10 Tempat Wisata Pantai Di Yogyakarta Terindah Yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

pantai wedi ombo gunungkidul jogja by edydjunarko

Yogyakarta selalu menjadi tujuan wisata paling ramai sepanjang waktu liburan. Ini selalu diisyarati dengan macet nya beberapa ruas jalan di dalam kota ataupun di luar kota mengarah ke kota yogyakarta. Tidak hanya populer dengan kota pelajarnya yogyakarta memang populer sebagai kota wisata dan kota budaya.

Wisata di yogyakarta juga bisa dijumpai dengan gampang mulai dari bibir sampai puncak paling tinggi di kaliurang. Mulai dari wisata , wisata budaya jogja, wisata kerajinan, dan beragam. Pastinya masing-masing tempat wisata punya keunikan sendiri.

Cobalah sesekali meluangkan waktu beberapa hari di kota yogyakarta dengan menginap. Pastinya turis akan lebih banyak lagi mengeksplore beraneka destinasi wisata di kota pelajar ini. Tak perlu khawatir untuk maslah tempat menginap, di kota yogyakarta sudah tersuguh ratusan losmen, homestay, hotel mulai dari 50.000 / malam sampai puluhan juta per malam nya, tinggal menatap kondisi keuangan kita.

Wisata di yogyakarta, Selalu menjadi tujuan utama para turis yang berkunjung ke jogja. Betapa tidak, wisata di kota gudeg ini memang beraneka rupa. Mulai dari pasir putih dengan karang, lalu ber pasir hitam juga ada. Semua terbentang dari ujung timur kabupaten gunungkidul smpai ujung barat di kabupaten kulon progo.

Ya kali ini, Kami akan membahas wisata di yogyakarta yang populer dengan keindahannya. tersebut berada di 3 kabupaten di yogyakarta yakni di gunungkidul, di bantul dan di kulon progo. Berikut kami telah merangkumnya dalam 10 wisata di yogyakarta.

1. Pantai Nglambor gunungkidul yogyakarta

snorkling pantai nglambor by keisuke_hendie

nglambor, Sebuah di gunungkidul yang baru-baru ini menjadi primadona baru, pasalanya di yang didominasi batuan karang ini tamu bisa melaksanakan snorkling. Secara alami memang nglambor ini terdapat tempat alami semacam kolam raksasa dimana ikan-ikan laut dan beraneka biota laut bernenag secara leluasa di tempat ini.

wisata di yogyakarta yang berada di kabupaten gunungkidul maupun lebih tepatnya berada di  desa purwodadi, kectepus, kabgunungkidul, yogyakarta, masih satu rute  dengan siung dan jogan dan beberapa gunungkidul lainya. sampai-sampai rute mengarah ke nglambor ini tidak sangat susah.

Rute mengarah nglambor sendiri sangant mudah. dari kota yogyakarta langsung mengarah ke jalan wonosari naik terus mengarah ke pusat kota wonosari. Sesudah ketemu alun-alun masih lurus. sesudah lampu merah pasar wonsoari ada pertigaan ambil kanan ke arah baron.

Sesudah sampai di baron langsung ambil arah kiri, mengarah ke arah indrayanti. ya sesudah sampi di sana masih lurus sekitar 5 kilo meter. nanti di pinggir jalan ada papan petunjuk arah mengarah ke nglambor. Sarana yang tersuguh di nglambor ini cukup komplit. mulai dari toilet dan kamar mandi tempat tukar pakaian. Lalu disna sudah ada beberapa tempat penyewaan perkakas snorkling yang mematok harga antara 50.000 sampai 75.000 per orang nya. Jadi tamu tak wajib repot-repot membawa perkakas snorkling.

2. Pantai pok tunggal gunungkidul

pantai pok tunggal

Pok tunggal, yaitu yang di bibir pantainya terdapat sebuah tumbuhan langka. Tumbuhan tersebut yaitu tumbuhan duras, tanaman langka yang memang di masyarakat setempat dipelihara. Tidak hanya langka, tumbuhan duras inilah yang menjadi primadona di pok tunggal.

Kira-kira sama dengan gunungkidul yang lain. pok tunggal juga memiliki pasir putih dengan mahal gelombang yang aman untuk bermain air kanak-kanak sampai berumur. Di sepanjang juga terdapat gugus pegunungan kapur khas gunungkidul.

Letak wisata pok tunggal berada di Tepus, Tepus, Gunungkidul Jogja. Posisi pok tunggal masih berada dalam satu lingkungan wisata baron.  Wisata  pok tunggal ada di koordinat GPS: S8°9’20” E110°37’17”

Sarana di pok tunggal ini cukup lengkap sesudah ini ramai di kunjungi. Di pok tunggal sudah tersuguh beberapa sarana kamar mandi yang bersih. Hanya saja sangat disayangkan, penginapan terdekat dari pok tunggal berada di indrayanti.

Yang indah dari ini yaitu fenomena sunsetnya. tak cuma indah sunset di pok tunggal ini snagat romantis dengan gradasi corak biru laut yang ketemu dengan corak jingga pancaran dari matahari tenggelam. Itu yaitu sebuah fenomena sunset yang sangat indah di pok tunggal.

pok tunggal ini yaitu satu dari semua saran yangbisa di gunakan untuk camping. Bagi yang kepingin berhasil berkemah di antai pok tunggal ini diharuskan melapor dahulu ke pengelola. Agar pada malam harinya ada petugas yang cuma menjaga keamanan para turis.

3. Pantai goa cemara bantul yogyakarta

pantai goa cemara

Wisata di yogyakarta yang terletak di kabupaten bantul yogyakarta ini juga tercantum satu dari semua yang unik dengan adanya ribuan tumbuhan cemara laut di bibir , Setiap celah tumbuhan cemara itu membentuk sebuah lorong panjang yang mirip sepeti goa, maka pelan laun ini diberi nama goa cemara.

yang terletak di dusun Patehan,  Gandingsari, kec Sanden, kabupaten Bantul, Jogja ini  memiliki pasir hitam, sangat kontras apabila di bandingkan dengan pantai-pantai di gunungkidul yang berpasir putih. Namun jangan salah goa cemara memiliki pesona kemolekan yang begitu memesona.

Untuk perkara kebersihan , pengelola sangat mencermati pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan . ini dibuktikan dengan kira-kira tidak adanya sampah yang berantakan, tapi mungkin di beberapa waktu seperti waktu liburan petugas kebersihan kewalahan dengan adanya sampah yagn menumpuk. Inilah yang masih menjadi PR pemerintah untuk biasakan masyarakatnya membuang sampah di tempaynya.

Sarana yang disediakan untuk kenyamanan pengunjungpun cukup lengkap. Toilet dan kamar mandi yang menjadi tolak ukur sarana tersuguh secara cukup dan bersih. Disepanjang bibirpantai banyak terdpat warung makan seafood untuk memanjakan perut para turis.

Penyewaan ATV maupun motor kecil dengan roda 4 juga tersuguh disini, hanyadengan membayar tarif atv 50rb sampai 75ribu pengujung bisa berkelana goa cemara dan menembus lebatnya tumbuhan cemara. Hanya saja sampai regu piknik asyik terakhir ke goa cemara , belum tersuguh penginapan mauapun losmen di sekitar .

4. Pantai jogan gunungkidul yogyakarta

pantai jogan

wisata di yogyakarta yang terkategori unik ini diberi nama jogan, satu-satunya di yogyakarta yang memiliki air terjun di bibir . Air yang bersumber langsung dari pegunungan karst gunungkidul ini langsung terjun ke air laut dan menyatu di bibir .

Sebuah kemolekan luar bisa yang masih tersembunyi di balik pegunungan kapur khas gunungkidul. Hanya saja untuk mengarah ke yang indah ini membutuhkan perjuangan yang berat. harus melewati petualangan yang naik turun. lalu sebelum masuk ke harus menelusuri jalanan berbatu.

Tapi perjuangan mengarah ke ini akan terbayar dengan lunas saat sudah berda di ini. Wisatawan bisa bermandi di bawah air terjun saat tidak dalam kondisi pasang. Kemolekan kedua yang akan didapat yaitu saat sunset. tamu bisa mengabadikan momen maatahari tenggelam dengan panorama alam lepas dan air terjun.

Sarana di inipun terkategori masih sangat terbatas. Dipantai ini hanya ada terdapat kamar mandi simpel buatan warga setempat dan warung-warung jajanan yang menjual santapan ringan dan minuman air mineral.  jadi diharapkan bagi turis yang kepingin berhasil berkunjung ke jogan membawa bekal santapan dan minuman seperlunya.

5. Pantai ngobaran gunungkidul yogyakarta

pantai ngobaran

ngobaran, sebuah yang kerap disebut bali nya jogja ini berada di  Kanigoro, Kec Saptosari, Kab Gunungkidul, Jogja. Dan berada di titik korrdinat GPS -8.119194, 110.505806. Untuk mengarah ke ngobaranpun sangat mudah, bisa diakses dengan kendaraan roda 4 ataupun bis dengan kondisi jalan lembut full aspal.

Kemolekan ngobaran sendiri memang sudah tidak diragukan lagi, apalagi ini memiliki 2 tempat bermain air yang berbeda. disisi baat dengan pasir putih dan di sisi timur didominsi batuan karang dengan air sedang cocok untuk berendam.

Yang sangat menarik dengan satu dari semua wisata di yogyakarta ini yaitu adanya sebuah pura hindu dan sebuah mushola yang berdiri berdampingan, Sebuah simbol kerukunan beragama masyarakat sekitar ngobaran yang sangat pantas di tiru.

Retribusi untuk merambah ngobaran sangat terjangku, cukup merogoh kocek 3.000 rupiah saja. tamu bisa menikmati kemolekan ngobaran. Biaya parkir kedaraan roda 2 hanya 2.000 rupiah dan parkir kendaraan roda 4 cukup 5.000 rupiah saja. Sebuah yang indah dengan tarif yang sangat murah bagi kami. apalagi dibanding dengan kemolekan ngobaran itu sendiri.

6.  Pantai glagah Kulon Progo Yogyakarta

pantai glagah jogja

Sebuah di ujung barat yogyakarta dengan sejuta polemik. yang menurut kami ini yaitu pasir hitam terindah di jogja ini mapir setengahnya akan dipakai sebagai posisi lapangan terbang internasional baru. Jadi yang semula glagah memiliki bentang kurang lebih 2 KM dengan beraneka wahana game dan perkebunan buah naga, hanya akan bersisa sekitar 1km saja.

Berada tidak jauh dari jalan jogja- purworejo, glagah ini sangat mudah untuk dijangkau. Apalagi jalur mengarah ke ini sangat lembut dengan jalan teraspal.  Cukup dengan membayar tarif 5.000 perorang tamu sudah apat merambah kawasan wisata glagah indah.

Disebelah timur glagah indah telah di bangun sebuah pelabuhan, yang akan mendampingi pembangunan megaproyek lapangan terbang internasional jogja. Walau kedepan glagah diapit 2 megaproyek, dinas kebudayaan dan pariwisata kulon progo memstikan glagah akan cocok dijadikan wisata andalan kulonprogo.

Jalur mengarah ke glagah sendiri sangat mudah di jangkau, dari kota jogja tamu bisa langsung mengarah ke arah kulon progo maupun purworejo, masuk di wilayah temon harap pelan-pelan, di kiri jalan sudah terdapat papan nama mengarah ke glagah.

Sarana di glagah sendiris angat lengkap, mulai dari wahanan game anak, warung makan seafood, parkir luas dan aman. Bagi turis yang kepingin berhasil menginap, disitu sudah terdapat banyak losmen dan penginapan murah engan tarfi 50rb sampai 100rb.

7.  Pantai wedi ombo gunungkidul yogyakarta

pantai wedi ombo gunungkidul jogja by @aldhosyahmar

satu dari semua wisata di yogyakarta yang terletak di dusun Jepitu, Kec Girisubo, Kab Gunung Kidul, Yogyakarta. wedi ombo ini agak berada di sebelah timur apabila dibandingkan dengan jungwok, indrayanti, drini dan beberapa lain.

Walaupun tidak seramai lain di gunungkidul, wediombo ini memiliki beberapa keunikan tertentu  dan tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain.

yang menghadap ke barat ini menemukan predikat untuk hunting sunset terbaik. Tidak hanya menghadap kebarat , ini terdapat tebing yang menjorok kelaut yang akan menambah kemolekan sunset wediombo.

Dan ada satu lagi keunikan ini, Malahan tidak dimiliki pantai-pantai lain di gunungkidul. Terdapat sebuah kolam renang alami  yang tercipta dari batuan karang. KOlam ini hanya akan terisi air  laut apabila terdapat ombak yang menerpa karang dan air nya jatuh ke kolam ini.

Rute mengarah ke wediombo snagat mudah.  Kira-kira sama dengan rute mengarah ke pantai-panai gunungkidul lain. hanya saja ini berada di sebelah timur dibanding dengan indrayanti.

Sarana di inipun sangat lengkap, mulai dari toilet, warung makan, mushola dan sebagainya. hanya saja di wediombo belum terdapat penginapan.

8. Pantai indrayanti gunungkidul yogyakarta

pantai indrayanti

Siapa yang tidak kenal dengan ini, yag akhir-akhir ini menjadi andalan wisata di yogyakarta. sebuah yang dahulu kira-kira tiada tamu sama sekali. Berkat kegigihan pengelola , saat ini indrayanti menjadi oantai yang ramai di kunjungi oleh para turis.

Bermula dari sebuah resort di bibir yang bernama resort indrayanti. Awal mulanya ini bernama balik syawal, karena ini hanya akan ramai dibulan syawal saja. Akan tapi turis lebh sering di dengar dengan nama indrayanti karena memang resort ini yang dengan suah payah menjaga dan mengelola kebersihan .

Sarana dipantai ini tercantum sangat lengkap, mulai dari tolilet dan kamar mandi yang bersih, rumah makan seafood. Dipinggir terdapat banyak penyewaan payung dan tikar untuk cuma berteduh bagi turis yang tidak mandi di bibir .

Beberapa penginapan dan resort juga sudah tersuguh disini tak cuma indrayanti resort. jadi tamu tak wajib khawatir apabila menginginkan menginap di ini, karena tarif permalam cukup murah mulai dari 100rb sampai 1jutaan.

9. Pantai kukup gunungkidul yogyakarta

pantai kukup gunungkidul jogja by ilyasfauzakp

yang terletak di kabupaten gunungkidul ini tercantum primadona yang sudah cukup lama, hanya saja, baru ramai sesudah pengelola wisata mulai berbenah untuk mencukupi sarana demi kenyamanan tamu maupun turis yang berkunjung di kukup.

yang berjarak kurang lebih 50 kilo meter dari kota yogyakarta in menyuguhkan panorama alam indah kira-kira sama dengan lain di gunungkidul yang didominasi karang dan pasir putih.

Dipantai kukup sendiri terdapat sebuah gardu  diatas batuan karang yang dihubungkan dengan sebuah jembaan buatan. Dari gardu ini tamu bisa menikmati pesona keidahan kukup.  Dan gardu pandang ini yaitu tempat yang cocok untuk memotret sunset di .

sarana di ni cukup lengkap, toilet dan warung makan telah trersedia. dan di kukup ada beberapa perahu nelayan yang berlabuh di hari-hari tertentu. Wisatawan bisa langsung membeli ikan hasil tangkapan para nelayan yang masih fresh di kukup.

Hanya saja untuk masuk ke lingkungan wisata kukup jalan nya ada beberapa yang berlubang, sampai-sampai perlu kehati-hatian bagi para tamu. Harapanya kedepan ini semakin dicermati pemerintah setempat lebih-lebih pembangunan jalur mengarah ke kukup.

10. Pantai ngeden gunungkidul yogyakarta

pantai ngeden

ngeden, sebuah yang masih sangat alami dan masih belum banyak di kunjungi oleh turis, Paasalnya baru sekitar 6 bulan yang lalu yang tampak di kecamatan saptosari ini mendapatkan kucuran dana untuk merenovasi sarana jalan mengarah ke .

Untuk karakteristik , ngeden masih sama dengan di gunungkidul yang lain, hanya saja karena masih jarang tamu, jadi ini serasa individu,  karena leluasa bermain air kesana kemari.

untuk mengarah ke ini paling gampang dari kota jogja ke arah selatan mengarah ke jalan imogiri barat. mentok ambil kiri,, pertigaan ambil kanan ke arah siluk. nanti jalan akan sedikit menanjak.

untuk sarana di ini msih sangat terbatas, maklum baru beberapa bulan saja ini dipromosikan. dan sampai waktu sekarang masih dalam proses pembangunan dan peningkatan sarana umum seperti toilet kamar mandi dan warung-warung makan.

Demikianlah Beberapa ulasan kami mengenai wisata di yogyakarta yang wajib kamu kunjungi, meski didominasi oleh di gunungkidul, bukan berarti di bantul dan kulon progo tidak indah. Hanya saja masih perlu di tingkatkan pembangunan sarana dan infrastruktur. Semoga dekepan kami  bisa lekas merilis 10 wisata di beberapa wilayah lain di indonesia.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *