10 Air Terjun di Banyuwangi Wisata Terindah

Posted on

Berdiskusi mengenai pesona alam di Banyuwangi tidak akan pernah ada habisnya, karena kemolekan objek wisata di wilayah ini sudah teruji dengan adanya kenaikan kunjungan pelancong.

Jelasnya perihal tersebut tak terlepas dari letak wilayahnya yang tak hanya dikelilingi oleh lautan saja namun juga dataran teratas serta pegunungan. Jadi wajar saja ya kalau objek wisata di kota tersebut banyak.

Terlepas dari itu semua, saat ini ada satu objek wisata di kota Banyuwangi yang menemukan sorotan dari para pelancong ialah kemolekan air terjunnya.

Ya, ingin tahu apa saja nama air terjun perlente yang terdapat di Banyuwangi? Tak perlu cari sana-sini lagi, karena regu JejakPiknik telah merangkum 10 catatan curug terbaik di sekitar wilayah tersebut. Berikut review lengkapnya.

1. Lider

gambar by ihategreenjello.com

Alamat: Ds.Lider, Sumberarum, Kec.Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-17.00
HTM: Rp.3.000
Nomor.Telp: 0823 3660 0277

Tak hanya populer sebagai surga tersembunyi terindah, objek wisata hits yang terletak di wilayah Songgon ini juga diketahui karena ialah air terjun paling tinggi di Banyuwangi dengan ketinggian sekitar 60 meter.

Di samping itu, destinasi yang sangat dekat ke desa Genteng tersebut memiliki nuansa lingkungan dengan alam sejuk dan panorama indah.

Tidak hanya itu, keeksotisan panorama tempat ini juga bisa kita lihat dari dinding-dinding berdimensi rata yang menghimpit aliran airnya. Hunting gambar maupun gambar dengan latar spot tersebut tampaknya bisa menjadikan fotomu lebih instagramable.

2. Jagir

gambar by pariwisatabanyuwangi.com

Alamat: Dsn.Krajan, Kampung Anyar, Glagah, Banyuwangi Regency, East Java
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-17.00
HTM: Rp.5.000(Dalam negeri), Rp.15.000(Mancanegara)

Meski hanya memiliki teratas kurang lebih 10 meter, tetapi curug tempat mandi bidadari di kampung Anyar ini terhitung sebagai satu dari semua spot wisata yang pemandangannya paling bagus lho.

Dengan akses jalan relatif mudah dijangkau dan telah disediakan bermacam ragam sarana mencukupi serta kolam alami membuat curug kembar tersebut menjadi letak paling pas buat berendam.

3. Kembang Arum(Temcor)

gambar by ahmadriskiblog.wordpress.com

Alamat: Unnamed Road, Ds.Sumberarum, Sragi, Kec.Songgong, Kab.Banyuwangi
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-17.00
HTM: Free

Curug yang terletak di kawasan lereng gunung Raung tersebut menunjukkan panorama alam alam hijau dengan atmosfer sangat tenang. Akan begitu nyaman kalau dijadikan sebagai tempat refreshing.

Tidak hanya menyuguhkan pepohonan hijau dan rindang, disini Sahabat JejakPiknik juga akan menatap zona perkebunan sayur yang pemandangannya tak kalah perlente.

4. Pertemon

gambar by pariwisatabanyuwangi.com

Alamat: Dsn.Kentangan, Bayu, Kec.Songgon, Kab.Banyuwangi
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free
Nomor.Telp: 0852 5998 5868

Mendengar nama Pertemon, mungkin masih jarang ya di kuping kita. Yup, air terjun satu ini memang terhitung destinasi wisata baru jadi wajar saja ya tidak semua orang tahu.

Dibalik jalannya yang cukup meletihkan tetapi berkunjung ke zona ini bisa dipastikan Sahabat JejakPiknik tidak akan pernah kecewa karena pemandangannya sangat indah.

Meski terkategori baru tapi spot dekat Rogojampi tersebut telah dibekali beberapa sarana untuk memanjakan para pengunjungnya seperti ada indikator jalan, toilet, ruang ubah dan mushola.

5. Tirto Kemanten

gambar by banyuwangibagus.com

Alamat: Dsn.Sumber Baru, Wonorejo, Kalibaruwetan, Kec.kalibaru, Banyuwangi
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free

Bisa dikatakan kalau objek satu ini berbeda dengan air terjun pada lazimnya, dimana tempat tersebut memiliki 2 aliran air yang jatuh dari ketinggian tertentu bak pengantin sedang bersanding.

Bermain air, menceburkan diri, mandi dan menikmati panorama yakni sederet aktifitas yang biasa dilakukan wisatawan saat bertandang ke spot tersebut.

6. Selendang Arum

gambar by 1001wisata.com

Alamat: Ds.Bayurejo, Sumberarum, Kec.Songgon, Banyuwangi
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-17.00
HTM: Rp.10.000
Nomor.Telp: 0822 3134 9292

Dengan ketinggian mencapai 20 meter , air terjun ini jatuh menuruni tebing yang tidak sangat curam akibatnya membentuk pola aliran cukup unik seperti selendang berkibar.

Seandainya Sahabat JejakPiknik penggemar dunia fotografi, letak tersebut bisa dibilang sebagai spot yang paling menarik dalam hal mengadakan angle gambar bagus.

7. Kedung Angin

gambar by banyuwangi.merdeka.com

Alamat: Ds.Krajan, Pakel, Licin, Kab.Banyuwangi
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-18.00
HTM: Rp.10.000

Memiliki akses jalan yang mudah dan menyajikan kemolekan panorama alam alam tak terbantahkan membuat spot Kedung Angin sangat tenar di Banyuwangi.

Meski hanya memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan debit air deras. Namun filosofi nama spot ini sangat unik dimana didasarkan pada alirannya yang terdengar sangat halus seperti suara angin.

8. Telunjuk Dewa Raung

gambar by lelungan.net

Alamat: Ds.Sumberasih, Sumberarum, Mangaran, Kec.Songgon, Banyuwangi
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-18.00
HTM: Free
Nomor.Telp: 0852 3308 7178

Eksotisme alamnya yang berpadu perlente dengan gemuruh air jatuh dari tebing membuat banyak pelancong betah berlama-lama mau berhasil menikmati atmosfer sejuk curug Telunjuk Dewa Raung ini.

Jauh dari kata rusak dan belum terjamah serta sangat alami, tidak mengherankan kalau penyebabnya seperti ini menjadi penyebabnya pelancong untuk berkunjung ke spot tersebut.

9. Pelangi Coklak

gambar by travelbos.id

Alamat: Dsn.Darungan, Tegalharjo, Kec.Glenmore, Banyuwangi
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-17.00
HTM: Free

Dikelilingi oleh tumbuhan hijau nan rindang, air terjun yang memiliki banyak julukan seperti Coklat, Congklak di dusun Darungan ini memancarkan pesona indahnya lewat kesegaran serta kejernihan airnya juga keasrian sekitarnya.

10. Banyu Lor

gambar by mday.informasi

Alamat: Ds.Kentangan, Bayu, Kec.Songgon, Banyuwangi
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-17.00
HTM: Free
Nomor.Telp: 0812 4989 0706

Pesona kemolekan yang ditawarkan oleh air terjun Banyu Lor di desa Kentangan tersebut juga tidak kalah menarik ketimbang dengan beberapa curug sebelumnya.

Dengan dihiasi vegetasi hijau nan rindang di sekelilingnya dan deburan airnya membuat atmosfer di sekitar kawasan Banyu Lor ini tampak sangat alami, belum terjamah serta pula sangat asri.

Itu ia informasi seputar air terjun menarik di sekitar kota Banyuwangi, gimana ada yang tertarik mau berhasil berkunjung ke beberapa tempat diatas maupun mungkin sudah pernah?

Ya, tidak hanya informasi diatas Banyuwangi dan sekitarnya juga masih punya sederet tempat wisata menarik terkini yang ada lho, yang dipastikan enak buat didatangi, umpamanya:

– Air terjun Niagara Mini Blawan Bondowoso Dekat Kawah Ijen
– Teluk Hijau, Banyuwangi Selatan
– Curug Antogan, Bunder
– Curup Giri Asih
– Grojogan Belerang Kalipait
– Teluk Biru
– Curug Kalibendo
– Watu Bolong Songgon
– Curug Gentongan
– Grajagan
– Curug Watu Gedek
– Curug Jedingan Pesanggaran
– Curup Legomoro di kawasan hutan tengkorak
– Grojogan Selogiri Ketapang
– Curug Kalongan, Pesucen
– Curup Ketegan
– Kedung Lowo
– Curug Istana Goa Gombengsari, Suko
– Curup Pakudo Segobang
– Grojogan Sempol
– Watu Kurung&Setaman dan
– Curug Selotirto Wongsorejo

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *