10 Pantai di Gunungkidul Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Ulas mengenai Jogja pasti tak lepas dengan wisata budaya, karena Jogja memiliki banyak bangunan tua bersejarah yang eksotis. Namun siapa sangka kota yang menjadi satu di antara tujuan wisata favorit para turis ini juga memiliki banyak pantai yang sayang untuk dilewatkan, paling utama bagi Anda yang sudah memasok hari khusus untuk berlibur di Jogja bersama keluarga ataupun kawan tercinta. 10 pantai di Gunungkidul, Jogja tersebut antara lain:

1. Baron

Pantai Baron

Baron

Baron terletak di kabupaten Gunungkidul. Untuk masuk ke Baron ini nanti Anda akan dituntut membayar sebesar 5000 Rupiah dan biaya parkir untuk mobil ataupun motor sebesar 1000 sampai 2500 Rupiah. Panorama yang masih alami adalah satu di antara keunggulan dari ini

Para tamu yang datang bisa menghabiskan waktu mereka dengan bermain dan berbasah-basahan di laut. Tak mesti khawatir terseret ombak, karena pihak pengelola sudah memberikan pembatas untuk menandai wilayah mana saja yang masih aman didatangi. Ombak di ini yang cukup menantang juga digemari oleh para peselencar.

2. Drini

Pantai Drini

Drini

Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Yang istimewa dari Pantai Drini ialah sebuah pulau kecil di tengah-tengah . keberadaan pulau kecil ini seakan membuat Drini dipecah menjadi 2 bagian.

Di sisi timur terdapat barisan tebing yang berdiri kokoh bak benteng yang menghadang ombak dipadukan dengan keelokan pulau karang, airnya yang lebih tenang mengizinkan bagi Anda untuk berenang. Lainnya di sisi barat, Anda bisa memandang jajaran perahu bercadik yang kembali dari berlayar mencari ikan. Ombak yang besar membuat perairan di barat ini tampak lebih ganas.

3. Sadranan

Pantai Sadranan

Sadranan

Sadranan beken sebagai satu di antara spot snorkeling baru yang banyak diminati di pulau Jawa. Di Sadranan terdapat tempat penyewaan yang diketahui dengan nama ‘Sadranan Snorkeling’ untuk Anda yang pingin berhasil menyewa perlengkapan snorkeling.

Sadranan adalah rumah dari beberapa spesies laut menarik seperti Ikan Lepu, Kerondong, Botana Kuning, Kepe-kepe, Areng-areng, Ikan Neon, dan masih banyak spesies lain yang menunggu kedatangan Anda. Waktu terbaik untuk melangsungkan snorkeling di ini ialah pada pagi, tengah, ataupun sore hari menjelang matahari terbenam.

4. Ngobaran

Pantai Ngobaran

Ngobaran

Ngobaran adalah yang memiliki cerita mistis yang kental. Cerita mistis tersebut mengatakan tentang Prabu Brawijaya V. ini teratur dipakai sebagai letak upacara adat masyarakat sekitar.

Beberapa spot menarik yang mampu dinikmati di Ngobaran ialah Bukit Karang, Candi Pemujaan, dan Arca Dewa. Apabila Anda bakal mendatangi ini, ada satu tempat wisata kuliner yang wajib Anda coba, yakni “landak goreng”. Landak Goreng di Ngobaran sudah sangat ternama sebagai kuliner andalan.

5. Siung

Pantai Siung

Siung

Siung adalah satu-satunya di Jogja yang memiliki medan untuk wisata panjat tebing. Di ini Anda akan disuguhi panorama alam batu karang raksasa yang berdiri kokoh di sisi timur dan barat .

Hingga saat ini Pantai Siung memiliki 250 jalur pemanjatan dengan tingkatan kesulitan yang berbeda-beda. Terlebih lagi ini menemukan julukan sebagai “the best rock climbing site in Jogja”. Siung ialah yang sangat cocok untuk moncoba sensasi mendaki. Dari atas bebatuan karang yang kokoh ini Anda bisa menikmati panorama alam laut lepas yang lain dari biasannya.

6. Kesirat

Pantai Kesirat

Kesirat

Berbeda dengan di kawasan Gunung Kidul yang ada, Kesirat ialah yang tidak memiliki keelokan pasir putih yang mempesona. Keelokan Kesirat berbentuk tebing karang yang kokoh dan suara deburan ombak kencang yang menghantam sisi karang.

Bagi Anda yang pingin berhasil berkemping, sangat cocok untuk datang ke ini karena ini tidak begitu padat dan sangat bersih. Anda mampu menikmati jingga senja sembari bercengkrama dengan kawan-kawan tercinta.

7. Jogan

Pantai Jogan

Jogan

Mau berhasil menikmati keelokan air terjun yang ada di tepi ? Datang ke Jogan ialah pilihan yang paling cocok. Sama seperti Banyu Tibo di Pacitan, Jogan ialah sebuah yang memiliki air terjun sangat indah.

Jogan memiliki tebing-tebing menjulang khas pegunungan kapur, Air terjun yang terdapat di ini jatuh dari atas tebing langsung mengarah laut. Di sini, tidak hanya menikmati indahnya dan deburan ombak. Anda juga bisa menikmati guyuran air terjun yang fresh. Walaupun memiliki keelokan yang unik, sayangnya ini selalu luput oleh kepedulian para pelancong.

8. Krakal

Pantai Krakal

Krakal

Tidak hanya Baron, Krakal ialah satu di antara tempat wisata yang beken di Gunungkidul. Krakal memiliki pasir putih yang indah dan batuan karang yang membingkai bibir . Untuk merilekskan bayangan, Anda bisa berjalan menyusuri bertelanjang kaki sembari menikmati deburan ombak yang merdu.

Batuan karang yang membingkai bibir Krakal ialah rumah bagi para biota laut seperti Ikan damselfish, butterfly fish, bintang laut, dan ikan-ikan yang ada. Bagi Anda yang gemar menaklukan ombak mampu berupaya berselancar di Krakal, karena ini memiliki ombak yang cukup menantang dengan spot selancar yang cukup beragam.

9. Indrayanti

Pantai Indrayanti

Indrayanti

Bahwasanya saat ini Indrayanti lebih diketahui dengan nama Pulsa ataupun Berbalik Sawal. Karna ini karena nama Indrayanti sendiri sebelumnya telah menuai polemik. Indrayanti kelihatan lebih bersih dan terpelihara, kalau dibanding dengan pantai-pantai yang ada yang terdapat di sekitar kota Jogja.

Bagi Anda pecinta olahraga air mampu berupaya game jet ski yang telah disediakan di sana, lainnya bagi Anda yang pingin berhasil atmosfer lebih santai mampu menikmati senja di gazebo ini, ataupun berjalan menyusuri bukit karang untuk melihat keelokan Samudra Hindia.

10. Glagah

Pantai Glagah

Glagah

Dibanding dengan di Jogja yang ada, Glagah terbilang unik karena memiliki permukaan tanah yang cukup datar dan landai. Tidak hanya hamparan pasir putih yang mempesona, anda juga bakal dimanjakan dengan indahnya bukit karang yang berdiri kokoh di wilayah pesisir.

Ada beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan di Glagah, seperti umpamanya wisata air dan tentu saja yang utama ialah menikmati panorama alam alami yang tersaji di tempat wisata ini. Satu dari semua keunikan ini yang ternama ialah laguna yang berada sekitar 300 meter dari dermaga. Laguna di Glagah tidak banyak dimiliki oleh pantai-pantai lain di Jawa Tengah.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *