10 Lokasi Syuting AADC 2 di Yogyakarta dan Sekitarnya

Posted on

Rangga… apa yang kamu lakukan ke aku itu jahat!

Masih ingat dengan tuturan Cinta (Dian Sastro) pada Rangga (Nicholas Saputra) di film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2)? Rupanya dialog ini begitu beken di golongan masyarakat dan menjadi karakteristik khas yang banyak diingat dalam film ini.

Sehabis 14 tahun dari perilisannya film AADC1, Rangga dan Cinta kembali dipertemukan di satu dari keseluruhan kota wisata Indonesia yakni Yogyakarta. Kota yang identik dengan kuliner gudeg, membuat cerita cinta mereka kembali bersemi dalam jangka pendek yang berhasil bikin para penonton ikut baper.

Namun yang menarik dari film ini, tak cuma kelanjutan cerita cinta mereka, yakni pemilihan tempat-tempat yang mendukung alur ceritanya. Di antara banyaknya tempat yang dijadikan sebagai posisi syuting, 10 tempat ini juga semakin beken sesudah film AADC 2 ditampilkan dan menarik banyak pelancong karena instagrammable dan anti-mainstream.

1. Istana Ratu Boko

Image credit: @ngeliasalim

Diketahui sebagai satu dari keseluruhan tempat terbaik untuk menikmati sunset (matahari terbenam), Istana Ratu Boko wajib masuk catatan kunjunganmu di Yogyakarta. Tempat ini juga menjadi saksi mata bisu di mana Cinta dan Rangga berbincang-bincang di tengah reruntuhan bangunan dengan panorama alam langit yang mulai berbeda corak dari biru menjadi jingga. Cocok nih buat kamu para pecinta senja dan pecinta tempat-tempat yang instagrammable!

Posisi: Jalan. Raya Piyungan – Prambanan Nomor.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Wilayah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 06.00 AM – 05.00 PM
Harga tiket masuk: 40,000 IDR

2. Sellie Coffee


Image credit: @the_gumilars

Inilah tempat mereka duduk bersama dan Cinta mengatakan dialog fenomenal:

Rangga… apa yang kamu lakukan ke aku itu jahat!

Sebuah kedai kopi yang ukurannya tidak begitu besar, namun bidang dalamnya memiliki nilai seni teratas dengan penuh kesederhanaan. Walau berada di Prawirotaman, kawasan beken para pelancong, namun untuk harga santapan dan minumannya masih sangat terjangkau.

Posisi: Jalan. Gerilya Nomor. 882, Prawirotaman, Kota Yogyakarta, Wilayah Istimewa Yogyakarta 55153
Jam buka: Selasa sampai Minggu, 05.00 AM – 11.00 PM
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

3. Pappermoon Puppet Theater


Image credit: @papermoonpuppet

Banyak seniman lahir di Yogayakarta, jadi belum lengkap kunjunganmu ke Yogyakarya seandainya belum mendatangi instalasi dan pertunjukan seninya. Sebuah regu teater boneka bernama Pappermoon Puppet Theater ini sudah berdiri sejak tahun 2006 dan menjadi tempat mereka menikmati pertunjukan teater bersama. Hmmm, romantis ya!

Posisi: Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Wilayah Istimewa Yogyakarta 55184

4. Sate Klatak Pak Bari


Image credit: @benkasyafani

Jikalau sate kambing identik dengan bumbu kecapnya, maka lain halnya dengan sate klatak khas Yogyakarta ini. Dari tusuk satenya saja tidak memakai bambu, namun dari jeruji sepeda lho! Untuk penyajiannya, sate disiram dengan kuah gulai yang gurih dan nikmat. Dari sekian banyak tempat makan kuliner unik ini, Sate Klatak Pak Bari diseleksi menjadi tempat Cinta dan Rangga mengisi perut sembari menghabiskan malam.

Posisi: Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur Nomor.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Pleret, Bantul, Wilayah Istimewa Yogyakarta 55791
Jam buka: Setiap hari, 06.30 PM – 01.00 AM
Harga: Mulai dari 20,000 IDR per jatah

5. Bukit Rhema maupun Gereja Ayam


Image credit: @anggilfernando

Sehabis menghabiskan malam di Sate Klatak Pak Bari, Rangga mengajak Cinta untuk memandang sunrise (matahari terbit) di satu dari keseluruhan bangunan unik bernama Bukit Rhema maupun biasa diketahui dengan nama Gereja Ayam. Wujudnya yang seperti ayam berdimensi besar ini berada di kota Magelang, yang jaraknya tak begitu jauh dari Yogyakarta. Tempat ini saat ini kian ramai didatangi pelancong yang pingin berhasil memandang indahnya pergantian corak langit dari gelap menjadi oranye hingga biru.

Posisi: Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553
Jam buka: Setiap hari, 05.30 AM – 05.00 PM
Harga tiket masuk: 15,000 IDR

6. Klinik Kopi


Image credit: @muhammadaga

Tidak susah mendeteksi kedai kopi di Yogyakarta. Sebuah kedai bernama Klinik Kopi ini menjual bermacam tipe kopi yang cocok untuk lidah para pecinta kopi. Tempatnya juga sangat nyaman dengan bagian dalamnya yang instagrammable, cocok untuk tempat kamu berbincang-bincang dengan sahabat maupun pendamping, seperti yang dilakukan oleh Cinta dan Rangga.

Posisi: Jalan. Kaliurang Gang Bima Nomor.KM. 7.5, Ngabean Kulon, Sinduharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Wilayah Istimewa Yogyakarta 55581
Jam buka: Senin sampai Sabtu, 04.00 – 08.00 PM
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

7. Lokal Resto


Image credit: @fannytrijayanti

Sebuah restoran yang tergabung dengan hotel ini sangat mudah kamu temukan. Berada di pusat kota, Lokal Resto sudah begitu beken di golongan para pecinta tempat instagrammable. Bagian dalamnya yang sangat modern dan minimalis, banyak hadirin mengabadikan keindahannya dengan hasil foto gambar yang diunggah di Instagram.

Posisi: Jalan. Jembatan Merah Nomor.104C, Soropadan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Wilayah Istimewa Yogyakarta 55283
Jam buka: 07.00 AM – 11.00 PM
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

8. Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman


Image credit: @jelitodeleon

Berbeda dengan tempat yang ada, kali ini posisi syuting yang begitu beken yang ada berbentuk penginapan maupun hotel yang sangat instagrammable. Dengan konsep ramah lingkungan,tempat Cinta dan para sahabatnya menginap ini memiliki sarana yang cukup lengkap. Jikalau tertarik, pastikan untuk memesannya dari hari sebelumnya ya agar tidak kehilangan.

Posisi: Jalan. Prawirotaman 2 Nomor.629, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Wilayah Istimewa Yogyakarta 55153
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 350,000 IDR

9. Via-via Restaurant & Bakery


Image credit: @sidik.set

Sebelum Cinta dan Rangga ketemu, disinilah pertama kali Milly dan Karmen memandang Rangga. Karena peristiwa inilah, liburan yang awal mulanya untuk dihabiskan bersama sahabat menjadi momen cerita cinta antara Cinta dan Rangga kembali bersemi sesudah 14 tahun.

Posisi: Jalan. Prawirotaman, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Wilayah Istimewa Yogyakarta 55153
Jam buka: Setiap hari, 07.30 AM – 11.00 PM
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

10. Parangtritis


Image credit: @balljaguar

Walau identik dengan mistis karena dipercaya berkaitan dengan wujud Nyi Roro Kidul, namun Parangtritis masih jadi destinasi kesukaan pelancong lho! Pemandangannya yang indah, lebih-lebih saat sunset (matahari terbenam), membuat ini dijadikan satu dari keseluruhan tujuan Cinta dan para sahabatnya menghabiskan wisatanya. Sayang banget kan alam seindah ini kalau sampai kamu lewati.

Posisi: Kretek Kec. Kretek, Bantul, Wilayah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: 24 jam
Harga tiket masuk: 3,000 IDR

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *