10 Spot Foto di Tebing Breksi Tempat Wisata Unik di Yogyakarta

Posted on
Tebing breksi jogja 2019 sleman prambanan kabupaten daerah istimewa yogyakarta klaten adalah magelang wisata sambirejo terbaru tiket semarang bantul masuk candi ijo lokasi laporan harga buka jam berapa foto fasilitas dimana cerita malam hari gunung kidul alamat diy asal usul aadc 2 adventure taman bahasa inggris bayar berada di bandung berbah bukit bintang breksi.Com dan caption cafe jarak ke cctv dari malioboro solo sunset acara penginapan restoran batuan prewed cuaca english entrance fee wikipedia event explore festival filosofi fungsi foto2 sari gambar geologi geomorfologi gowes history hd sore pagi in instagram is indah pesona indonesia sejarah kota lengkap luas legenda
Saat malam hari, gambar by @ismaa_1412

Letak: Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Wilayah Istimewa Yogyakarta 55572
Map: Klik Disini
HTM: Seikhlasnya, Parkir Motor Rp.2.000, Mobil Rp.5.000, Bis Rp.10.000
Jam Buka: 24 Jam
Telepon: 0813 2863 4788

Gambar by dakatour.com

Keelokan panorama alam Indonesia, memang seakan tak ada habisnya. Lebih lagi untuk mereka yang berjiwa kreatif & cermat memandang peluang yang ada.

Satu dari semua wisata di Wilayah Istimewa Yogyakarta ini, saat ini tengah menjadi primadona bagi para pengunjung baik dari sekitaran jogja seperti Klaten, Mojokerto, malahan dari wilayah sekitaran ibukota Jakarta.

Jika di luar negeri seperti di Jerman ada Bastei rocks, Amerika ada Grand Canyon, maka di Indonesia juga memiliki tempat wisata yang tak kalah menawan seperti Danau Quarry di Bogor, Brown Canyon Semarang.

Serta yang sedang naik daun, hingga menarik Obama sekeluarga untuk berkunjung merupakan, Halaman Tebing Breksi Yogyakarta.

Gambar: dakatour.com

Sejarah Tebing Breksi

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Tebing breksi, ada baiknya kita juga mengenali sejarah terbentuknya tebing breksit ini.

Dari beberapa riset yang telah dilakukan terhadap batuan kapur yang terdapat di tebing breksi ini, ternyata ialah endapan dari hasil erupsi berbentuk abu vulkanik Gunung Nglanggran di Gunung Kidul yang ialah gunung api purba yang menciptakan morfologi bukit setinggi 30 meter.

Keberadaan batuan apung yang ada ditempat ini, ternyata yang mirip dengan penemuan didaerah parangtritis hingga Wonogiri dengan singkapan terbaik yang memiliki ketebalan 300 hingga 600 meter berada di Desa Semilir.

Gambar: dakatour.com

Distribusi Formasi Semilir yang luas & tebal ini, berada di atas lava bantalan berbah & membuat sangkaan bahwa formasi semilir ini lahir dari letusan dahsyat 20 juta tahun silam yang tak kalah dengan luar biasa eruption dari toba volcano.

Tanda dari vulkanisme monogenesis yang berbeda menjadi vulkanisme polygenesis di bawah laut ini, menciptakan stratovolcano dengan puncaknya pada luar biasa eruption dari Gunung api semilir yang menciptakan Gunung api Nglanggran dari formasi nglanggran yang menumpang di atas formasi semilir.

Gambar: dakatour.com

Sisa Tambang

Halaman Tebing Breksi yang sejatinya ialah tempat sisa tambang yang di sulap oleh masyarakat, menjadi contoh bahwa di lingkungan sisa tambang yang inginnya terbengkalai sekalipun dapat jadi destinasi liburan yang menarik pengunjung bilamana dikelola dengan baik.

Halaman tebing breksi yang lokasinya tak jauh dari Candi ijo & puncak bucu piyungan ini, terletak di alamat Desa Sambirejo yang masuk di wilayah Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman 55572.

Walau memiliki latar belakang yang sempat viral akibat larangan pemerintah saat dijadikan tempat penambangan batu kapur oleh warga sekitar sebagai penyambung hidup.

Tampaknya hal itu tidak menyurutkan semangat masyarakat & seniman sekitar untuk menyelamatkan tebing ini menjadi ladang pemasukan baru dengan menyulap muka bukit kapur ini menjadi tempat wisata.

Gambar: dakatour.com

Kota yang lekat dengan istilah weton, tempat kelahiran kain songket batik ataupun tas hermes berbahan rotan ini, saat ini semakin di lirik dan serta mendunia berkat naiknya tempat ini.

Tempat ini di resmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X yang ialah gubernur DIY pada 30 mei 2015 silam bersamaan dengan peresmian Tlatar seneng & menjadikan peta wisata DIY semakin meluas.

Di tempat ini, pori-pori tebing kapur yang bilamana dari dekat seperti pipi yang berjerawat di sulap menjadi artistik dengan beberapa ukiran di beberapa bagian.

Beberapa ukiran yang menjadi spot kesukaan untuk diambil foto oleh para hadirin baik laki-laki ataupun cewek adalah ukiran wayang & juga bagian ukiran naga.

Baik untuk gambar pre wedding yang memiliki kesan dramatis & romantis, ataupun pose-pose kocak para hadirin. Janganlah lupa untuk membawa powerbank agar nasris ditempat ini bisa lebih leluasa.

Gambar: dakatour.com

Tak cuma itu ditempat ini juga dibuat undakan anak tangga, untuk mereka yang pingin berhasil menikmati atmosfer sunrise/sunset yang memiliki view romantis di atas bukit kapur atau semata-mata menikmati panorama kota jogja agar petualangan ke atas lebih merasa ringan.

Namun bilamana anda pingin berhasil yang lebih menantang, bisa berupaya bermain panjat tebing / sepeda gunung di tempat ini.

Jika di atas bukit anda bisa memandang genteng-genteng bangunan yang terdapat di jogja, maka lain hal bagi tlatar seneng yang difungsikan untuk pagelaran seni budaya.

Zona Tlatar seneng yang berbentuk bundaran dengan diameter kurang lebih 15 meter, seakan menjadikannya panggung bak arena gladiator di roma.

Gambar: hargatiketmasuk.informasi

Harga Tiket Masuk

Bagi anda yang pingin berhasil berkunjung kesini, tenang! Tak mesti repot-repot untuk bernegosiasi htm untuk rombongan, karena disini biaya masuk seikhlasnya! Ataupun secara sukarela dari para hadirin untuk kenaikan sarana yang ada.

Tak cuma itu biaya parkirnya juga cukup 2 ribu untuk motor & 5 ribu untuk mobil. Sarana yang ada ditempat ini juga sudah mulai lengkap dengan warung nasi, mushola & toilet untuk membuat nyaman hadirin.

Tebing breksi buka setiap hari, mulai dari jam 5 pagi bagi anda yang pingin berhasil menikmati kemolekan sunrise hingga jam 6 sore selepas sunset.

Gambar: trivindo.com

Aktivitas di Tebing Breksi

Tak cuma terkemuka dengan panorama alam ukiran hasil tangan dingin para seniman di tebingnya yang indah, ternyata ditempat ini juga dijadikan tempat penyelenggaraan Sleman Temple Run pada 16 juli Tahun kemarin dengan jumlah hadiah mencapai 75 juta rupiah.

Tak cuma temple run, di bertepatan pada 27 juni kemarin rupanya ditempat ini juga di selenggarakan festival kesenian seperti Jathilan, Perkusi & Hadroh Campursari & Sanggar Tari.

Kegiatan ngabubutrip juga pernah di selenggarakan oleh dinas pariwisata Yogyakarta, yang diawali dari jam 2 siang hingga jam 9 malam. Ditempat ini juga kerapkali diselenggarakan konser baik dari musisi-musisi wilayah ataupun si maestro gitar seperti dewa budjana.

Walau sempat di terpa isu miring di facebook mengenai harga tiket masuknya yang mendadak melonjak naik, namun tampaknya objek wisata malah semakin terkemuka & di banjiri pengunjung.

Sebenarnya bilamana fungsi dari teknologi modern di sikapi dengan baik, pastinya akan memiliki dampak boomerang yang baik juga bagi penggunanya.

Tebing breksi sendiri mulai diketahui secara nasional semenjak foto-fotonya bertebaran di google & media social yang di unggah oleh para pengunjungnya.

Tak cuma dijadikan tempat diambil foto, ditempat ini juga acap kali dijadikan tempat pembuatan surat kabar cinematic film, malahan syuting vidio clip kunci hati yang ialah satu dari keseluruhan song terkini dari afgan juga dilakukan di tempat ini.

Gambar: piknikasik.com

Naah bagi anda yang pingin berhasil bermalam didaerah ini, bisa berupaya mencari beberapa referensi homestay ataupun penginapan di tripadvisor.

Tak hanya memiliki penjelasan denah, biaya & gambar penginapannya, namun juga dilengkapi dengan banyak ulasan dari hadirin, aplikasi ini bisa anda download di google playstore / itunes.

Bagi anda yang mengarah ke tempat ini mengenakan jalur akses ringroad utara, anda akan melewati RS Hermina disebelah kiri jalan & tiba di pertigaan ke Jalan Raya Solo.

Dari sana tinggal mengikuti rute yang mengarah ke Jalan Opak raya, setelah itu ke Opak VIII lanjut ke Jalan Raya Piyungan & terakhir Jalan Candi ijo hingga sampai ditujuan.

Gimana? Tertarik mendatangi tempat yang unik ini? ayo visit jogja, hojo lali senang!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *