10 Air Terjun di Lombok Yang Indah dan Bagus

Posted on

Mendengar kata Lombok, siapa tak kenal dengan pulau satu ini. Malahan pesona wisata alamnya juga sudah menyebar hingga ke bermacam negeri yang berada di belahan bumi.

Yup, satu di antara wilayah eksotis di Indonesia ini memang terkemuka menaruh kekayaan kemampuan alam tiada duanya. Mulai dari laut, gunung, dan tak lupa, air terjunnya juga yang begitu memincut.

Tak cuma di sekitaran Gunung Rinjani, beberapa air terjun yang lain juga tersebar kira-kira di seluruh sudut kota Lombok baik di utara, selatan, tengah, barat hingga ke bagian timur.

Penasaran? Langsung aja ayo kita cek 10 catatan nama air terjun terindah di Lombok yang bagus buat didatangi saran terkini dari Jejakpiknik selanjutnya.

1. Tiu Sekeper

gambar by sasakadie.blogspot.com

Alamat: Ds.Santong, Kayangan, North Lombok Regency, West Of Nusa Tenggara, Indonesia
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free

Menjadi objek wisata andalan di Lombok bagian utara dan adalah ikon wilayah Santong, spot bernama Tiu Sekeper merupakan destinasi paling wajib untuk didatangi.

Dengan menyajikan 2 pancuran kembar, air terjun setinggi 102 meter ini juga dinobatkan sebagai curug paling tinggi di pulau Lombok.

Namun sayangnya, tempat yang juga terkemuka angker tersebut sangat tidak direkomendasikan buat berenang karena debit airnya cukup deras jadi akan sangat berbahaya.

Tetapi sebagai gantinya, Sahabat JejakPiknik mampu berenang pada kolam kedua yang lebih aman dan tak riskan.

2. Tanjung Jagog

gambar by lomboknesia.blogspot.com

Alamat: Jln.Raya Sekotong, Pengantap, Buwun Emas, Lombok Barat, NTB
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-16.00
HTM: Rp.10.000

Sempat gempar pada tahun 2014 lalu, membuat objek wisata air terjun di Nambung ini banyak disorot oleh awak media serta pula golongan pengunjung.

Spot bernama Tanjung Jagog ini sendiri timbul akibat dari pecahan ombak batu-batu besar hasil terjangan ombak dan kenapa airnya asin, ya disebabkan sumbernya berasal dari laut.

Tak cuma menikmati indahnya alam bahari dan air terjun, mengabadikan moment indah lewat gambar, gambar maupun video merupakan hal paling wajib untuk dilakukan saat menapakkan kaki di posisi ini.

3. Benang Kelambu

gambar by paketliburanlombok.com

Alamat: Ds.Aik Berik, Batukliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-18.00
HTM: Rp.3.000(dalam negeri), Rp.10.000(mancanegara)
Nomor.Telp: 0818 0579 1762

Obyek wisata luar biasa mempesona dan sangat hits di kabupaten Lombok tengah dekat desa Sedau tersebut memiliki panorama yang akan membuat siapa saja terpana saat melihatnya.

Dihiasi dengan curahan air yang mengalir dari sela-sela rindangnya tanaman gambung seakan kelihatan seperti sebuah gordin, buatnya nampak sangat indah juga unik.

4. Jeruk Manis

gambar by lombokindonesia.org

Alamat: Ds.Kembang Kuning, Kec.Sikur Lombok Timur, NTB
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-17.00
HTM: Rp.2.500(dalam negeri), Rp.25.000(mancanegara)
Nomor.Telp: 0819 9902 8098

Terletak di kawasan konservasi Halaman Nasional Gunung Rinjani, membuat nama curug Jeruk Manis maupun Jukut yang berjarak sekitar 50 kilo meter dari kota Mataram ini cukup beken di golongan pengunjung.

Menurut warga sekitar, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter ini penuh dengan cerita mitos dimana airnya dipercaya sangat efektif dalam menyembuhkan bermacam ragam penyakit.

Bilamana kepingin berhasil menginap, Sahabat JejakPiknik tak perlu khawatir karena objek tersebut telah dilengkapi bermacam ragam sarana mulai dari hotel, resort, toilet dan zona camping.

5. Mangku Sakti

gambar by lombokgilis.com

Alamat: Ds.Bilok Petung, Kec.Sembalun, Lombok Timur, NTB
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Surga tersembunyi yang berada di wilayah Sembalun dan memiliki ketinggian mencapai 30 meter ini dihiasi dengan tebing batu berupa putih.

Karena airnya mengandung komponen belerang, banyak pengunjung yang datang berkunjung kesini hanya untuk cuma berendam buat menanggulangi penyakit kulitnya.

6. Umar Maya

gambar by berbagifun.com

Alamat: Ds.Sembalun, Sambik Elen, Kec.Bayan, Lombok Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.2.000

Terletak berseberangan dengan curug Madu, air terjun bernama Umar Maya ini juga memperkenalkan panorama tak kalah mempesona dan sangat layak untuk didatangi.

Menariknya, di zona curup setinggi 6 meter tersebut kita bisa menguji adrenalin dengan melompat ke dalam genangan dari atas bibir luncuran air terjun Umar Maya.

Dan tidak hanya itu, Sahabat JejakPiknik juga bisa mendatangi bukit Sembalun untuk memandang panorama mempesona gunung Rinjani maupun ladang persawahan.

7. Kerta Gangga

gambar by pergiberwisata.com

Alamat: Dsn.Kertaharja, Ds.Genggelang, Gangga, Lombok Utara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-18.00
HTM: Rp.5.000

Dibumbui dengan panorama persawahan, membuat landskap air terjun Kerta Gangga dekat Bambu waterfall ini semakin epic bilamana dijadikan sebagai latar fotografi.

Namun untuk mencapai posisi tidak mudah ya, kita harus siap untuk menelusuri hutan, jalan curam serta pula naik turun tangga.

Tetapi semua kerasa letih dan lelah menyusuri sepanjang petualangan akan terbayar tiba-tiba tiba di posisi Kerta Gangga yang sangat mempesona tersebut.

8. Sendang Gile

gambar by dilombok.com

Alamat: Ds.Senaru, Bayan, Lombok Utara, NTB
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-17.00
HTM: Rp.5.000

Diantara Sahabat JejakPiknik ada tidak yang ingin awet muda dan kelihatan mempesona? Yup, coba datang ke air terjun Sendang Gile di desa Senaru Lombok Utara, posisinya masih sangat dekat ke Tiu Kelep.

Di spot yang terdiri dari 2 tingkatan dan 2 buah kolam ini selain airnya yang efektif tetapi zona tersebut juga memiliki landskap begitu indah nan memesona.

9. Segenter Tahura

gambar by mataram.antaranews.com

Alamat: Lembah, Lebah Sempage, Kec.Narmada, Lombok Barat
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free
Nomor.Telp: 0812 3761 453

Destinasi wisata baru bernama Segenter maupun Kumbi di dekat perbatasan desa Sesaot ini paling cocok buat dieskplor oleh Sahabat JejakPiknik yang mengaku sebagai bocah petualang dan penyuka tantangan.

10. Tibu Ijo

gambar by ksmtour.com

Alamat: Ds.Kekait, Gunung Sari, Lombok Barat
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.2.000

Menurut warga sekitar, spot ini dinamakan Tibu Ijo karena dibawah air terjunnya terdapat sebuah kolam yang tidak memiliki dasar akibatnya bilamana dilihat rupanya juga sangat hijau.

Berjarak sekitar 15 menit dari pusat kota Mataram, objek dekat curug Geripak ini memperkenalkan keelokan tiada duanya dan sangat aman buat cuma basah-basahan.

Yup, bilamana sudah puas berkunjung ke-10 curug diatas, Sahabat JejakPiknik juga janganlah lupa ya untuk bertandang ke beberapa air terjun yang lain seperti:

– Curup Candi Batu
– Kebon Baro, Lingsar
– Ananda Kembar, Kerandangan
– Batu Janggot
– Treng Wilis Joben
– Mata Jitu
– Kakong Waterfall
– Titian Batu Lantan
– Hutan Wisata Lemor
– Curug Penimbungan
– Panggung Gangga
– Tiu Ras Waterfall dan
– Sarang walet waterfall

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *