10 Tempat Wisata di Karawang yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Karawang bukan hanya tempat mempunyai sejarah, wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini ternyata juga memiliki keelokan alam khas tanah Pasundan yang menakjubkan. Tidak heran bila di Karawang terdapat banyak tempat wisata menarik yang sering dikunjungi turis, paling utama yang berasal dari dalam negeri.

Macam wisata di Karawang juga cukup bermacam-macam. Mulai dari wisata sejarah, religius, modern, kuliner, budaya, hingga blog purbakala bisa ditemui di wilayah yang terletak tidak jauh dari Bekasi ini. Bila Anda tertarik untuk liburan di kota ini, berikut adalah 10 tempat wisata di Karawang yang wajib Anda kunjungi:

1. Vihara Sian Djin Ku Poh

Vihara Sian Djin Ku Poh

Vihara Sian Djin Ku Poh

Sian Djin Ku Poh adalah satu di antara tempat wisata religius populer dan tertua di Kabupaten Karawang. Berlokasi di Jalan Rangga Gede 1 Desa Tanjung Pura, sekitar 4 kilo meter dari pusat kota, Vihara ini selain didatangi oleh etnis Tionghoa tapi juga bermacam rupa bangsa dari bermacam latar belakang.

Walaupun berstatus rumah ibadah, Sian Djin Ku Poh yang berdiri sejak tahun 1770 ini dibuka untuk umum. Setiap hari tempat ini selalu ramai didatangi oleh pelancong baik dari dalam ataupun luar negeri. Untuk menghibur wisatawan, pengelola Vihara selalu mengadakan kegiatan besar.

Mulai dari perayaan ulang tahun Vihara, hingga perayaan lain seperti upacara pergantian tahun, dan Potumugana. Saat perayaan, atraksi Barongsai menjadi hal yang selalu dinanti-nanti oleh para pelancong. Serunya, untuk mendatangi tempat wisata di Karawang yang satu ini Anda hanya dipungut biaya parkir dan kebersihan.

Walaupun begitu, hendaknya sisihkan sedikit duit Anda untuk beramal. Vihara Sian Djin Ku Poh sendiri bisa diakses oleh bermacam kendaraan. Bila memanfaatkan angkutan umum, Anda sanggup menaiki angkot tujuan Tanjung Pura-Karawang yang melewati Bogor.

2. Danau Cipule

Danau Cipule

Danau Cipule

Danau Cipule adalah danau yang tercipta akibat aktifitas penambangan di tepi Sungai Citarum, Karawang, Jawa Barat. Luas danau ini sekitar 90 hektar dengan kedalaman sekitar 2 meter saja. Cukup dangkal bukan? Walaupun begitu, panorama dan keelokan alam di sekitar danau tidak boleh kita lewati begitu saja.

Di tengah danau juga terdapat sebuah pulau seluas 2 kilo meter yang disebut Pulau Cinta. Di pulau mungil ini terdapat beberapa sarana menarik terhitung warung hidangan dan jajanan. Bayangkan, sembari menikmati minuman hangat kita bisa menatap keelokan danau yang menawan.

Bila air sedang surut, Danau Cipule berbeda menjadi rawa-rawa dengan tumbuhan eceng gondok di permukaannya. Walaupun dangkal, pada tahun 2011, danau ini sempat menjadi arena lomba dayung ajang berolahraga bergengsi Sea Game. Danau Cipule berlokasi di Desa Walahar, tepatnya 3 kilo meter di selatan Bendungan Walahar.

Dari pusat kota, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 20 kilo meter untuk sampai ke danau menarik ini. Bagi yang bekerja di Karawang, danau ini dapat jadi alternatif tempat wisata untuk sekedar menyirnakan penat sehabis sepekan bekerja. Lainnya bagi pelancong dari luar Karawang, berkunjung ke Danau Cipule dapat jadi pengalaman menarik yang susah untuk diabaikan.

3. Taruma Leisure Waterpark

Taruma Leisure Waterpark

Taruma Leisure Waterpark

Tempat wisata air modern Taruma berlokasi di kawasan Perumahan Taruma Jalan Tarumanegara, Karawang. Berdiri sejak tahun 2013, Taruma Leisure Waterpark adalah satu di antara tempat wisata keluarga favorite warga Karawang ataupun kota sekitarnya.

Untuk masuk ke tempat wisata di Karawang ini, wisatawan akan dipakai biaya tiket masuk Rp50.000 pada hari Senin hingga Jumat, dan Rp60.000 untuk akhir minggu maupun waktu liburan. Dengan harga tiket tersebut, Anda sudah bisa menikmati bermacam sarana menarik seperti kiddy pool, wave pool, twin slide, lazy river, dan leisure pool yang bisa dipakai untuk tempat berendam sekalian pengobatan air.

Tidak saja itu, Taruma Leisure Waterpark juga dilengkapi dengan bermacam sarana pendukung seperti loker, kamar tukar, ruang bilas, posko kesehatan, food court dan tempat parkir yang luas akibatnya Anda sanggup menikmati liburan Anda dengan tenang dan nyaman.

4. Candi Jiwa

Candi Jiwa

Candi Jiwa

Candi Jiwa adalah bagian dari satu di antara blog purbakala di Karawang ialah Blog Batujaya. Luas blog Batujaya sendiri diperkirakan sekitar 5 kilo meter dan berlokasi di tengah zona persawahan, pemukiman penduduk, dan tidak jauh dari wilayah Pesisir Utara Karawang.

Candi Jiwa adalah gundukan tanah yang berbentuk oval setinggi 4 meter. Bangunan candi sendiri berdimensi 19 x 19 meter dengan permukaan berbentuk susunan bata yang melingkar. Diameter bata tersebut sekitar 6 meter dan disangka sebagai susunan stupa.

Berbeda dengan kebanyakan candi, Candi Jiwa dibentuk memanfaatkan susunan batu bata. Berbeda dengan batu bata jaman sekarang, dulu batu bata dibuat melalui pembakaran langsung. Inilah alasannya kenapa batu bata purbakala bercorak lebih gelap dari batu modern.

Tidak hanya sebagai tempat wisata di Karawang yang cocok bagi para pecinta sejarah, umat Buddha juga kerap mengaplikasikan ritual keagamaan di Candi Jiwa. Saat mengaplikasikan ritual, mereka akan mengelilingi candi searah jarum jam. Untuk berkunjung ke tempat wisata di Karawang ini, Anda bisa memanfaatkan rute arah Rengasdengklok. Bila berangkat dari Jakarta, pelancong akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke tempat wisata unik ini.

5. Kampung Budaya Karawang

Kampung Budaya Karawang

Kampung Budaya Karawang

Sekitar 2 kilo meter dari gerbang tol Karawang Barat yang menghubungkan Jakarta dan Karawang, terdapat sebuah tempat wisata menarik bernama Kampung Budaya Karawang.

Tempat wisata unik ini dibentuk oleh pemerintah Karawang dan bahu-membahu dengan Dinas Kebudayaan setempat pada tahun 2015. Kampung ini dibentuk sebagai upaya pelestarian kebudayaan dan seni dari seniman asli Karawang yang mulai terlupakan.

Begitu merambah zona kampung, wisatawan akan disuguhi dengan panorama alam zona persawahan dan bangunan rumah khas Sunda. Tidak hanya itu, terdapat 2 sanggar tari aktif ialah Sanggar Tari Jaipong dan Pedalangan yang selain dibuka untuk masyarakat setempat tapi juga pelancong baik dari dalam ataupun luar Kota Karawang.

Karena terbuka untuk umum, Kampung Budaya Karawang dilengkapi dengan bermacam sarana pendukung seperti rumah makan khas Sunda, aula untuk umum, dan tempat ibadah yang nyaman.

6. Curug Cigentis

Curug Cigentis

Curug Cigentis

Di kawasan pariwisata Gunung Sanggabuana, Karawang terdapat sebuah air terjun menarik dengan ketinggian sekitar 25 meter. Sejak dulu tempat wisata di Karawang ini memang diketahui sebagai tempat trekking, hiking, dan bersepeda para penggemar berolahraga alam.

Tidak hanya air terjun yang menarik, tempat wisata di Karawang ini juga dikelilingi oleh pepohonan hijau dan panorama khas alam pegunungan Pasundan yang rupawan. Untuk masuk ke kawasan pariwisata Gunung Sanggabuana, wisatawan akan dipakai biaya Rp2.500.

Bila membawa kendaraan, Anda akan dipakai biaya parkir Rp5.000 untuk motor dan Rp7.500 untuk mobil. Harga tiket masuk ke kawasan Curug Cigentis sendiri merupakan Rp15.000 per orang. Dari pintu masuk, Anda harus berjalan sekitar 250 meter dengan rute yang sedang menanjak dan curam.

Tidak hanya air terjun, pengelola juga sediakan bermacam wahana menarik lain seperti contohnya outbond, mini waterpark, ATV, dan kolam renang dengan air yang berasal dari mata air Pegunungan Sanggabuana. Bila kepingin berhasil menginap, Anda juga tak mesti repot mendirikan tenda. Di sekitar tempat wisata ini ada banyak berdiri villa dan penginapan.

Dari Jakarta, tempat wisata ini bisa diakses melalui Tol Cikampek lalu keluar di pintu Tol Kantor Asper dan dilanjutkan dengan rute arah Parakan Badak dan Desa Jayanti.

7. Wonderland Adventure Waterpark (WAW)

Wonderland Adventure Waterpark

Wonderland Adventure Waterpark

WAW adalah wahana wisata petualangan air terbesar di Karawang. Luas tempat wisata di Karawang ini sekitar 3,4 hektar dan dilengkapi dengan bermacam wahana games yang menarik serta menantang. Begitu sampai di posisi, Anda akan disambut dengan gerbang unik seperti gerbang kerajaan di dongeng kanak-kanak.

Gerbang unik tersebut seperti membawa kita ke negeri ajaib dengan bermacam games seru mulai dari Gorilla Slide, Funny Pool, Sundown Amphi, Adventure River, Gua Stalaktit, Pirates Attack, Animal Kingdom, Niagara Waterfall, hingga Volcano Wave.

Bagi yang tidak suka berenang, pengelola sediakan sarana lain seperti lapangan futsal, fitness center, flying fox, dan wahana outbond untuk kanak-kanak. Tiket masuk ke WAW sendiri dibanderol Rp65.000 untuk weekday dan Rp85.000 saat akhir minggu.

Tempat wisata di Karawang ini beroperasi sejak waktu 09.00 hingga 18.00 pada hari senin sampai Jumat. Saat akhir minggu, WAW buka hingga waktu 19.00. Loket penjualan tiketnya sendiri dibuka hanya sampai waktu 17.00. WAW berlokasi di Jalan Galah Mas Raya Barat, tepatnya di kawasan Perumahan Galah Mas.

8. Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Monumen Kebulatan Tekad

Monumen Kebulatan Tekad

Nama Rengasdengklok pasti tidak asing lagi di kuping kita. Di tempat mempunyai sejarah tersebut, naskah proklamasi lahir dan menjadi indikator lahirnya Republik Indonesia tercinta. Saat ini, di kawasan tersebut dibentuk sebuah monumen untuk memeringati peristiwa paling mempunyai sejarah di negeri ini.

Monumen Kebulatan Tekad adalah sebuah monumen dengan replika naskah proklamasi dari beton yang menyangga bola berukirkan bertepatan pada 17 Agustus 1945. Di belakang monumen terdapat sebuah bilik melengkung dengan relief peristiwa proklamasi berpuluh tahun kemarin.

Walaupun telah berdiri sepanjang bertahun-tahun, kondisi monumen masih nampak kokoh dan bersih. Untuk masuk ke kawasan monumen, wisatawan tidak akan dipakai biaya sepeser juga. Monumen Kebulatan Tekad terbuka untuk umum setiap hari sepanjang 24 jam.

9. Pelangi

Pantai Pelangi

Pelangi

Pelangi terletak di Desa Sungai Buntu Kecamatan Pedes sekitar 35 kilo meter dari pusat kota Karawang. Untuk mengarah pantai indah ini, wisatawan hanya perlu melewati rute mengarah Kecamatan Pedes. Semasih sekitar 2 jam darmawisata, Anda akan disuguhi panorama alam ladang dan sawah yang hijau.

Karena akses jalan cukup layak dan baik, wisatawan sanggup memanfaatkan sepeda motor maupun mobil bila kepingin berhasil bertamasya ke Pelangi. Untuk masuk ke tempat wisata di Karawang ini, Anda akan dikenai biaya Rp5.000. Harga tersebut bisa dibilang cukup murah mengingat panorama alam dan panorama khas pesisir utara yang akan Anda lihat amatlah indah.

Ombak Pelangi cukup tenang akibatnya wisatawan bisa leluasa berenang dan bermain pasir di tepi . Bila lapar, Anda tak mesti khawatir. Di sepanjang tepi terdapat warung dan penjual hidangan dengan harga yang cukup terjangkau.

10. Goa Dayeuh

Goa Dayeuh

Goa Dayeuh

Senang bertualang di alam leluasa dan menjelajahi goa-goa menarik? Silahkan datang ke Karawang untuk mendatangi Goa Dayeuh yang legendaris. Di dalam goa sepanjang 300 meter ini terdapat sebuah hutan dengan pepohonan mahal yang menjulang, beberapa goa kecil, dan 4 goa besar.

Uniknya, pada stalaktit Gua Dayeuh terdapat beberapa fosil moluska dan hewan laut. Ini maksudnya, di jaman purbakala kawasan Goa Dayeuh adalah lautan. Untuk masuk ke dalam tempat wisata di Karawang ini, wisatawan akan dikenai biaya Rp5.000 saja. Cukup murah bukan? Mengingat goa ini menyajikan panorama alam alam yang unik dan susah untuk diabaikan.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *