10 Etika yang Wajib Diperhatikan saat Wisata ke Negara Lain

Posted on

Tak kenal maka tak sayang, sekitar perumpamaan tersebut yang pas menggambarkan etika berliburan di suatu negeri. Masing-masing negeri memiliki budaya yang berbeda, pada akhirnya mempengaruhi pola pikir dan sikap.

Di negeri asal pelancong mengucapkan maupun menggerakan bagian tubuh tertentu mungkin diduga biasa. Namun di negara-negara ini, terlihat jadi tak biasa. Lebih parahnya, bisa menyinggung warga lokal karena diduga tidak sopan.

Untuk itu penting mengenali bahasa dasar, baik untuk verbal non verbal saat berkunjung ke sebuah negeri, seperti selanjutnya:

1. Korea

Jikalau sedang flu dan pilek, lebih baik memohon izin membersihkan ingus ke kamar mandi. Karena membuang ingus di tempat umum diduga sangat tidak sopan di Korea, lebih-lebih saat makan.

2. Argentina

Jangan kaget seandainya ke Argentina, warga lokal akan menyongsong dengan ciuman di pipi. Ciuman di pipi diduga wajar di sana, terlebih lagi sesama cowok.

3. India

Sama seperti di Indonesia, di India wajar menyantap santapan tradisional dengan tangan langsung tanpa perlengkapan makan. Perhatikan untuk memakai tangan kanan saja, karena tangan kiri diduga tidak higienis.

4. Vietnam

Jangan pernah menujukkan telapak kaki kepada teman maupun ke gambar yang diduga suci saat di Vietnam, karena diduga sangat tidak sopan.

5. Italia

Jikalau memang sebuah hidangan membutuhkan keju tabur, maka keju tersebut akan dihidangkan di mangkuk. Jikalau tak memiliki keju tabur di mangkuk, lebih baik jangan memohon. Karena karena itu bisa menyinggung koki yang memasak hidangan.
Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *