10 Air Terjun Yang Tersembunyi di Jawa Timur

Posted on

Jawa Timur ialah satu dari semua pprovinsi di Indonesia yang memiliki banyak pesona pariwisata menarik serta pula indah buat dinikmati oleh pengunjung.

Tidak hanya Bromo dan sederet eksotis, Provinsi tersebut juga memiliki segudang objek wisata alam berwujud air terjun terindah yang bagus buat didatangi baik bersama keluarga atau sahabat.

Dan dibawah ini ada 10 himpunan kumpulan air terjun tercantik di sekitar provinsi Jawa Timur yang paling wajib untuk didatangi saran terbaik tipe regu JejakPiknik.

1. Air Terjun Little Niagara

photo by idntimes.com

Alamat: Ds.Plalangan, Kalianyar, Kec.Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68288
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.3.000

Sesuai namanya air terjun saran pertama ini memang memiliki panorama yang sangat mirip dengan Niagara Waterfall di luar negeri.

Terletak dibawah kaki lereng Ijen, Niagara mini tersebut sumber airnya berasal dari rembesan kawah gunung yang terkemuka dengan fenomena alam blue fire nya.

Bagi Sahabat JejakPiknik yang menggemari tantangan ekstrim, berpetualang menjejaki kawasan curug ini tampaknya pengalaman paling berkesan.

Gimana tidak, akses mengarah letak terbilang sangat tidak gampang. Namun uniknya, air terjun tersebut tidak langsung jatuh ke permukaan bumi namun dulu mengalir ke terowongan serta danau.

2. Anjasmoro

photo by google.com/maps/place/Air+Terjun+Anjasmoro+Sumbersalak

Alamat: Ds.Salak, Sumber Salak, Ledokombo, Kab.Jember, Prov.Jatim 68196
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free

Tidak hanya Antrokan, bahwasanya kecamatan Ledokombo masih memiliki beragam objek wisata berwujud air terjun molek yang bagus buat didatangi dan salah satunya yakni curug Anjasmoro.

Walau zona tersebut terkategori destinasi baru namun tempat liburan ini terhitung sebagai spot yang paling hits dan banyak digandrungi oleh pengunjung wilayah Jember.

Dengan memperkenalkan keelokan mengagumkan lewat kenyamanan beberapa sumber mata air, curug Anjasmoro pula saat ini menjadi satu dari semua destinasi yang sangat layak untuk didatangi.

Dan walaupun objek tersebut memiliki legenda asal-usul serta penuh cerita mitos, namun tak juga mengurungkan kemauan pengunjung untuk mengeksplor keelokan tempat ini.

3. Dlundung

photo by explorewisata.com

Alamat: Jln.Raya Trawas, Zona Hutan, Kabupaten Mojokerto, Jatim 61375
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.10.000

Air terjun bernama Dlundung di Mojokerto ini juga menyajikan panorama alam yang tak kalah molek dengan curug lain di sekitarnya.

Berlokasi di dusun Ketapang curug Dlundung yang tingginya mencapai 50-60meter ini memiliki debit air tidak begitu deras akibatnya sangat cocok buat hanya basah-basahan.

Dengan mengusung konsep wanawisata, obyek ini tak hanya menyajikan keelokan alam namun juga dilengkapi bermacam sarana seperti camping ground, outbond dan warung makan.

4. Kakek Bodo

photo by explorewisata.com

Alamat: Jln.Halaman Wisata Nomor.541, Ds.Tretes, Prigen, Pandaan, Kab.Pasuruan, Jawa Timur 67157
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-15.30
HTM: Rp.10.000(berusia), Free(kanak-kanak)
Nomor.Telp: 0852 3333 7577

Walaupun tanah di sekitar kawasan air terjun Kakek Bodo tersebut sempat mengalami longsor, namun panorama spot ini tak jua lekang dari tatapan dan masih menarik di hati para pengunjung.

Dan meski keindahannya cukup misterius dan katanya angker bukan berarti objek ini tiada penggemar ya, malah banyak pengunjung senang bertandang ke zona tersebut hanya untuk memandang pesonanya ataupun menikmati sederet fasilitasnya.

5. Dolo

photo by putratravel.net

Alamat: Dsn.Besuki, Ds.Jugo, Kec.Mojo, Blimbing, Kabupaten Kediri, Jatim 64162
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-17.30
HTM: Rp.3.000

Ada yang hobi bermain air? Ya, berkunjung ke surga tersembunyi bernama Dolo dekat curug hits Irenggolo ini kita tidak saja bisa basah-basahan saja namun juga hiking sekalian.

Tak hanya dihiasi debit air sedang berudara sejuk, destinasi di wilayah pegunungan juga dekat curug Parijohto ini pula terhitung zona wisata terlengkap karena telah dibekali jogging track, zona bermain, camping ground hingga spot hiking.

Tidak hanya itu, berkunjung ke kawasan tersebut, hunting photo maupun gambar keren dengan latarnya yang unik adalah air terjun molek yakni satu hal paling wajib untuk dilakukan.

6. Coban Rondo

photo by tabloidwisata.com

Alamat: Jln.Coban Rondo, Ds.Krajan, Pandesari, Kec.Pujon, Malang, Jawa Timur 65391
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.30.000(dalam negeri), Rp.35.000(mancanegara)
Nomor.Telp: (0341)5025 147

Tak hanya diketahui sebagai objek wisata terangker di Malang, air terjun Coban Rondo ini pula terkemuka karena memiliki panorama terbagus, tak heran apabila spot tersebut terkenal hingga ke seluruh dunia.

Namun dibalik mitosnya yang menakutkan, objek ini juga sudah dilengkapi bermacam ragam sarana lho seperti spot photo instagramable, camping ground, outbound, flying fox hingga tubing.

7. Madakaripura

photo by nativeIndonesia.com

Alamat: Ds.Sapih, Branggah, Kec.Lumbang, Kab.Probolinggo, Jawa Timur 67183
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.11.000

Air terjun paling tinggi kedua di Indonesia yang memiliki agung mencapai sekitar 200 meter tersebut yakni satu dari semua objek wisata alam tersembunyi dan belum terjamah.

Namun meski begitu, destinasi ini menyajikan panorama alam alam memesona dengan udara sangat dingin dan cukup nyaman apabila bakal berlama-lama.

8. Anak Nglirip

photo by asliindonesia.net

Alamat: Zona Sawah, Ds.Nglirip, Tingkis, Kec.Singgahan, Kab.Tuban, Jawa Timur 62361
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-17.00
HTM: Rp.5.000

Berjarak sekitar 37 kilo meter dari pusat kota, objek wisata Anak Nglirip ini memperkenalkan panorama alam indah bersuasana sejuk dengan nuansa pedesaan.

Airnya yang bercorak hijau tosca menjadi daya tarik khusus bagi pengunjung. Tak heran, apabila zona ini menjadi tempat kesukaan bagi pengunjung untuk hunting potret-potret ciamik.

9. Ngebleng

photo by sinyoureh.blogspot.com

Alamat: Ds.Pule, Jatikalen, Kab.Nganjuk, Jawa Timur 64392
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free

Tak hanya Curug Sedudo, air terjun Ngebleng di Jatikalen tersebut juga menjadi satu dari semua destinasi wisata andalan di wilayah kabupaten Nganjuk.

Surga tersembunyi yang belum terjamah ini sungguh-sungguh memiliki pesona luar biasa indah dimana disekitarnya dihiasi sungai kecil, undakan-undakan, keheningan hutan serta pula kicauan burung.

10. Tumpak Sewu

photo by superadventure.co.id

Alamat: Jln.Raya Sidomulyo, Besukcukit, Pronojiwo, Kab.Lumajang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.2.000(motor)

Tidak hanya Bondowoso, kabupaten Lumajang juga memiliki air terjun yang panoramanya mirip seperti Niagara waterfall, namanya yakni Tumpak Sewu, posisinya di wilayah Besukcukit.

Malahan karena keindahannya, destinasi satu ini pula pernah dikupas tuntas oleh regu My Trip My Adventure (MTMA) dan saat ini namanya pula semakin sangat terkenal di golongan pengunjung.

Ya, tidak hanya himpunan diatas, Sahabat JejakPiknik juga jangan sampai lupa melipir ke beberapa spot menarik yang ada yang berada di sekitar Jatim ya, seperti:

– Curug Lawean, Tulungagung
– Curup Sidoarjo, Sidoharjo
– 7 Bidadari, Blitar
– Kedunggupit, Bojonegoro
– Jagir & Lider, Banyuwangi
– Curup Laccar, Gresik
– Cinde Malang
– Curup Slampir Madiun
– Gumandar, Pasuruan
– Tretes Wonosalam Jombang
– Banyulawe, Lamongan
– Tirta Sari, Saranga Magetan
– Srambang, Ngawi
– Grenjengan, Pacet
– Banyu Tibo, Pacitan
– Coban Raung, Purwodadi Pasuruan dan
– Antrukan Trap Seribu, Pasuruan

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *