10 Tempat Wisata Air Terjun di Lampung

Posted on

Lampung yaitu sebuah provinsi di Pulau Sumatera yang diketahui sebagai penghasil kopi dan lada. Tidak hanya itu, kota ini juga terkemuka karena memiliki beberapa pesona wisata alam indah menawan.

Tak hanya , Lampung juga tenar karena disini ada banyak jumlah air terjun eksotis nan menawan yang tersebar kira-kira di setiap wilayahnya mulai dari utara, tengah hingga timur

Tak perlu perlahan-lahan, langsung saja ya kita simak informasi mengenai 10 himpunan nama air terjun perlente di sekitar Lampung selanjutnya yang sangat bagus buat didatangi saran terbaik dari JejakPiknik.

1. Batu Putu

photo by malahayati.ac.id

Alamat: Ds.Sukadana Ham, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free

Destinasi wisata yang terletak di wilayah Teluk Betung Utara dekat Tahura ini adalah satu dari semua air terjun terindah dan terdekat ke pusat kota.

Berjarak hanya sekitar 15 menit dari pusat kota, objek Batu Putu tersebut memperkenalkan curug yang perlente berhawa sejuk dan bernuansa khas pegunungan.

Dihiasi dengan rentetan pepohonan besar nan rimbun di belakangnya menjadikan tempat ini merasa sangat alami sampai-sampai membuat siapapun yang melihatnya maka akan terkesima.

Walau posisi objeknya paling dekat stasiun Kemiling namun curug ini masih sangat alami, menenangkan dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan serta belum terjamah.

2. Batu Lapis

photo by kupastuntas.co

Alamat: Jln.Talang Ogan, Kecamatan Pulau Panggung, TalangBeringin, kabupaten Tanggamus, Lampung
Map: Klik Disini
Jam Buka:24 Jam
HTM: Free

Objek wisata Batu Lapis yang memiliki besar sekitar 30 meter tersebut bisa dibilang satu dari semua surga tersembunyi dimana jaraknya dari pusat kota berkisar 2-3 jam.

Dengan menyuguhkan panorama alam lewat aliran air jernih, susunan bebatuan dan batang tumbuhan menjadi bumbu penambah sampai-sampai buatnya semakin terlihat eksotis.

Tidak saja itu, di tepian curup tersebut juga terdapat jembatan yang berniat dibentuk untuk akses jalan mengarah sebrang sungai. Spot ini juga selalu dijadikan sebagai properti oleh pengunjung buat hunting photo ataupun gambar keren.

3. Ananda Malu

photo by lampungpro.com

Alamat: Zona Hutan Register 24, Ds.Banjit, Kab.Way Kanan, Lampung
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free

Karena menyuguhkan panorama yang luar biasa indahnya, spot bernama Ananda Malu ini juga sudah terkemuka sampai keluar negeri.

Memiliki besar sekitar 100 meter di atas permukaan laut, air terjun unggulan ini juga disebut-sebut sebagai curug paling tinggi di kota Lampung.

Disebut air terjun Ananda Malu karena tetes airnya yang jatuh melengkung berbentuk menyamai punggung seorang manusia sedang mandi.

Deburan airnya yang fresh dipadukan dengan atmosfer alami juga asri dan diselimuti panorama hijau pegunungan membuat banyak pengunjung betah berlama-lama di zona tersebut.

4. Ciupang Padang Kaca

photo by sportourism.id

Alamat: Zona Hutan, Kab.Pesawaran, Lampung
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free

Memiliki daya tarik yang begitu indah dan lokasinya juga sangat mudah dijangkau, membuat curug Ciupang ini banyak dilirik pengunjung untuk membebaskan kepenatan.

Dengan panorama alam sangat alami dan asri serta dihiasi tatanan bebatuan yang mana bisa dipanjat menjadikan spot tersebut sebagai satu dari semua posisi buruan demi memperoleh photo ciamik.

5. Way Tayas

photo by travelingyuk.com

Alamat: Gunung Rajabasa, Kalianda, Lampung Selatan
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free

Kondisi alamnya yang sungguh-sungguh masih sangat alami dihiasi dengan tumbuh-tumbuhan di sekitar air terjunnya membuat curug tersebut memiliki panorama alam luar biasa indahnya.

Tak hanya itu, sesekali hadirin akan disuguhi keelokan pelangi yang tercipta dari pembiasan eksplikasi sinar matahari sampai-sampai membuat panorama alam sekitarnya semakin kelihatan sempurna.

6. Curug Gangsa

photo by lampung.co

Alamat: Tanjung Kota Way, Kasui, Way Kanan, Lampung
Map: Klik Disini
Jam Buka: Senin-Jumat(08.00-18.00), Sabtu-Minggu(08.00-20.00)
HTM: Rp.5.000

Dengan ketinggian mencapai 50 meter dan lebar sekitar 20meter serta dihiasi tebaran bebatuan besar di sekitarnya membuat panorama Curug Gangsa ini sungguh-sungguh sangat luar biasa.

Konon kata masyarakat setempat, penamaan Curug Gangsa ini diberi berdasarkan legenda dimana bunyi gemerincing airnya seperti suara seruling bambu.

7. Lembah Pelangi

photo by lampung.tribunnews.com

Alamat: Ds.Sukamaju, Kec.Ulubelu, Kab.Tanggamus, Lampung
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free
Nomor.Telp: 0813 6906 4946

Meski keindahannya penuh dengan misteri namun objek wisata ini sempat booming karena menyajikan spot eksotik dihiasi air sejuk berpadu lembut bersama panorama alam indah.

Ditambah lagi gugusan airnya yang jatuh dari ketinggian puluhan meter begitu luar biasa buat disaksikan menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

8. Rejosari

photo by eloratour.wordpress.com

Alamat: Ds.Rejosari, Kec.Natan, Lampung Selatan
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free

Mendengar nama curug Rejosari, mungkin masih asing ya terdengar di kuping kita? Yup, air terjun ini memang masih sangat baru dan belum sangat tenar digolongan pengunjung.

Namun begitu, spot tersebut sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai destinasi wisata baik buat cuma menghisap udara fresh maupun melepas kepenatan.

9. Curup 7 Marga Jaya

photo by triplampungku.blogspot.com

Alamat: Ds.Margajaya, Selagai Linggapura, Ka.Lampung Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 09.00-00.00
HTM: Free

Memiliki besar sekitar 75 meter dan berjarak 32 kilometer dari pusat kota, kawasan air terjun 7 tingkatan ini sangat cocok buat pengunjung yang pingin berhasil berkemah sembari mengeksplor keelokan alam.

Meski untuk mengarah posisi dibutuhkan ekspedisi panjang namun semua kerasa lelah akan terbayar sehabis merasakan indahnya panorama alam air terjun tersebut.

10. Way Lalaan

photo by lampung.co

Alamat: Kampung Baru, Kota Agung Timur, Tanggamus, Lampung
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-18.00
HTM: Rp.5.000

Dari beberapa air terjun sebelumnya, curug Way Lalaan lah objek wisata paling lama, dimana spot ini sudah diketahui sejak masa pemerintahan kolonial Belanda.

Meski sudah tercantum ojek wisata jadul dan penuh cerita mitos, namun pesona objek tersebut masih terpancar hingga saat ini, tak heran bilamana spotnya banyak diincar oleh para pengunjung.

Yup, kalau Sahabat JejakPiknik sudah puas mendatangi sederet tempat diatas, tidak lupa juga ya mampir ke beberapa tempat menarik yang lain di sekitar Lampung selanjutnya, seperti:

– Curug Pagasan Pringsewu
– Curup Anglo, Kaliawi Way Ratai arah desa Kedondong
– Curug Batu Ampar
– Bukit Mandiangan
– Danau Telogo di Sendan Baru
– Curug Sinar 3 dekat pasar Hanura
– Air Terjun Cicurug
– Sukaemi Way Gendot Kotabumi
– Curug Gunung Betung
– Hurun Pesawaran
– Curug Mbah Gimo Air Hitam
– Curug Intan
– Cengkaan, Sumber Jaya
– Curup Randu Kembar
– Curup Katibung
– Air Terjun Tanah Longsor
– Curup Lubuk Lauw
– Halaman Palem Metro
– Banyu Mandiri Pesawaran
– Curug Gorden Air Naningan
– Curup PJR Panjang
– Curup Penantian Pesawaran
– Curup Pengantin Way Kanan
– Talang Rabun
– Curug Klawas Subik
– Curup Paten
– Curup Wiyono dan
– Curup Way Kalam

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *