Tempat Wisata Di Jember Untuk Liburan Keluarga

Posted on

Pernah melancong ke Jember belum? Ya, satu dari keseluruhan kota yang terletak di Jawa Timur ini terkemuka dengan even karnaval tahunannya yang spektakuler hingga menarik banyak pelancong mancanegara. Ternyata tak hanya itu yang bisa Anda nikmai di Jember, karena ada beragam destinasi wisata menarik yang bakal bikin liburan jadi tambah asik dan jelasnya sayang seandainya dilewatkan.

Tempat Wisata di Jember
Tempat Wisata di Jember. Image via: smily.id

Dari pada penasaran, mari simak ulasan singkat tempat wisata di Jember berikut.

1. Wana Wisata Simbat

Wana Wisata Simbat.
Wana Wisata Simbat. Image via: tripzilla.id

Suka hunting potret-potret instagramable? Apabila iya, maka tempat wisata di Jember yang satu ini wajib buat masuk daalam himpunan harus didatangi. Wana Wisata Simbat namanya, tak hanya cuma menyuguhkan pesona alam yang menawan namun juga destinasi seru dengan spot-spot kece yang instagramable.

Tidak hanya bergaya-gaya di spot photo kekiniannya, Anda juga bisa berusaha kegiatan seru yang terletak di tempat ini seperti flying fox semisal. Sarana yang cukup mencukupi membuat destinasi ini juga semakin disukai pengunung yang dating.

Info:

  • Nama: Wana Wisata Simbat
  • Alamat: Jalan Babatan, Krajan, Tamansari, Wuluhan, Kabupaten Jember – Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Simak juga: IStimewa, ini dia 9 Hotel Di Banyuwangi Dari Murah Hingga Mewah

2. Tanjung Papuma

Pantai Tanjung Papuma
Tanjung Papuma. Image via: flickr.com

Apabila jalan-jalan ke Jember jangan sampai lupa senggangkan waktu sejenak untuk menikmati eksotisme Tanjung Papuma yang belum banyak diketahui orang ini. Keelokan dengan pasir putihnya yang masih bersih, ombaknya hingga  atmosfer alamnya yang begitu menentramkan memberikan pengalaman yang luar biasa kala menghabiskan waktu di sini.

Dan lagi banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu di sini, dari berenang di hingga diving untuk mengeksplor kemolekan terumbu karangnya. Anda juga juga bisa menyewa perahu untuk menciptakan spot diving yang keren.

Hal yang buatnya tak begitu diminati hanyalah akses jalan yang belum bersahabat akibatnya tak banyak yang bersedia bersusah payah mengarah molek di pesisir kota Jember ini. Seperti tempat wisata di Jember yang lain, destinasi ini juga juga sudah dilengkapi dengan sarana kebersihan hingga villa yang bisa disewa seandainya Anda pingin berhasil menikmati malam yang syahdu disini.

Info:

  • Nama: Tanjung Papuma
  • Alamat: Jalan. Raya Lojejer, Zona Kebun, Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 7.000,- ( weekday), Rp 10.000,- (weekend)

3. Perkebunan Teh Gunung Gambir

KebunTehGunungGambir
Perkebunan Teh Gunung Gambir. Image via: @rulinurrohimah_

Menjelajahi perkebunan teh memang tak pernah membosankan, hawa sejuk pegunungan dan panorama alam tanaman teh yang berderet apik menyuguhkan pesonanya sendiri. Seperti perkebunan teh Gunung Gambir ini semisal yang seakan tak pernah kehabisan daya tariknya.

Tak cuma menikmati alamnya, Anda juga bisa berusaha faslitas seru yang disediakan oleh pengelolanya. Dari kolam renang, zona camping ground, tempat penginapan hingga gedung pertemuan yang bisa dipakai untuk menggelar kegiatan besar.

Tempat wisata di Jember ini juga juga memiliki spot-spot instaramable yang keren banget buat jadi backdrop photo kekinian.

Info:

  • Nama: Perkebunan Teh Gunung Gambir
  • Alamat: Lanasan, Gelang, Sumber Baru, Jember – Jawa Timur
  • Jam buka: –
  • Harga tiket: Rp 10.000,-

Baca: Tips Liburan Ke Tepi laut Plengkung Banyuwangi

 

4. Teluk Love

teluk love
Teluk Love. Image via: adventurewisata

Kepingin berhasil menikmati wisata kekinian yang hits banget di Jember? Kalau begitu jangan lewati untuk mampir ke Teluk Love. Disebut demikian karena teluk tersebut memiliki bentuk yang tak biasa dan seandainya dilihat dari kejauhan kelihatan seperti ikon cinta. Tak heran seandainya tempat wisata di Jember ini langsung diminati semua orang yang penasaran dengan keindahannya.

Seperti kebanyakan di pesisir selatan pulau Jawa, teluk ini juga memiliki ombak yang besar jadi harus ekstra waspada seandainya pingin berhasil menjelajahinya lebih dekat.

Info:          

  • Nama: Teluk Love
  • Alamat: Ambulu, Jember – Jawa Timur

5.  Puncak S89

Puncak S89
Puncak S89. Image via: skyscrapercity.com

Kontur wilayahnya yang dilalui barisan pegunungan membuat Jember memiliki alam yang menawan. Salah satunya adalah Puncak S89 yang akan menyajikan kerennya landskap kota Jember, juga Gunung Argopuro  di lain sisi serta Gunung Raung yang memukau dari atas ketinggian.

Walaupun jarak dan akses jalan yang menantang, namun dengan pesona yang ditawarkan akan membuat siapapun tak akan kecewa. Paling utama buat penggemar traveling dan pemburu spot photo instagramable, tempat ini layak jadi destinasi wisata yang wajib didatangi. Paling utama kala menunggu matahari tenggelam, amat fenomena yang tak boleh disia-siakan.

Info:

  • Nama: Puncak S 89
  • Alamat: Kebonsari, Tembokrejo, Gumuk MAS, Kabupaten Jember – Jawa Timur
  • Jam buka: 07.30 – 15.00 WIB

Baca juga: Liburan Ke Sindu Kusuma Edupark Disneylandnya Jogyakarta

6. Payangan

Pantai payangan
Payangan. Image via: @dechintaaaw

Tak hanya Teluk Love ataupun Tanjung Papuma saja yang dimiliki Jember. Masih ada lagi molek yang akan membuat tahap liburan Anda kian seru dan tak terlupakan, Payangan namanya.

Tempat wisata di Jember yang satu ini menawarkan pesona alam yang bakal membuat siapapun enggan beranjak kemana-mana. Tak cuma satu, malahan ada 4 bukit molek yang bisa Anda temukan menghiasi sekitar letak menambah atmosfer semakin menawan.

Yaitu Bukit Seroyo, Bukit Samboja, Bukit Seruni dan Bukit Sarat yang nampak menawan dari kejauhan. Sangat surga spot instagramable banget! Sayang kalau sampai tak mampir untuk menikmatinya walau sekejab saja.

Inormasi:

  • Nama: Payangan
  • Alamat: Dusun Payangan, Ds Sumberejo, Ambulu,  Jember –J awa Timur
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

7. Halaman Botani Sukorambi

taman-botani-sukorambi-jember
Halaman Botani Sukorambi. Image via: explorewisata.com

Suka dengan tempat wisata yang berkonsep eco green park? Jember juga punya, lho. Berlokasi di Sukorambi, tempat wisata di Jember ini akan mengajak Anda menjelajahi dan belajar tentang alam dengan cara yang fun  serta mengasyikkan.

Mulai dari belajar tata cara hidroponik langsung dengan ahlinya, mengenal binatang liar dan serta hewan ternak, lalu seru-seruan main di rumah tanaman hingga bermain air di kolam pelangi.

Tentu masih banyak lagi hal yang bisa di eksplor di Halaman Botani ini, semisal spot-spot kece instagramable yang sayang kalau tak menyempatkan berselfie sebentar.  Tak heran seandainya menghabiskan liburan di tempat ini akan merasa sangat singkat.

Info:

  • Nama: Halaman Botani Sukorambi
  • Alamat: Jalan. Mujahir, Sukorambi, Krajan, Jember – Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00 – 16.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 12.000,- ( weekday), Rp 20.000,- ( weekend)

Simak: 5 Coban di Malang dengan Air Terjun Menawan dan Populer

8. Web Duplang

Situs Duplang
Web Duplang. Image via: indonesiakaya.com

Berada di lereng Gunung Argapura, tempat wisata di Jember yang satu ini menjadi bukti seandainya peradaban kuno pernah berkembang di Jember eksklusifnya di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa. Tempat tersebut diketahui dengan nama Web Duplang. Luasnya yang tak lebih dari 10 x 10 meter ini menaruh sejarah era megalithikum yang menarik untuk dipelajari dan dieksplorasi.

Di dalam blog megalithikum ini terdapat beberapa benda-benda aset yang masih utuh tersimpan. Contohnya saja seperti watu kenong, lumpang batu, Menhir, dolmen dan serta peti batu yang dipakai sebagai kuburan. Menjelajahinya tak cuma menambah wawasan juga sebagai kontribusi untuk ikut melestarikan budaya.

Info:

  • Nama: Web Duplang
  • Alamat: Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Jember – Jawa Timur

9. Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak
Air Terjun Tancak. Image via: rizarastri

Seolah-olah oase di tengah belantara, Air Terjun Tancak menyuguhkan pesona alam yang menawan dan akan memanjakan setiap mata yang memandangnya. Posisinya yang terletak di zona pegunungan Argopuro dengan akses yang kurang mendukung membuat tempat wisata di Jember ini seakan tersembunyi dibalik kecantikannya.

Dengan ketinggian tebing hingga 82 meter serta debit air hingga 150 m3 per detik, air terjun  nampak begitu menawan. Dan lagi lintasan pendakian yang cukup aman membuat tempat ini layak dikunjunginterutama bagi pecinta traveling.

Info:

  • Nama: Air Terjun Tancak
  • Alamat: Zona Pegunungan Argopuro, Suci, Panti, Kabupaten Jember – Jawa Timur

Baca juga: 15 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi

10. Museum Huruf

Museum Huruf
Koleksi Museum Huruf. Image via: binaryupdate.org

Pertama kali dibuka pertengahan 2017 yang lalu, tempat wisata di Jember ini akan mengajak Anda mengenal huruf dan aksara yang berasal dari bermacam wilayah hingga mancanegara. Bermacam koleksi banyak ditampilkan di Museum Huruf ini.

Seperti koleksi huruf pra aksara, aksara tertua yang terletak di Indonesia, aksara nusantara yang berasal dari Jawa, Bugis, dan banyak lagi yang lain, huruf braille, juga tak ketinggalan aksara yang terletak di dunia tercantum antara lain dari Korea, Jepang, India, Yunani dan banyak lagi.

Info:

  • Nama: Museum Huruf
  • Alamat: Jalan. Bengawan Solo Nomor.27, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kabupaten Jember – Jawa Timur
  • Jam buka: 10.00 – 18.00 WIB

Menjelajahi destinasi wisata di Jember ternyata mengasyikan bukan? Dari pesisir dengan Teluk Love-nya hingga air terjun yang tersembunyi di balik rimbunnya kaki Gunung Argopuro semua akan memberikan pengalaman seru yang memanjakan, sangat sayang seandainya disia-siakan begitu saja. biar liburan Anda kian seru, jangan sampai lupa lakukan persiapan dengan matang sebelum berangkat, ya.

Selamat liburan!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *