10 Air Terjun Tersembunyi di Jogja

Posted on

Kalau berdialog tentang Jogja, mungkin tidak akan pernah ada habisnya. Tak cuma beken memiliki dengan jumlah yang banyak, kota gudeg ini juga tenar sebagai surganya air terjun eksotis.

Berdialog soal air terjun, dibawah ini ada 10 himpunan nama curug molek di sekitar kota Yogyakarta yang sangat beken dan paling recommended buat didatangi referensi dari JejakPiknik.

1. Jogan

photo by tempatwisataindonesia.id

Alamat: Jln. Siung, Dsn.Wates, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Objek wisata alam yang indah di wilayah Gunung Kidul ini bisa dibilang satu di antara curug terbagus di kota Jogja, macam apa tidak aliran airnya langsung ke laut dan tidak turun ke dalam kolam.

Zona wisata bagus tersebut juga menjadi tempat favorite pelancong spesialnya penggemar olah-raga ekstrim ataupun adventure.

Posisi air terjunnya yang terletak di zona membuat spot tersebut menjadi incaran oleh mereka penyuka dunia fotografi juga bahari sekalian.

2. Sidoharjo

photo by eksotisjogja.com

Alamat: Ds.Gerbosari,Sidoharjo, Wonotawang, Samiguluh, Kab.Kulon Progo, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.3.000

Tak cuma meyuguhkan panorama epic, curug perawan dan paling tinggi yang terletak di Kulon Progo ini juga menjadi satu di antara obyek pariwisata tak pernah sunyi hadirin.

Dengan topografi didominasi oleh perbukitan Menoreh, membuat spot terindah satu ini banyak diburu mereka yang suka hunting photo keren dengan latar gambar air terjun molek.

Berada di wilayah tersembunyi dan untuk akses mengarah posisi juga terbilang sedikit ekstrim, maka tak heran bilamana nuansa di sekitarnya sangat romantis jauh dari keramaian kota.

Dengan ketinggian sekitar 75 meter dan sudut kemiringin berkisar 90 derajat serta disuguhi kolam alami akibatnya menjadikannya sangat aman buat semata-mata bermain air.

3. Jurang Pulosari

photo by pegipegi.com

Alamat: Ds.Sendangsari, Pajangan, Krebet, Bantul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-18.00
HTM: Free

Satu dari semua objek wisata yang sedang hits di golongan pelancong Bantul, Jogja dan sekitarnya yakni curug bernama Jurang Pulosari.

Tak cuma karena lokasinya dekat ke pusat kota Jogja, niagara mini Yogyakarta ini juga memiliki kolam alami berupa hijau akibatnya sangat cocok buat bermain air.

Berdialog penamaan sudah bisa diketahui bahwa letak dari air terjun ini sendiri berada di bawah jurang, namun tak perlu khawatir karena telah disediakan jalan setapak untu mencapai posisi dengan gampang.

4. Grojogan Sewu

photo by yogyakarta.panduanwisata.id

Alamat: Ds.Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kab.Kulon Progo, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-16.00
HTM: Rp.4.000
Nomor.Telp: 0822 4342 4036

Diberi nama Grojogan Sewu, ya disebabkan obyek wisata terbaik ini memiliki jumlah limpahan air yang cukup banyak melewati jeram sebelum setelah itu jatuh ke sungai.

Lokasinya juga sangat teduh dihiasi hijaunya pepopohan rindang di sekelilingnya menjadikannya sebagai spot paling cocok buat menenangkan diri dari setumpuk kegiatan.

Tak cukup hanya menyuguhkan kemolekan alam saja, kawasan tersebut terlebih lagi telah dilengkapi dengan bermacam rupa sarana mencukupi seperti toilet, kamar tukar hingga warung makan.

5. Sri Gethuk

photo by garasijogja.com

Alamat: Ds.Bleberan, Playen, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-16.00
HTM: Rp.7.500

Runtuhan airnya seperti kawah meleleh dan tidak saja tertumpu pada satu titik membuat spot ini sempat dijadikan sebagai tempat syuting film sci-fi bertema Beyond skyline pada tahun 2017 lalu.

Sejak saat itu hingga sekarang, air terjun bernama Sri Gethuk ini juga menjadi satu di antara kawasan wisata yang selalu ramai didatangi terlebih lagi bisa dikatakan tak pernah sunyi hadirin.

6. Curug Gedhe

photo by travelingyuk.com

Alamat: Ds.Gembyong, Ngoro-oro, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-17.00
HTM: Free

Buat Sahabat JejakPiknik yang kepingin berhasil menikmati sensasi wisata unik bagai berpetualang di alam liar, coba datang ke curug Gedhe di perbatasan antar dusun Gembyong-kecamatan Prambanan, Sleman.

Disini kita akan disuguhi kemolekan air terjun setinggi 25 meter dan dibumbui bebatuan pekat di sekelilingnya yang di percaya menaruh cerita mistis.

Berkunjung ke kawasan tersebut, kita tidak saja bisa hunting panorama eksotis namun juga mampu melangsungkan bkegiatan seru dan menantang seperti reppling, outbound maupun melintas di jembatan gantung yang fenomenal.

Dan jembatan gantung yang menyuguhkan ketegangan ini adalah posisi paling apik buat mereka pecinta fotografi maupun swa-foto.

7. Banyunibo

photo by kedaisusu01.blogspot.com

Alamat: Ds.Ngluwur, Petung Wetan, Kepuhsari, Kec.Manyaran, Kab.Wonosari, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.3.000

Mendengar nama Banyunibo mungkin masih sangat asing di kuping kita, sebenarnya objek wisata yang memiliki panorama alam eksotis ini sudah bukan destinasi baru lagi.

Dan akses untuk mengarah posisi Banyunibo sendiri sudah terhitung sangat mudah karena telah ditata dengan baik oleh pihak pengelola serta diberi papan petunjuk arah.

Dan disepanjang darmawisata mengarah Banyunibo, kita akan disuguhi panorama alam molek terasering persawahan milik masyarakat setempat.

8. Lepo

photo by garasijogja.com

Alamat: Dsn.Pokoh, Ds.Dlingo, kab.Bantul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-18.00
HTM: Free

Air terjun bertingkat terdekat ke Imogiri ini menyuguhkan panorama yang masih cukup alami dimana dihiasi dengan penyusunan batu-batu pada sekitarnya.

Senada dengan Coban Rondo, spot ini juga dikelilingi tebing batu kapur dengan tekstur unik serta dibekali kolam yang cukup aman buat kanak-kanak untuk semata-mata bermain air.

9. Luweng Sampang

photo by bertualang setiap.com

Alamat: Jln.Juminahan, Mongkrong, Sampang, Gedangsari, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free
Nomor.Telp: (0274)515 871

Air terjun yang bernama Luweng Sampang ini menyajikan kemolekan yang berbeda dan cukup unik, dimana airnya jatuh melewati celah tebing- tebing besar.

Terlebih lagi kemolekan panorama Luweng Sampang ini sering disebut sangat mirip dengan The Wave di Arizona, Amerika Serikat.

10. Tlogo Muncar Kaliurang

photo by idetrips.com

Alamat: Jln.Tlogo Gadis, Hargobinangun, Pakem, Kab.Sleman, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-16.00
HTM: Rp.5.000

Tempat wisata yang terletak di lereng gunung Merapi ini memiliki ketinggian sekitar 30-40 meter dengan hawa udara antara 20-25°C, maka sangat wajar seandainya hawa di zona tersebut begitu sejuk.

Tak kalah menarik dengan Watu Ondo di Batu, di posisi tersebut juga telah disediakan beraneka sarana seperti tempat bermain anak, zona camping serta spot photo menarik.

Yup, seandainya sudah puas basah-basahan di sederet tempat wisata diatas, Sahabat JejakPiknik juga janganlah lupa bertandang ke beberapa air terjun yang ada yang berada di sekitar Jogja ya seperti:

– Curug Bidadari kembar
– Curug Gedad
– Gedangan wateirfall
– Curug Sekar langit
– Grojogan Mudal
– Jurug Pengantin
– Curup Parangtritis
– Curug Randusari, Pajangan
– Setawing waterfall
– Grojogan Tuwondo dan
– Air terjun 2 corak Kedung Pedut Girimulyo
Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *