10 Tempat Wisata Alam Semarang Yang Cocok Buat Petualang

Posted on

Semarang adalah bunda kota dari propinsi Jawa Tengah, memiliki wilayah yang cukup luas dan banyak tempat wisata yang menarik sampai-sampai tidaklah mengherankan apabila kota ini menjadi tempat berkunjung dari seluruh orang.

Beberapa obyek wisata yang terletak di Semarang sudah terkemuka sampai ke se antero nusantara karena unik, peninggalan dari sejarah jaman dahulu ketika. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi para turis. Di samping itu banyaknya obyek wisata alam Semarang juga semakin membuat kota ini menjadi satu dari keseluruhan destinasi wisata favorite bagi para petualang..

Sekilas Tentang Kota Semarang

Semarang merupakan satu dari keseluruhan kota yang terletak di Jawa Tengah yang memiliki banyak keunikan. Satu dari keseluruhan keunikannya yang jarang sekali dimiliki oleh kota-kota lain merupakan karena kota Semarang ini dipecah menjadi 2 bagian maupun wilayah.. Yang pertama merupakan yang dinamakan dengan Semarang bawah, yang kedua tentu saja bernama Semarang atas

Namanya saja Semarang bawah maka wilayahnyapun ada di bagian bawah, di dataran yang rendah, lainnya Semarang atas posisinya ada wilayah atas, di tempat yang lebih mulia. Kedua wilayah ini berbarengan memiliki obyek wisata yang bisa menarik banyak atensi hadirin untuk datang.

Tempat Wisata Memiliki Di Kota Semarang

Di Semarang banyak sekali kita jumpai tempat-tempat memiliki, yang adalah peninggalan budaya, aset dari jaman penjajahan Belanda dan Jepang. Di antara lain ada Lawang Sewu, Gereja Blenduk, Kawasan Kota Tua, Tugu Muda, Pasar Johar (Yaik Permai) dan Stasiun Tawang.

Beberapa tempat memiliki tersebut ada yang masih terjaga dengan baik, ada pula yang terbengkalai, dibiarkan begitu saja. Ada yang masih dipakai, seperti Lawang Sewu sebagai obyek wisata, Gereja Blenduk sebagai tempat ibadah dan Stasiun Tawang. Pasar Johar sendiri kurang lebih 2 tahun terakhir ini sudah tidak bersisa lagi, habis dibakar dan belum dibentuk kembali.

Wisata Alam Di Kota Semarang Dan Sekitarnya

Tidak hanya tempat-tempat memiliki, yang juga sangat menarik dari Semarang merupakan wisata alam Semarang. Wisata alamnya memang tidak berada di kota Semarang sebaliknya di wilayah lain yang masih masuk dalam kabupaten Semarang, seperti Ungaran dan Ambarawa.

Apabila kita mendatangi Ungaran akan merasakan hawa yang lebih sejuk dibanding Semarang karena adanya Gunung Ungaran di dalamnya. Di samping itu keberadaan Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Andong yang lokasinya tidak begitu jauh dari Gunung Ungaran juga menjadi penyebabnya.

Di wilayah yang lokasinya masih dekat dengan Semarang dan Ungaran, ialah Ambarawa juga memiliki hawa yang sejuk, hawa pegunungan karena juga berada di kaki Gunung Ungaran, di dataran mulia. Inilah jawabannya mengapa hanya di wilayah Ungaran, Ambarwa dan sekitarnya banyak terdapat wisata alam.

Nama-Nama Tempat Wisata Alam Yang Ada Di Semarang

Wisata alam Semarang yang terletak di wilayah-wilayah yang masuk dalam kabupaten Semarang memiliki pesona yang luar biasa, menarik sekali untuk didatangi oleh para turis, eksklusifnya oleh mereka yang suka sekali akan petualangan, cocok apabila berkunjung ke sini.

Dibawah ini catatan 10 wisata alam Semarang cocok buat petualang rekomended :

1. Marina

youtube.com/watch?v=hE3vbGZQxYg

Marina berlokasi di kota Semarang, adalah yang indah alami. Hawa di amatlah sejuk karena banyaknya tanaman rindang yang berkembang di sekitarnya. Sangat cocok bagi anda yang kepingin berhasil menenangkan bayangan, istirahat sejenak dari hiruk pikuknya aktivitas.

2. Air Terjun Kali Pancur

bakpiamutiarajogja.com

Berlokasi di kabupaten Semarang, tepatnya di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, air terjun Kali Pancur menawarkan panorama alam yang sangat mempesona. Mahal air terjunnya sekitar 100 meter. Air Terjun Kali Pancur memiliki ikatan yang erat dengan Rawa Pening karena air terjun ini mengalirnya ke sungai kecil, dari sini bermuara ke Rawa Pening.

3. Gunung Ungaran

limakaki.com

Gunung Ungaran adalah tempat yang paling cocok bagi para turis yang berjiwa petualang. Mereka bisa mengaplikasikan trekking, camping dan merenung di sini. Berada di ketinggian 2.050 mdpl. Terdiri dari 3 puncak, Ungaran, Gendol dan Botak.

4. Rawa Pening

cekajah.com

Rawa Pening merupakan nama dari sebuah rawa yang airnya bening yang terletak di 4 kecamatan, ialah Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru, semua ada di kabupaten Semarang. Indah sekali panorama alam alam di sini. Dengan berlatarkan pegunungan yang mempesona kita bisa menyusuri danau menyewa perahu sekalian dengan pengemudinya, menatap permukaan rawa yang dipadati oleh tanaman enceng gondok.

5. Umbul Sidomukti

wisatakaka.com

Wisata alam Sidomukti berada di dataran yang mulia sekali, di Bandungan, kabupaten Semarang. Di sini kita bisa berenang dengan air yang masih fresh karena murni berasal dari sumber yang alami. Apabila tidak berenang, masih banyak aktivitas yang bisa kita lakukan, seperti berflying fox dan mengaplikasikan aktivitas out bound maupun bisa saja hanya makan dan minum di tempat makan yang disediakan sembari menikmati panorama alam alam yang sangat indah di sekelilingnya.

6. Pondok Kopi

trivindo.com

Pondok Kopi terletak di Umbul Sidomukti. Dinamakan Pondok Kopi karena memang di sinilah tempat kita bisa duduk-duduk minum kopi dan menikmati camilan di pondok yang sudah didesain sangat mempesona, proporsional dengan panorama alam yang ada disekitarnya, yang begitu memukau. Pondok Kopi ini berada di luar rubrik dan ada di lahan yang sangat mulia sampai-sampai dengan leluasa kita bisa menatap kemolekan panorama alam di bawahnya.

7. Candi Gedong Songo

travel.grivy.com

Candi Gedong Songo berlokasi di kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang. Kalau dari Ungaran jaraknya sekitar 25 kilometer, apabila dari Semarang berjarak kurang lebih 45 kilometer. Candi ini posisinya ada di lereng Gunung Ungaran, di ketinggian 1.200 mdpl, jadi hawa di kawasan candi amatlah sejuk. Gunung Merbabu, Gunung Andong dan sedikit Gunung Merapi bisa kita lihat di sini.

8. Curug Benowo

phinemo.com

Di kecamatan Ungaran Barat, di Desa Kalisidi, terdapat air terjun yang sangat mempesona bernama Curug Benowo. Jalan setapak yang penuh dengan bebatuan akan kita lalui sepanjang petualangan mengarah air terjun, Akan sangat cocok untuk mereka yang sangat senang berpetualang. Namun semua akan terbayarkan apabila sudah menatap kemolekan air terjun Curug Benowo.

9. Curug Lawe

youtube.com/watch?v=-lBNMj7Qtmk

Curug Lawe ini posisinya tidak jauh dari Curug Benowo. Lokasinya masih di Desa Kalisidi, kecamatan Ungaran Barat. Air terjun Curug Lawe dikelilingi oleh air terjun kecil-kecil yang berbarengan indah.

10. Wana Wisata Penggaron

klikalkautsar3.blogspot.com

Obyek wisata alam ini posisinya di Ungaran, lebih tepatnya di kawasan hutan Penggaron, Ungaran, jaraknya kurang lebih 18 kilometer dari kota Semarang. Perhutani merupakan pemilik dari tempat wisata ini. Ke depannya dengan pengelolaan yang lebih baik lagi, diharapkan kawasan ini boleh jadi Jateng Park. Hewan-hewan liar hidup dengan leluasa di sini. Obyek wisata ini juga memelihara aneka tipe burung, jumlahnya sekitar 97 spesies. Antara lain Kadalan Kembang, Kadalan Merah, Merak Hijau dan Elang Ular Bido.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *