itu kesan yang timbul saat mendatangi Pulau Onrust, Cipir dan Kelor. Mulai dari menelusuri museum hingga memandang sisa reruntuhan benteng di pulau Kelor, kamu akan memandang Kepulauan Seribu dari sisi yang sangat berbeda. kegiatan Seru Di Kepulauan Seribu Untuk Liburan Yang Mengesankan

Image credit: @aditanofBenteng Martello menjadi daya tarik tertentu di Pulau Kelor, sedangkan meriam berumur lebih dari 17 abad tersaji di Pulau Onrust. Kamu juga bisa berkelana di museum Pulau Onrust untuk mengenali secara pasti catatan sejarah apa saja yang mengaitkan Kepulauan Seribu.

 

8. Water sport Seru-seruanAktivitas seru di Kepulauan Seribu yang lain, sekalian berhura-hura, seru-seruan dan menaikkan adrenalin, water sport merupakan pilihan yang paling masuk ide untuk diseleksi.

Image credit: Aventura (kiri) dan Bidadari Island (kanan) Sayangnya, game water sport belum terpusat di satu tempat dan kamu harus berangkat dari satu pulau ke pulau lain untuk berupaya wahana berbeda. Banana boat, semisal, bisa dinikmati di Pulau Tidung, sedangkan game jet ski di Pulau Ayer. Namun untuk destinasi wisata yang cukup lengkap, kamu bisa mengarah ke Pulau Sepa yang mengadakan wahana jet ski, water ski, aqua board hingga knee board. Seru!

9. Loncat dari Jembatan Cinta

Loncat dari jembatan? Ya! Di Pulau Tidung, hal ini terlebih lagi jadi agenda wajib tiap turis. Jembatan Cinta berada di antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, tingginya sekitar 5-6 meter. Dinamakan begitu karena konon dulu ada 2 sepasang yang menciptakan cinta mereka di jembatan ini.

Terlepas dari benar ataupun tidaknya cerita tersebut, Jembatan Cinta merupakan posisi seru sekalian romantis. Traveler bisa menguji nyali dengan loncat ke dari titik paling tinggi Jembatan Cinta langsung ke perairan jernih di bawahnya. Byur!

Jangan cemas, perairan di bawah jembatan ini cukup dalam dan tanpa karang. Anda tak akan terbentur karang apalagi menabrak dasar lautan. Saat detikTravel mencobanya, adrenalin merasa mengalir kencang. tetapi sehabis loncat, rupa-rupanya kerasanya bikin kecanduan.

sehabis lelah berenang dan loncat dari Jembatan Cinta, luangkan diri istirahat dan menikmati sunset di Jembatan Cinta. Semburat corak oranye kemerahan berpadu dengan awan yang lama-lama menggelap akan menutup hari Anda dengan sempurna.

10. Jalan kaki dari Tidung Besar ke Tidung Kecil, dan kebalikannya

Masih di kawasan Jembatan Cinta, turis akan memandang jembatan kayu yang sangat panjang. tidak hanya Jembatan Cinta, jalur di jembatan ini tanpa pagar. Kayunya juga bolong di beberapa tempat, Anda bisa memandang perairan biru muda dan ikan-ikan seliweran dari celah kayunya.

Hati-hati. seperti itu hal pertama yang harus Anda ketahui saat menyusuri jembatan dari Tidung Besar ke Tidung Kecil. Panjang jembatan ini mencapai 800 meter, bolak-balik mencapai 1, 6 kilometer! Kalau Anda menyusurinya di siang bolong, ada baiknya membawa air mineral botolan agar tidak kehausan di tengah jalan.

Warga setempat mengakui jembatan ini sebagai yang terpanjang di Kepulauan Seribu. Eits, jangan sangsi dulu sebelum mencobanya sendiri. Begitu tiba di Tidung Kecil, turis bisa memandang pembudidayaan karang dan bakau. tetapi sepanjang ekspedisi Anda tak akan bosan. Perairan sekitar jembatan ini sangat bersih, ikan-ikan yang berenang di sela-sela karang seperti menghibur turis!

11. Naik sepeda keliling pulau

tidak hanya motor, sepeda merupakan perlengkapan transportasi utama di Pulau Tidung. Tak susah untuk mencari rental sepeda, mengingat Pulau Tidung hanya sepanjang 5 kilometer dengan 3 jalur utama. turis tak mungkin tersesat!

kebanyakan rental sepeda ada di bagian tengah Pulau Tidung, dekat pelabuhan. Harga sewanya tak mahal, Rp 10. 000-25. 000 saja seharian. Ya, Anda bisa menggowes sepeda dari pagi sampai larut malam.

Anda bisa mulai bersepeda dari mana saja. Ya, leluasa! 3 jalur utama di pulau ini sudah dilapisi paving blok sampai-sampai nyaman untuk bersepeda. Traveler bisa menyusuri jalur utama dari sisi timur sampai sisi paling barat. Melewati Kantor Kecamatan, Puskesmas, Balai Desa, sekolah-sekolah, hingga tiba di Jembatan Cinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *